Oops! Ternyata Ini 7 Makanan Yang Bikin Gemuk


  • Oops! Ternyata Ini 7 Makanan Yang Bikin Gemuk
    (Makanan yang bikin gemuk. Foto: Dok.NeoPhoto/iStock)

    Saat mengonsumsi makanan, kebanyakan orang pasti hanya memikirkan rasa-nya yang enak saja. Tidak peduli makanan tersebut bikin gemuk. Jika kamu salah satunya, maka penting untuk tahu bahwa makanan yang bikin gemuk ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki efek besar pada berat badan, seperti obesitas dan penyakit kronis lainnya. Obesitas tidak hanya terjadi dalam semalam saja, tapi kondisi ini dapat berkembang secara bertahap akibat kombinasi pola makan dan gaya hidup yang buruk. 

    Dari sekian banyak pilihan menu yang biasa dimakan, terdapat sejumlah makanan yang bikin gemuk seperti berikut ini. 

    1. Junk Food 

    makanan yang bikin gemuk
    (Junk food menjadi makanan yang bikin gemuk. Foto: Dok.Caleb Oquedo/Pexels)




    Siapa yang tak suka dengan makanan satu ini? Rasanya yang lezat dan porsinya yang mengenyangkan selalu menjadi pilihan banyak orang. Tanpa kamu sadari, ternyata berbagai macam junk food, seperti pizza, burger, hotdog, kebab, chicken nugget, tacos, fish and chips, sosis, dan masih banyak lagi, merupakan makanan yang bikin gemuk lho


    Meskipun makanan cepat saji ini memang lebih praktis, tapi nutrisinya sangat minim bahkan mengandung tinggi kalori, lemak, natrium, serta gula tambahan. Makanan ini juga memicu obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan ini terlalu banyak agar kamu bisa terhidar dari penyakit tersebut. 

    2. Aneka Kue 

    makanan yang bikin gemuk
    (Berbagai jenis kue mengandung gula yang tinggi dan memicu kegemukan. Foto: Dok.Matthias Zomer/Pexels)


    Kue-kue kering kalengan atau cookies, donat manis, dan kue manis termasuk ke dalam makanan yang tinggi gula. Begitu pula dengan tepung karbohidrat olahan dan lemak tambahannya. Karena kandungan tersebut, kue dan donat seringkali tinggi dengan kalori dan menjadi salah satu makanan yang bikin gemuk. 


    Sebaiknya kue dan donat dimakan sesekali saja agar tidak memicu kegemukan. 


    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


    3. Es Krim 


    Beberapa produk es krim mengandung protein, kalsium, dan sejumlah besar lemak dan gula, dengan jumlah kalori yang tak sedikit. Es krim juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat berat badanmu bertambah kalau terlalu banyak dikonsumsi. Kebanyakan kalori ini berasal dari gula tambahan dan kandungan lemak yang tinggi. 


    Saat kamu ingin makan es krim, sebaiknya pilih es krim yang rendah lemak, bebas lemak, atau bebas gula. Hal ini akan membantu memuaskan keinginanmu akan sesuatu yang manis, tetapi dengan lebih sedikit kalori. 


    4. Keripik 

    makanan yang bikin gemuk
    (Kandungan karbohidrat dan garam yang tinggi pada keripik membuat seseorang gemuk. Foto: Dok.Valeria Boltneva/Pexels)


    Aneka macam keripik dengan cita rasa yang gurih, termasuk ke dalam makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan garam. Menurut penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi keripik dalam jumlah yang banyak dapat memicu kenaikan berat badan. Biasanya, orang mengonsumsi keripik bersama makanan sejenis yang tinggi kalori, misalnya mi rebus, bakso, mayonaise dan lain-lain sehingga menyebabkan seseorang menjadi gemuk. 


    5. Cokelat 


    Tidak semua cokelat bisa dikonsumsi sebagai camilan harianmu. Pasalnya, snack cokelat dengan kandungan susu dan gula justru bisa memicu kenaikan berat badan tanpa kamu sadari karena tinggi kalori. Selain itu, susu cokelat juga mempunyai kalori yang tinggi sehingga dapat membuat badan menjadi gemuk. 


    Kamu bisa memilih jenis cokelat hitam atau dark chocolate yang tidak banyak mengandung kalori tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. 


    (Baca Juga: 7 Makanan ini Sering Disangka Sehat Tapi Ternyata Tidak)


    6. Daging Merah 

    makanan yang bikin gemuk

    (Daging sapi merah dapat meningkatkan risiko kegemukan karena mengandung protein dan lemak tinggi. Foto: Dok.Lukas/Pexels)


    Daging merah seperti sapi atau kambing dapat meningkatkan risiko kegemukan dengan sejumlah cara. Hal ini karena steak dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak yang bisa meningkatkan berat badan. Selain itu, daging yang telah melalui pemrosesan seperti sosis, ham, atau kornet juga dapat menyebabkan kegemukan. 


    Kamu bisa menggantinya dengan daging merah yang tanpa lemak, mengonsumsi daging ayam atau jika tetap ingin makan daging merah maka perbanyak sayuran. 


    7. Roti Tawar Dengan Selai 


    Roti tawar dan selai sering dikonsumsi sebagai menu sarapan. Roti tawar sendiri mengandung tepung terigu berprotein tinggi, gula pasir, susu, ragi, mentega, air, dan sedikit garam. Namun ternyata tambahan dari selai tersebut menambah kandungan kalori, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, makan roti tawa dengan selai ini akan memicu badan menjadi gemuk. 


    Sebagai pilihan yang lebih aman dan sehat, lebih baik pilih roti gandum. Isiannya bisa diganti dengan yang lebih sehat, seperti selada, timun, tomat, dan putih telur. Gandum mengandung serat yang tinggi dibanding roti tawar biasa. Sehingga, kombinasi antara gandum, sayuran, dan putih telur akan mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. 


    Nah, itu dia berbagai makanan yang bikin gemuk. Sebenarnya makanan di atas boleh saja kamu konsumsi asalkan dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan agar tidak memicu obesitas atau penyakit lainnya. Semoga bermanfaat! 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below