Mengenal Alopecia, Penyakit Yang Diderita Jada Pinkett Smith


  • Mengenal Alopecia, Penyakit Yang Diderita Jada Pinkett Smith
    Penyakit rambut tidak mengenal jenis kelamin dan usia. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Rambut adalah mahkota wanita, begitu kata kebanyakan orang. Bagi pria, rambut juga adalah fitur fisik yang penting. Mempunyai mahkota tentunya harus dijaga. Walaupun sudah dijaga, tentu saja sesuatu tetap bisa terjadi, salah satunya penyakit rambut. Penyakit rambut pun tidak melihat jenis kelamin dan umur, bisa terjadi kepada wanita maupun pria. Penyebab dari penyakit rambut pun bisa beragam.


    Salah satu penyakit yang bisa terjadi pada rambut kamu adalah alopecia. Alopecia atau dikenal dengan alopecia areata adalah keadaan dimana kerontokan rambut tiba-tiba terjadi yang dimulai dengan area kebotakan di kulit kepala yang berbentuk melingkar. Gejala utamanya memanglah kerontokan rambut. Rambut yang rontok dapat tumbuh kembali pada beberapa kasus, sebagian lainnya tidak tumbuh kembali walaupun gejala yang lainnya telah hilang.




    alopecia

    (Alopecia merupakan salah satu jenis kerontokan rambut. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Pexels)


    Alopecia areata tergolong kondisi autoimun, dimana ini menyerang folikel rambut. Kerontokan rambut ini juga bisa terjadi tidak hanya pada rambut di kepala, tapi juga bagian tubuh yang lain, seperti alis, bulu mata, tangan, atau kaki. Alopecia areata sendiri tidak bisa diprediksi, karena rambut yang rontok bisa tumbuh kapan saja, tapi bisa saja rontok kembali. Berbeda pada setiap penderitanya, apakah rambut rontok tersebut akan tetap rontok atau tumbuh kembali.


    Terdapat penyakit lainnya selain alopecia areata yang memicu kerontokan rambut, tapi seringnya bisa tumbuh kembali dengan bantuan pengobatan yang menekan imun. Penyakit itu adalah androgenetic alopecia, dimana itu berakar pada gen yang menjadi salah satu jenis kerontokan rambut yang sulit untuk dicegah. Wanita dan pria bisa mengidapnya, tapi memang jauh lebih banyak terjadi kepada pria.


    (Baca Juga: Masih Mudah Sudah Beruban? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


    Salah satu yang menderita penyakit ini yang mungkin kamu tau adalah Jada Pinkett Smith, istri dari Will Smith. Dua hari belakangan ini dirinya ramai dibicarakan karena lelucon tentang alopecia yang mengakibatkan ditamparnya Chris Rock oleh Will Smith. Jada Pinkett Smith sendiri diketahui didiagnosa penyakit ini sejak 2018, melalui Red Table Talk, yang merupakan talk show-nya.


    alopecia

    (Jada Pinkett Smith yang menderita alopecia. Foto: Dok. Jada Pinkett Smith/Instagram)


    Jada Pinkett Smith pun berusaha untuk bersuara tentang penyakitnya ini, meski ini bukanlah topik yang mudah untuk dibicarakan. Melalui Red Table Talk tersebut ia berkata bahwa itu adalah hal yang menakutkan saat pertama kali ia berspekulasi tentang dirinya yang menjadi botak, di kamar mandi dengan segumpal rambut di tangannya.


    Jada bahkan sebelumnya sempat menutupi kondisinya ini dengan menggunakan turban. Ia memutuskan untuk memotong seluruhnya dan melanjutkan untuk terus memotongnya. Ia juga berpendapat bahwa mengurus rambutnya sendiri adalah ritual yang indah. Dirinya yang berjuang dengan alopecia juga berkata di titik ini dirinya hanya bisa tertawa.


    (Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah)


    Ketahuilah bahwa alopecia yang bukan androgenetic bisa dicegah. Tentu usia yang bertambah adalah faktor yang akan semakin buruk dengan waktu yang juga terus berjalan, tapi kamu bisa menghindari stres dan merokok, sebagai beberapa dari penyebab alopecia ini. Selalu hindarkan diri dari sesuatu yang kamu konsumsi yang kemungkinan bisa merusak tubuh.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below