Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Efektif


  • Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Efektif
    (Cara mengatasi hidung tersumbat. Foto: Dok.Chaay_Tee/iStock)

    Di musim pancaroba seperti sekarang ini, hidung tersumbat karena flu menjadi masalah penyakit yang diderita oleh banyak orang. Kondisi ini tentu membuat penderitanya menjadi tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.


    Hidung tersumbat ini terjadi akibat selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang. Pada saat itulah hidung memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang mengganggu. Lendir pengusir gangguan inilah yang membuat hidung jadi tersumbat. 




    Untuk menangani hal tersebut ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, berikut penjelasannya. 

    1. Minum Air Putih atau Jus

    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Minum air putih atau jus dapat melonggarkan lendir pada hidung. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)


    Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama yaitu kamu disarankan untuk selalu penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini karena mengonsumsi banyak cairan, baik dari air putih atau jus bisa membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan juga mengevaporasi saluran pernapasan.


    Dengan begitu akan membantu melonggarkan lendir pada hidung yang membuat seseorang merasa jadi lebih baik. Di samping itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena kedua kandungan ini dapat mengakibatkan dehidrasi, terutama pada area saluran hidung. 


    2. Istirahat Yang Cukup 


    Cara ini juga menjadi yang paling efektif untuk mengatasi hidung tersumbat sebab tubuhmu pasti menjadi tidak enak saat hidung tersumbat. Tidurlah selama delapan jam agar sistem imun membantu memulihkan kondisi tubuh, terutama yang terkait dengan sakit flu dan batuk yang memicu sinusitis. 

    Saat tidur, berbaringlah di atas beberapa bantal karena menjaga kepala tetap tinggi dapat membuat pernapasanmu menjadi lebih nyaman. 


    (Baca Juga: Perhatikan 6 Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam!)


    3. Menghirup Uap Air Hangat

    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Menghirup uap air hangat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Foto: Dok.ljubaphoto/iStock)

    Menghirup uap air hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Caranya, cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Tambahkan minyak chamomile atau peppermint.


    Lalu, hirup uap yang keluar dari campuran tersebut. Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat.


    Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah ditumbuk ke wadah air panas tersebut. Dari uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih tersebut dikenal efektif untuk membunuh bakteri maupun jamur yang bisa jadi ikut memperparah kondisi hidung tersumbat yang kamu alami. 

    4. Memasang Humidifier 

    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Memasang humidifier dapat melembapkan udara di kamar. Foto: Dok.AndreyPopov/iStock)


    Jika udara di dalam kamarmu terasa kering, ada baiknya kamu menggunakan alat pelembap udara atau biasa disebut dengan humidifier. Humidifier ini akan membantu udara yang ada di kamar atau ruanganmu menjadi lebih lembap.


    Dengan begitu, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung tersumbat pun dijamin berkurang.  


    5. Mandi Air Hangat


    Mandi air hangat membuat tubuhmu jadi lebih rileks. Tidak hanya itu saja, mandi air hangat juga bisa mendorong lendir di dalam hidung agar lebih encer sehingga kamu bisa bernapas dengan lega.


    Mandilah secara rutin dengan air hangat setiap kali kamu mengalami hidung tersumbat, sekaligus melakukan cara-cara di atas untuk membuka jalur pernapasan lebih lega. Ketika lendir atau ingus di dalam hidung mulai mengencer, jangan tunda untuk mengeluarkan ingus dengan cara yang benar.

    Virus yang ada dalam lendir tersebut memang harus dikeluarkan agar tidak berkembang menjadi penyakit lainnya. 

    (Baca Juga: Solusi Alami Saat Tidak Enak Badan)

    6. Nasal Spray

    Obat semprot hidung ini dapat menjadi pilihan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Cairan ini bisa kamu semprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Setelah pemakaian, area di dalam hidung akan terasa lebih lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.


    Nasal spray biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman sehingga dijual di toko obat. Namun jika ingin menggunakan nasal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan obat ini.

    7. Mengonsumsi Obat Antihistamin

    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Hidung tersumbat karena alergi bisa diatasi dengan mengonsumsi obat antihistamin. Foto: Dok.Yelizaveta Tomashevska/iStock)

    Penyebab hidung tersumbat ada bermacam-macam, salah satunya adalah alergi. Untuk kamu yang merasa hidung tersumbat karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Ini karena obat antihistamin mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang luar biasa. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika ingin beraktivitas yang membutuhkan konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja. 

    Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif dan bisa kamu coba. Semoga bermanfaat, ya!

    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below