Kenali 7 Penyebab Asam Lambung


  • Kenali 7 Penyebab Asam Lambung
    (Penyebab asam lambung. Foto: Dok.Tharakorn/iStock)

    Jika kamu mengalami asam lambung, tentu ini sangat mengganggu aktivitasmu. Asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah sebuah kondisi yang terjadi akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung sehingga mengalami iritasi.




    Naiknya asam lambung ini merupakan kondisi yang umum, tetapi bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dada bagian bawah. Berikut ini beberapa penyebab asam lambung yang perlu kamu tahu.


    1. Minuman Bersoda

    Penyebab asam lambung

    (Minuman bersoda menjadi penyebab asam lambung. Foto: Dok.Nitiphonphat/iStock)

    Kalau kamu suka minuman bersoda maka perlu berhati-hati. Pasalnya, minuman jenis ini mampu membuat asam lambung naik.Ketika mengonsumsi minuman bersoda, maka perut akan terasa kembung. Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung naik hingga ke bagian kerongkongan.

    Bikin ingin sering bersendawa adalah salah satu gejalanya. Dengan kata lain, minuman soda atau beralkohol sebaiknya dihindari bagi kamu yang suka mengalami kenaikan asam lambung.


    2. Makanan Pedas dan Berlemak

    Penyebab asam lambung

    (Makanan pedas dan berlemak juga menjadi penyebab asam lambung. Foto: Dok.Joseph_Fotografie/iStock)

    Sudah banyak yang tahu bahwa makanan pedas dan berlemak memicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan jenis makanan semacam itu mengandung banyak cabai, yang dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

    Selain itu, makanan tinggi lemak juga rendah akan nutrisi. Makanan rendah nutirisi ini bisa memicu kenaikan berat badan. Obesitas bisa menyebabkan disfungsi esophagus yang akan berhubungan dengan refluks asam. Makanan tinggi lemak yang biasa ditemui seperti makanan yang digoreng dan olahan daging seperti daging sapi, babi, dan domba. Maka dari itu, sebaiknya jauhi makanan pedas dan berlemak jika kamu tak ingin asam lambungmu naik.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik)


    3. Kebiasaan Merokok

    Merokok atau menghirup asap rokok dianggap bisa jadi penyebab dan faktor risiko penyakit asam lambung. Ini karena efek nikotin dari rokok membuat otot halus di esofagus menjadi lebih rileks. Ketika mencapai lambung, bagian dalam lambung akan mengalami iritasi. Kondisi ini menyebabkan lambung memproduksi asam jauh lebih banyak. Asam lambung tersebut lantas naik ke bagian kerongkongan dan menyebabkan muncul rasa terbakar.

    Dengan begitu, hindari merokok atau alihkan rokok dengan permen jika kamu seorang perokok aktif agar terbebas dari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh rokok.


    4. Stres

    Penyebab asam lambung

    (Stres merangsang otak sehingga bisa menyebabkan asam lambung. Foto: Dok.Prostock-Studio/iStock)

    Stres juga menjadi salah satu penyebab asam lambung. Hal ini dikarenakan stres dapat merangsang area tertentu pada otak sehingga bisa meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri termasuk ulu hati.

    Hal tersebut yang menyebabkan seseorang yang mengalami stres akan lebih sensitif terhadap nyeri, meski asam lambung tak begitu meningkat.


    5. Hernia Hiatus

    Belum banyak orang yang tahu, kalau hernia hiatus dapat menyebabkan asam lambung. Hernia hiatus merupakan kondisi ketika bagian atas perut seseorang bergerak di atas diafragma (otot yang memisahkan perut dari dada).

    Biasanya diafragma akan membantu menjaga asam dalam perut. Jika kamu mengalami hernia hiatus, maka hal ini menyebabkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan.


    (Baca Juga: Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung)


    6. Pola Makan Tidak Teratur

    Selain dipengaruhi oleh stres, asam lambung juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Hal ini karena lambung mengeluarkan asam untuk membantu proses mencerna. Apabila tidak ada makanan yang dicerna, maka lambung akan memproduksi asam lambung berlebihan sehingga mudah naik ke bagian kerongkongan.


    7. Kekurangan Magnesium

    Rendahnya kadar magnesium dalam tubuh bisa membuat LES, otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esofagus tidak berfungsi secara maksimal.

    Selain magnesium, kekurangan vitamin dan mineral juga bisa mengganggu keseimbangan asam lambung. Oleh karena itu, penuhi asupan magnesium, vitamin dan mineral lainnya dengan cara banyak makan makanan yang sehat.


    Itulah beberapa penyebab asam lambung, jika kamu mengalami asam lambung yang semakin parah maka konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below