Ini 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan


  • Ini 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan
    (Manfaat rumput laut. Foto: Dok.PicturePartners/iStock)

    Semua orang pasti tahu rumput laut yang merupakan topping atau bahan makanan sushi. Tumbuhan laut ini tergolong sebagai makroalga benthik. Tumbuhan ini banyak ditemukan di dasar perairan. Hasil dari budidaya rumput laut ini banyak dijadikan bahan dasar makanan karena nutrisinya yang cukup tinggi. Seperti diketahui, rumput laut mempunyai banyak kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi, seperti serat, mineral, dan vitamin. Bukan hanya lezat, mengonsumsi rumput laut dapat memberikan berbagai keuntungan.


    Berikut ini beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan, di antaranya:



    1. Menurunkan Berat Badan 

    manfaat rumput laut

    (Rumput laut bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Foto: Dok.atakan/iStock)

    Manfaat rumput laut yang pertama yaitu bisa membantumu menurunkan berat badan. Misalnya saja pada rumput laut cokelat yang mengandung pigmen fucoxanthin yang diketahui bisa melancarkan metabolisme.


    Kandungan dalam tanaman tersebut juga bisa mengubah lemak menjadi energi. Serat alami yang ada dalam rumput laut juga dipercaya bisa menghalangi penyerapan lemak pada usus dan bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga saat mengkonsumsi rumput laut, kamu bisa menunda rasa lapar dan menjaga berat badan ideal. 


    2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka 


    Jika kamu baru saja jatuh yang menimbulkan luka maka tak perlu khawatir sebab kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan rumput laut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan tersebut ampuh dalam mengatasi iritasi pada kulit. Rumput laut mengandung tinggi vitamin K yang dapat membantu tubuh mempercepat proses pembekuan darah pada luka. Hal tersebut membuat luka lebih cepat mengering. 


    (Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Rumput Laut Bisa Sehatkan Rambut)

    3. Menjaga Asupan Air Dalam Tubuh 


    Menjaga asupan air dalam tubuh menjadi manfaat rumput laut yang berikutnya. Budidaya rumput laut yang dilakukan pada perairan laut membuat kandungan garam pada tanaman tersebut cukup tinggi.


    Kandungan garam yang ada pada rumput laut dapat membantu menjaga asupan air dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencegah kamu dehidrasi. Namun, kamu juga disarankan untuk jangan lupa tetap rutin mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari, ya agar kandungan cairan pada tubuh tetap tercukupi. 


    4. Menambah Energi 

    manfaat rumput laut

    (Kandungan zat besi pada rumput laut mampu mencegah anemia. Foto: Dok.VioletaStoimenova/iStock)


    Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia tentu kamu bisa mengatasinya dengan rumput laut karena rumput laut memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi energi lebih banyak. Dengan begitu, kamu bisa tetap sehat dan aktif. 


    Selain itu, kandungan zat besi dalam rumput laut juga berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh bisa terhindar dari risiko anemia.


    5. Menjaga Kesehatan Pencernaan 


    Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa rumput laut memiliki kandungan serat. Jika kandungan serat dalam tubuhmu terpenuhi dengan baik, maka kamu akan terhindar dari gangguan kesehatan pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Namun, kamu disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi rumput laut ini sebab dapat memicu terjadinya masalah pencernaan, seperti diare yang mengganggu aktivitasmu. 


    (Baca Juga: Langsing dengan Rumput Laut)


    6. Melawan Radikal Bebas 


    Kamu perlu tahu bahwa kandungan dalam rumput laut ternyata cukup lengkap, lho mulai dari vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel.


    Senyawa antioksidan ini bisa membantu mencegah tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya penyakit jantung dan diabetes. Namun kamu perlu melakukan konsultasi ke ahli gizi terlebih dahulu agar mendapatkan arahan yang tepat sebelum mengonsumsi rumput laut ini. 


    7. Mencegah Risiko Diabetes 

    manfaat rumput laut

    (Risiko diabetes bisa diatasi dengan rumput laut. Foto: Dok.Suriyawut Suriya/iStock)


    Manfaat lainnya dari rumput laut yaitu mampu membantu untuk mencegah risiko diabetes.Ini karena kandungan fucoxanthin yang ada pada rumput laut bisa meningkatkan keseimbangan gula darah. Selain itu, kandungan lainnya yakni alginate juga bisa membantu mencegah peningkatan gula dalam darah. 


    Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Namun, jika setelah mengonsumsi rumput laut ini tubuhmu menimbulkan reaksi alergi konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below