Ini 4 Film Dokumenter Netflix Yang Wajib Kamu Tonton


  • Ini 4 Film Dokumenter Netflix Yang Wajib Kamu Tonton
    Film dokumenter Netflix. (Foto: Dok. Denise Jans/Unsplash)

    Ada kekuatan magis yang tersimpan dalam sebuah film. Baik film yang ditemani ruang gelap dan audio maksimal dalam studio bioskop maupun yang ditonton saat kamu sedang membungkus diri dengan selimut, setiap tayang yang dipilih pasti bisa membuatmu belajar sesuatu.


    Jika kamu bisa merasakan koneksi ketika menonton film-film fiksi berbagai genre, mulai dari drama hingga horor, film dokumenter memiliki peluang besar untuk menangkap perhatianmu karena kisahnya berdasarkan pada kehidupan nyata, apapun yang dibahas. Sebuah film yang menangkap sebuah proses, baik pembuatan sesuatu hingga misteri insiden atau konflik yang meninggalkan akhir menggantung, berhasil menarik perhatian sebagian orang.




    (Baca Juga: Jadi Film Asia Pertama Pixar, Ini Fakta Seputar Turning Red)


    Berbagai film dokumenter dengan ragam topik bahasan pun juga hadir di platform streaming, Netflix. Mulai dari penelusuran jatuhnya pesawat Boeing, termasuk yang penerbangan Lion Air 610 pada 2018, hingga perjalanan penyanyi Beyoncé dalam menghadirkan konser comeback-nya (setelah melahirkan anak kembar) di panggung Coachella tahun 2018, inilah beberapa film dokumenter Netflix yang wajib kamu tonton.


    1. Downfall: The Case Against Boeing


    Pada 2018, pesawat Lion Air 610 yang berangkat dari Jakarta menuju Pangkal Pinang, jatuh di Laut Jawa. Satu tahun kemudian, pesawat Ethiopian Airlines 302 dengan rute penerbangan Ethiopia ke Nairobi juga alami kecelakaan dekat kota Bishoftu, enam menit setelah lepas landas.


    Apa persamaan dari kedua peristiwa ini? Pesawat yang digunakan adalah Boeing 737 MAX. Dengan dua kecelakaan yang terjadi dalam waktu singkat, sebuah investigasi terhadap Boeing pun dilakukan. Film dokumenter arahan Rory Kennedy berjudul Downfall: The Case Against Boeing menangkap berbagai pencarian, proses investigasi hingga bagaimana perusahaan tersebut mengabaikan kegagalan produk pada jenis pesawat 737 MAX.


    Film ini pertama kali ditayangkan secara virtual pada Sundance Film Festival di awal tahun 2022, sebelum akhirnya dinikmati di Netflix pada Februari 2022. Sejak perilisan sebagai Netflix Original Documentary, film ini berhasil mengembalikan perhatian publik pada kasus 737 MAX, melalui jatuhnya dua pesawat tersebut yang menelan hampir 350 korban jiwa.


    2. Seaspiracy




    Hampir satu tahun setelah banyak mata semakin terbuka akan dampak kehidupan bawah laut yang disebabkan manusia, termasuk sampah plastik dan teknologi pemancingan. Kreator film, Ali Tabrizi mendokumentasikan polusi plastik, jaring bekas pakai yang dibiarkan terbuang di laut (ghost nets) serta pemancingan ekstrem.


    Dalam film yang berdurasi 89 menit, banyak hal yang dikritisi oleh Ali. Mulai dari konsep sustainable fishing hingga beberapa organisasi yang berusaha mengurangi penggunaan alat rumah tangga berbahan plastik tetapi menjadi salah satu penyebab banyaknya ghost nets bertebaran di laut.


    Film ini sudah bisa kamu tonton di Netflix sejak 24 Maret 2021 dan membantu lebih memahami bahaya dari kebiasaan manusia terhadap ekosistem laut. Mungkin membuatmu terdorong untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian dan keindahan ekosistem laut.


    (Baca Juga: Rekomendasi Film Action Netflix Wajib Ditonton Bulan Ini)


    3. Islands of Faith


    Dikenal juga dengan judul Semesta, sebuah film yang diproduseri Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin melalui rumah produksi, Tanakhir Films. Rasanya tayang di momen yang tepat, film dokumenter ini mengajakmu untuk berkelana sekaligus kenalan dengan Tanah Air.


    Potret budaya dan keyakinan yang ada di tujuh provinsi di Indonesia menjadi cara sutradara, Chairun Nissa, untuk mengajak para penonton memahami pentingnya memberikan kasih sayang yang lebih kepada Bumi dan lebih ramah pada lingkungan. Menelusuri tujuh provinsi dan menangkap pandangan masyarakat lokal akan pentingnya peran alam dalam kepercayaan mereka.


    Mulai dari ritual agama Hindu di Pulau Dewata, Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim, hingga perayaan Natal bagi umat Kristiani yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia, Semesta menggambarkan kehidupan komunitas dengan ragam kepercayaan sekaligus peran alam (yang perlu dijaga) terhadap kesatuan masyarakat.


    4. Homecoming: A Film by Beyoncé



    Nama Beyoncé tak lagi asing dalam industri musik dunia. Menghabiskan lebih dari dua dekade melalui karya-karyanya yang mungkin, sampai sekarang, masih masuk dalam playlist-mu. Bagi kamu yang ingin menonton penampilan Queen Bey secara langsung tetapi belum kesampaian, film satu ini wajib kamu saksikan.


    Seperti judulnya Homecoming: A Film by Beyoncé, film ini merupakan dokumenter konser sang penyanyi di panggung Coachella Valley Music and Arts Festival pada 2018, momen kembalinya aktif di industri musik setelah melahirkan anak kembarnya, Rumi dan Sir.


    Film ini tak hanya fokus pada konser Coachella yang berhasil membuat penggemar terpukau, tetapi juga selebrasi orang-orang kulit hitam dan kesetaraan gender yang jadi perhatian sang penyanyi. Kamu bisa melihat para mahasiswa kulit hitam yang menempuh studi di Historically Black colleges and universities (HBCU) mendapatkan kesempatan untuk ambil bagian dalam konser Beyoncé yang ia dedikasikan untuk merayakan orang-orang kulit hitam.


    (Baca Juga: Film Romantis Thailand Terbaik, Penasaran?)


    Inilah beberapa film dokumenter Netflix yang bisa kamu jadikan tontonan di akhir pekan, untuk menambah wawasan dan memperdalam empati. Selamat menonton!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below