Intip 7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Bisa Kamu Coba


  • Intip 7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Bisa Kamu Coba
    (Cara menghilangkan jerawat batu. Foto: Dok.Artfully79/iStock)

    Pada wanita, jerawat batu sering kali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Ini karena ukurannya yang besar, berwarna kemerahan, dan berisi nanah membuat jerawat ini kerap mengganggu penampilan wanita.


    Pada dasarnya, jerawat bisa muncul karena pori-pori kulit wajah tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Selain itu, jerawat ini bisa juga disebabkan karena bakteri yang juga tersumbat di bawah kulit. 




    Untuk jerawat batu ini penyebabnya belum bisa diketahui secara pasti, namun peningkatan hormon androgen dalam tubuh diketahui menjadi salah satu pemicunya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba. 


    1. Rutin Membersihkan Wajah 

    cara menghilangkan jerawat batu

    (Rutin membersihkan wajah mampu menghilangkan jerawat batu. Foto: Dok.Jay_Zynism/iStock)


    Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama adalah dengan rutin membersihkan wajah. Terutama saat kamu habis bepergian atau beraktivitas seharian di luar ruangan. Hal ini karena banyaknya debu, kuman, kotoran, dan polusi yang menempel pada kulit wajah sehingga menyebabkan jerawat batu.


    Saat membersihkan wajah, lakukanlah dengan langkah-langkah yang tepat, yaitu dengan metode double atau triple cleanser (apabila kamu ber-makeup tebal).


    Jika sesampainya dirumah, kamu langsung tidur dengan wajah yang masih kotor tentu dapat memperburuk kondisi kulit wajahmu. Selain itu, kulit wajahmu juga akan menjadi kasar dan kusam apabila tidak dibersihkan dengan benar. Tidur dengan keadaan kulit yang bersih tentu dapat membantu kulit untuk bernapas. 


    2. Kompres Dengan Es Batu 

    cara menghilangkan jerawat batu

    (Jerawat batu yang kemerahan bisa diatasi dengan mengompres menggunakan es batu. Foto: Dok.absolutimages/iStock)


    Jika kamu pernah merasa nyeri sampai pipi nyut-nyutan gara-gara jerawat batu atau gatal pada area sekitar jerawat yang membengkak dan menimbulkan kemerahan, kamu bisa mengatasinya dengan mengompres area jerawat menggunakan es batu.


    Es batu bisa dioleskan secara langsung di jerawat dengan gerakan memutar agar kulit terasa dingin dan merata. Langkah ini dipercaya bisa mendinginkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran minyak. Kamu bisa melakukannya sebanyak tiga kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah Yang Susah Hilang)

    3. Menggunakan Produk Berbahan Retinoid 


    Cara menghilangkan jerawat batu yang berikutnya adalah dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan retinoid. Ini karena retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang sering diresepkan oleh para dokter guna menangani masalah jerawat batu.


    Retinoid sendiri memiliki sifat anti-aging yang mampu membersihkan pori-pori tersumbat pada kulit wajah, sekaligus mendukung obat antibiotik agar dapat bekerja secara maksimal. Hal ini dikarenakan retinoid memiliki cara kerja yang dapat mempercepat pembaruan sel-sel kulit.


    Terdapat empat jenis retinoid yang biasa digunakan sebagai bahan kandungan skincare, yaitu retinol, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin.

    4. Menggunakan Masker Tomat 

    cara menghilangkan jerawat batu

    (Masker tomat mampu menghilangkan jerawat secara alami. Foto: Dok.Prostock-Studio/iStock)


    Selain sebagai bahan makanan, ternyata tomat juga bisa diolah menjadi masker wajah. Pasalnya, kandungan vitamin A dan C yang pada tomat mampu untuk menghilangkan jerawat secara alami.


    Untuk menggunakan masker ini, kamu bisa memotong tomat menjadi dua bagian, lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Kemudian diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. 


    5. Kurangi Stres 


    Salah satu hal yang menyebabkan munculnya jerawat batu adalah karena faktor hormonal dari dalam tubuh. Untuk itu, kamu perlu menjaga dan mengurangi hal yang membuatmu stres agar mencegah munculnya jerawat.


    Menjaga diri untuk tidak mudah stres dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang sampai dengan mengatur pola istirahat yang baik dan benar. 

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)

    6. Minum Air Putih 


    Air putih memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya juga bisa untuk menghilangkan jerawat batu. Ini karena ketersediaan cairan yang cukup akan membuat tubuhmu menjadi lebih bugar dan proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.


    Mengonsumsi air putih yang cukup juga bisa mencegah munculnya jerawat baru. Kulit yang kering memiliki risiko lebih besar untuk timbul jerawat. Dengan konsumsi air yang cukup maka kulitmu akan selalu lembab dan jerawat tidak mudah datang.

    7. Rutin Berolahraga

    cara menghilangkan jerawat batu

    (Berolahraga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dari dalam. Foto: Dok.Ivanko_Brnjakovic/iStock)

    Selain banyak minum air putih, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan rutin berolahraga. Sebab, olahraga mampu memperbaiki sirkulasi darah yang ada pada tubuh, memelihara sel kulit, dan meningkatkan aliran darah, sehingga mampu menghilangkan jerawat dari dalam.


    Selain itu, olahraga juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih bugar, tentu saja hal tersebut tidak secara langsung kamu dapatkan sehingga perlu melakukannya secara rutin. 

    Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below