Alami, Ini Masker Untuk Kulit Kering


  • Alami, Ini Masker Untuk Kulit Kering
    Aplikasikan masker secara menyeluruh agar merata. (Foto: Dok. Engin Akyurt/Unsplash)

    Kulit wajah yang kering menjadi masalah yang harus kita atasi, terutama untuk wanita. Sebaliknya, mempunyai wajah yang berminyak juga bukan sesuatu yang kita inginkan. Kulit yang kering bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya udara, debu dan polusi, atau bahkan tidak cukup terhidrasi. Kulit kering juga rentan disertai dengan rasa gatal.


    Kulit yang sering terasa kering salah satunya adalah wajah. Tidak perlu khawatir, karena kulit wajah yang kering bisa dibantu dengan produk perawatan. Kita bisa gunakan pelembap, toner, ataupun masker. Beberapa masker untuk kulit kering juga bekerja dengan ampuh. Simak beberapa masker di bawah ini untuk atasi kulit kering kita.




    1. Putih telur


    Beberapa dari kita pasti sudah mendengar kegunaan masker putih telur untuk masalah penuaan, meratakan warna kulit, bahkan membantu kulit yang rentan berjerawat dengan membunuh bakterinya serta membersihkan bekas jerawatnya.


    Namun, bisa dibilang fungsi yang lebih utama adalah dalam mengatasi kulit kering dan kusam. Kulit kusam bisa disebabkan oleh kotoran, putih telur bisa membersihkan kotoran bahkan di pori-pori lebih maksimal.


    Kita cukup menyiapkan telur untuk dipisahkan kuning dan putih. Lakukan secara perlahan agar kuningnya tidak tercampur. Setelah putih telur sudah berada di wadah, aplikasikan itu menggunakan kuas jika punya agar lebih merata. Kita juga bisa menggunakan jari, lalu tunggu sekitar 15-20 menit, setelah mengering, bilaslah dengan air hangat yang bersih.


    (Baca Juga: Ini 4 Masker Untuk Kulit Keringmu)


    2. Alpukat

    masker untuk kulit kering

    (Alpukat, salah satu buah yang digunakan untuk masker kulit kering. Foto: Dok. Thought Catalog/Unsplash)


    Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk kulit kering adalah alpukat. Buah satu ini juga dikenal bisa menjaga kesehatan kulit kita. Salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang terdapat dalam alpukat yaitu biotin, mampu melembapkan kulit kita. Biotin juga menjaga pertumbuhan kuku dan sel rambut. Kekurangan biotin bahkan bisa membuat kulit bersisik.


    Daging buah alpukat bisa dihancurkan dengan menggunakan sendok atau blender agar lebih mudah. Kita bahkan bisa menambahkan minyak zaitun untuk mendapatkan kelembapan yang lebih. Sama seperti putih telur, setelah alpukat diaplikasikan kita bisa mendiamkannya selama sekitar 20 menit agar mengering. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih.


    3. Susu


    Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami yang bisa digunakan juga untuk jerawat yang umumnya meradang. Selain itu susu juga mengandung asam laktat yang bekerja sebagai pengelupas alami yang ringan untuk wajah. Asam laktat juga mencegah kulit kasar, bersisik, dan gatal. Susu pun menghidrasi dan melembapkan kulit.


    Buatlah campuran masker susu yang nantinya diaplikasikan dengan menggunakan kuas. Setelah merata, kita diamkan susu di wajah kita agar menutrisi kulit selama 10 menit. Setelah itu bilas kembali wajah dan keringkan. Kita bisa lakukan ini 2-3 kali dalam seminggu, tapi jangan hanya lakukan di minggu pertama. Buatlah ini rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


    (Baca Juga: Mengatasi Masalah Kulit Kering di Masa PPKM Dengan Bio-Oil)


    4. Semangka

    masker untuk kulit kering

    (Gunakan kulit semangka sebagai masker. Foto: Dok. Juven Dunn/Unsplash)


    Layaknya alpukat, semangka juga menjadi salah satu buah untuk solusi kulit kering kita. Semangka pada dasarnya adalah buah yang memiliki banyak kandungan air, seperti jeruk, pepaya, dan nanas. Semangka juga dilengkapi dengan berbagai vitamin untuk kulit kita. Tapi yang paling penting adalah likopen dalam semangka, bisa membantu mengurangi kekeringan dan kulit yang bersisik.


    Bagian dari semangka yang digunakan untuk tujuan ini adalah kulitnya. Pertama-tama kita iris buah semangka, lalu pisahkan dagingnya sampai hanya tersisa kulit semangka. Daging semangka bisa dikonsumsi nantinya. Kulit semangka bisa kita taruh dulu di kulkas setidaknya selama 10 menit. Setelah itu, barulah potong tipis dan aplikasikan ke kulit kering. Diamkan maksimal 20 menit, lalu bilas kembali wajah kita dengan air bersih. Jangan lupa keringkan kembali.


    Bahan alami inilah yang bisa kita jadikan masker untuk kulit kering. Lakukan pengaplikasian masker alami ini secara rutin agar kulit kembali halus. Serta, banyaklah minum air putih yang tidak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga kulit. Jika kita lebih memilih masker dalam bentuk produk juga bisa. Tapi dengan menggunakan bahan alami ini, kita tahu bahwa tidak ada bahan lainnya yang tercampur, seperti pengawet. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below