Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit


  • Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit
    (manfaat lidah buaya untuk kulit.(Foto: Dok. pexel.com)

    Bukan rahasia lagi jika lidah buaya merupakan bahan produk kecantikan yang dapat ditemui untuk produk rambut, wajah, maupun kulit. Tanaman satu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral dari vitamin B hingga antioksidan yang bagus untuk perawatan kulitmu. Lidah buaya baik digunakan untuk segala kategori umur dan dapat dikonsumsi atau diolah dirumah. Berikut manfaat lidah buaya untuk kulit.


    Pelembap Kulit

    manfaat lidah buaya untuk kulit(manfaat lidah buaya untuk kulit.(Foto: Dok. pexel.com)

    Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca ekstrim yang seringkali memberi pengaruh pada kesehatan kulit, terutama kulit kering. Lidang buaya yang dapat tumbuh sumbur di daerah dengan iklim tropis karena dapat menampung banyak mineral. Selain kandungan mineral yang mampu melembapkan kulit, kandungan lidah buaya lainnya yang mengatasi kekeringan kulit adalah vitamin A,C, enzim, dan antioksidan.



    Selain melembapkan, lidah buaya juga memiliki khasiat untuk menangkal penuaan diri. Kandungan kolagen dan elastin pada lidah buaya, mampu menyamarkan garis keriput, kulit kendur pada area kanotng mata, bahkan mengontrol jerawat yang meradang. Penggunaan lidah buaya jelas memberikan manfaat bagi setiap wanita yang selalu memiliki masalah umum mengenai penuaan dan kelembapan.

    Pengaplikasian lidah buaya tentunya berbeda dalam setiap pemakaian, untuk bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan lainnya dapat dioleskan secara merata. Namun untuk bagian wajah, dapat di aplikasikan menjadi masker. Pemakaian masker lidah buaya akan lebih efektif mengatasi jerawat jika di aplikasikan pada pagi dan malam hari begitupun untuk kulit iritasi.


    (Baca Juga: 7 Rekomendai Tinted Moisturized Terbaik)


    Detoksifikasi

    Pada tubuh manusia faktanya banyak ditemukan racun maupun zat berbahaya. Zat tersebut dapat berasal dari kontaminasi lingkungan sekitar, dari lalu lintas perjalanan, paparan sinar matahari langsung, dan masih banyak lagi. Jika tidak segera dibersihkan debu atau kotoran dari polusi dapat merusak kuit, menimbulkan iritasi atau jerawat pada wajah. Sebagai media detoksifikasi alami, penggunaan aloe vera bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

    Paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin pada lapisan kulit paling dalam atau dermis yang dapat menyebabkan kulit memerah, melepuh, atau terasa perih saat disentuh. Sensasi dingin dari lidah budaya dapat memulihkan kulit yang terbakar akibat sinar ultraviolet.

    Gel dari lidah buaya merangsang produksi kolagen yang berfungsi sebagai penangkal penuaan dini dan ruam pada kulit. Tidak hanya untuk tubuh dan wajah, oleskan lidah buaya pada bibirmu untuk mendapatkan sensasi yang menenangkan dan mengatasi pecah-pecah pada bibir.


    (Baca Juga: 7 Rekomendai Tinted Moisturized Terbaik)


    Mengurangi stretch mark

    Stretch mark atau striae merupakan kondisi dimana pada kulit timbul garis garis putih menjuntai yang bisanya ditemukan pada bagian tubuh perut, payudara, pinggul, bokong, atau paha. Stretch mark sering dijumpai pada ibu hamil atau pada orang yang mengalami kenaikan atau penurunan berat badan berlebih.

    Sayangnya, stretch mark juga dapat diakibatkan oleh faktor genetik. Pada faktor genetik, peregangan kulit yang terjadi dan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang memproduksi kelenjar adrenal yang melemahkan fiber elastic pada kulit. Penyembuhan atau penyamaran stretch mark dapat diatasi dengan kandungan aloe vera yang dapat ditemukan pada sabun.


    Mencerahkan kulit

    manfaat lidah buaya untuk kulit(manfaat lidah buaya untuk kulit.(Foto: Dok. pexel.com)

    Lidah buaya memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kulit. Oleh karena itu, bahan ini seringkali ditemukan pada produk kecantikan mulai dari sabun, hand body, hand gel, atau masker. Pengolahan lidah buaya dirumah terbilang mudah dilakukan dan tidak memakan waktu atau energi yang banyak.

    Membuat masker dari lidah buaya dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan lemon dan mengoleskannya selama 10-15 menit untuk mencerahkan wajah. Lidah buaya yang mengandung aloesin menguntungkan karena zat tersebut berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit mnejadi gelap.


    (Baca Juga: 7 Rekomendai Tinted Moisturized Terbaik)


    Bahan alami seperti buah-buahan atau lidah buaya tentunya baik dikonsumsi untuk tubuh, tentunya dengan kadar konsumsi dan pemakaian yang benar. Itulah manfaat lidah buaya untuk kulit. Sebelum memilih produk kecantikan, pastikan untuk memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya.


    (Penulis: Fathya Jeehan)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below