Begini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah


  • Begini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah
    (Cara menghilangkan bau mulut. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)

    Beberapa orang kerap mengalami masalah bau mulut yang membuatnya menjadi tidak percaya diri. Bau mulut ini disebabkan karena tidak menjaga kebersihan gigi yang menjadikan serpihan sisa makanan tertinggal di mulut. Dengan begitu, bakteri akan tumbuh pada serpihan tersebut lalu mengeluarkan senyawa berbau yang tidak sedap penyebab bau mulut. 


    Meski begitu, ada banyak faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan bau mulut. Namun, apa pun penyebabnya, jangan sampai bau mulut menurunkan kepercayaan dirimu ketika berbicara didepan orang lain. Berikut ini ada sejumlah cara menghilangkan bau mulut dengan mudah. 




    1. Membersihkan Mulut dan Gigi Dengan Tepat 

    cara menghilangkan bau mulut

    (Jaga kebersihan mulut dan gigi untuk menghilangkan bau mulut. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)

    Seperti yang sudah disampaikan di atas, umumnya bau mulut terjadi karena tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi. Padahal, ini merupakan cara yang paling penting dan mudah untuk menghilangkan bau mulut. Kamu bisa menggosok gigimu sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi dengan flouride. Sebab flouride merupakan mineral yang efektif dalam membantu melindungi gigi dari kerusakan.

    Akan semakin baik jika kamu juga menggosok gigi selama 15 - 20 menit setelah makan, terutama jika sela-sela gigimu terdapat banyak makanan yang terselip. Saat menggosok gigi, jangan lupa juga untuk menyikat lidahmu hingga bersih agar sisa makanan yang menempel di lidah juga bisa bersih. 


    2. Rutin Mengganti Sikat Gigi 

    Tak hanya rajin membersihkan gigi dan mulut. Kamu juga perlu membiasakan diri untuk mengganti sikat gigi secara rutin 2 atau 3 bulan sekali. Hal yang paling penting adalah ketika kamu baru saja sembuh dari sakit, sebaiknya gantilah sikat gigimu agar tidak tertular lagi seandainya ada bakteri yang masih tertinggal. 


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Ini)


    3. Minum Air Putih 

    cara menghilangkan bau mulut

    (Minum air putih bisa membuat napas menjadi lebih segar. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)

    Mengonsumsi air putih juga bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut, sebab biasanya kondisi mulut yang kering menandakan produksi air liur yang sedikit dan tentu dapat menimbulkan bau mulut. Tanpa air liur, bakteri penyebab bau mulut sangat mudah berkembang biak. Pasalnya, bakteri penyebab napas bau paling bisa tumbuh subur dalam kondisi lingkungan yang kering.  

    Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk banyak minum air putih sebanyak satu gelas setiap kali kamu merasa haus karena asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, mulutmu menjadi lebih lembap dan napas pun terasa segar. Jadi mulai sekarang, kamu wajib minum air putih secukupnya ya


    4. Memakai Obat Kumur 

    cara menghilangkan bau mulut

    (Memakai obat kumur juga bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut dengan cepat. Foto: Dok.White Bear Studio/iStock)

    Jika kamu ingin menghilangkan bau mulut dalam waktu cepat, maka pakailah obat kumur atau mouthwash. Selain menghilangkan bau mulut, berkumur juga dapat menjaga kebersihan seluruh rongga mulut dari sisa makanan dan plak yang terselip di gigi. Sebaiknya, kamu berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing.

    Agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk mengetahui cara penggunaannya dengan tepat dan juga perhatikan daftar komposisinya dengan baik. Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol sebab alkohol justru dapat membuat mulutmu menjadi kering dan memperburuk bau mulutmu.


    5. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut 

    Dalam mengonsumsi makanan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Misalnya, petai, jengkol, durian, dan bawang putih. Namun sebenarnya, semua makanan yang kamu konsumsi akan memengaruhi aroma mulut dan napasmu nantinya. Sebab, senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat bertahan di mulutmu.

    Senyawa tersebut juga dapat masuk ke aliran darah dan paru-paru yang menyebabkan aroma tak sedap ketika kamu sedang berbicara atau membuka mulut. Maka dari itu, sebisa mungkin pilih menu makan yang tidak menyebabkan aroma tak sedap guna menghilangkan bau mulut. 


    (Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut)


    6. Berhenti Merokok 

    cara menghilangkan bau mulut

    (Berhentilah merokok agar tidak mengalami masalah gigi dan mulut. Foto: Dok.Kamonwan Wankaew/iStock)

    Jika kamu merokok maka sangat rentang mengalami bau mulut sebab biasanya orang yang merokok cenderung memiliki aroma kuat yang tidak sedap. Selain itu, perokok aktif juga lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah gigi dan mulut.

    Maka dari itu, sebisa mungkin kamu kurangi merokok dengan menggantinya menggunakan permen. Dengan begitu, napasmu akan menjadi lebih segar dan kamu terbebas dari berbagai masalah gigi serta mulut. 


    7. Konsultasi Ke Dokter Gigi 

    Bau mulut yang menyengat dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya diabetes dan penyakit ginjal. Oleh sebab itu, jika beberapa cara di atas tidak ampuh untuk menghilangkan bau mulutmu, segera konsultasi ke dokter gigi.

    Hal ini dilakukan agar dokter mencari tahu penyebab bau mulutmu dengan memeriksa rongga mulutmu secara tepat dan menyeluruh. Ia juga akan bertanya seputar riwayat kesehatan serta caramu dalam merawat kebersihan gigi dan mulut.


    Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan mudah yang bisa kamu coba sendiri. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below