5 Hal yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut



  • Rasanya tidak ada orang yang mau mengalami bau mulut. Selain mengganggu, pasti akan membuat kepercayaan diri langsung hilang. Tapi, apakah Anda tahu penyebab awal dari bau mulut? Baca dulu beberapa faktor berikut agar Anda bisa menghindarinya.

    Kurang menjaga kebersihan gigi

    Gigi yang kotor menyebabkan 85% bau tak sedap di mulut. Sisa makanan yang masih menempel di gigi merupakan tempat bakteri berkembang biak. Bakteri ini yang akhirnya menghasilkan senyawa sulfur dan berbau seperti telur busuk. Pastikan Anda membersihkan seluruh barisan gigi dan bagian lidah.



    Kurang minum air

    Dehidrasi menyebabkan produksi air liur menurun. Padahal, salah satu fungsi air liur adalah untuk membersihkan bakteri di dalam mulit. Mulut yang kering karena kurang minum air hanya akan mematikan sel dalam mulut. Hal inilah yang akhirnya jadi sumber bau tak sedap.

    Mengonsumsi makanan berbau

    Produk berbahan susu mampu mengentalkan ingus sehingga menciptakan aroma seperti sulfur. Makanan berkarbohidrat tinggi pun mampu menciptakan bakteri karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain itu, merokok juga terbukti menjadi salah satu sumber bau mulut.

    Sinus atau amandel

    Infeksi sinus dapat menyebabkan aroma tak sedap di mulut. Selain itu, amandel atau radang tenggorokan juga memiliki dampak yang sama. Hindari dengan berkumur menggunakan air yang dicampur garam pada pagi hari selama dua atau tiga hari.

    Tingginya kadar asam lambung

    Jika Anda memiliki maag, tentu Anda pernah bersendawa yang diikuti dengan aroma tak sedap. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memicu peningkatan asam lambung. Hindari minuman beralkohol, cokelat, dan kayu manis.

     

    (FOTO: BUTSAYA/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below