Beragam Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah


  • Beragam Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah
    (Masker rambut alami. Foto: Dok.TanyaLovus/iStock)

    Setiap wanita pasti mendambakan rambut yang tebal dan sehat. Untuk mendapatkan hal ini, kamu bisa menggunakan masker rambut yang juga berfungsi untuk melembutkan rambut, membuat rambut lebih berkilau, meningkatkan kelembapan kulit kepala, mencegah kerontokan, dan melindungi rambut dari kerusakan. Untuk melakukan perawatan rambut ini, kamu tak perlu susah-susah pergi ke salon sebab kamu bisa melakukannya sendiri dengan masker rambut alami. 


    Masker rambut alami bisa lebih mudah ditemukan dan lebih hemat. Manfaatnya pun bisa kamu rasakan sendiri setelah menggunakan masker rambut alami ini. Jika kamu berniat untuk melakukan perawatan rambut ini, yuk simak beberapa masker rambut alami di bawah ini. 




    1. Kuning Telur 

    Masker rambut alami

    (Gunakan masker rambut dari kuning telur untuk mengatasi beberapa masalah rambut. Foto: Dok.Marie_ange/iStock)


    Beberapa wanita kerap mengalami kondisi rambut yang rusak, seperti kering, patah-patah, dan kering. Namun kamu tak perlu khawatir sebab masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan masker alami dari kuning telur. Sebab, kuning telur merupakan bagian yang paling kaya akan kandungan xanthophylls atau antioksidan. Kedua nutrisi tersebut mampu memperbaiki kondisi rambut yang rusak sekaligus menjadikannya halus dan lembut. 


    Kamu bisa mengaplikasikan kuning telur pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut sambil memijatnya dengan lembut. Kemudian bungkus rambut dan kepala dengan menggunakan handuk. Lalu, diamkan kurang lebih selama satu jam. Setelah itu, kamu bilas dengan air dingin.  

    2. Oatmeal 


    Seperti diketahui, oatmeal mempunyai kandungan lipid dan protein yang berfungsi untuk melembapkan kulit kepala, membantu mencegah ketombe sekaligus menyegarkan rambut. Caranya adalah kamu cukup campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan tiga sdm susu hangat dan minyak almond hangat. Kemudian aduk campuran tersebut hingga rata. Aplikasikan masker rambut ini di atas kulit kepala sambil memijatnya dengan gerakan memutar. Lalu, bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hangat hingga bersih


    Jika kamu menggunakan masker rambut oatmeal ini pada rambut secara rutin, maka kamu akan merasakan sensasi rambut menjadi lebih halus dari ujung kulit kepala hingga ujung rambut.


    (Baca Juga: Yuk Simak Cara Mengatasi Rambut Kering Yang Bisa Kamu Coba)

    3. Lemon 

    Masker rambut alami

    (Lemon juga bisa dijadikan sebagai masker rambut alami. Foto: Dok.kazmulka/iStock)


    Selain dua bahan alami diatas, kamu juga bisa menggunakan lemon sebagai masker rambut. Lemon mengandung asam sitrat yang merupakan zat alami dimana asam sitrat sering digunakan dalam produk perawatan kulit guna membantu meringankan bintik hitam. Kandungan tersebut juga mampu menjadikan rambut tampak berkilau dan menjadi lebih cerah warnanya.  


    Caranya adalah dengan mencampur semua bahan ke dalam satu mangkuk kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan masker lemon ini ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Namun, jika kulit kepalamu sedang mengalami masalah seperti ada luka sebaiknya jangan gunakan lemon karena dapat memperburuk kondisi luka di kepala mu dan menimbulkan masalah baru. 


    4. Pisang dan Minyak Zaitun 


    Masker rambut alami selanjutnya bisa kamu buat dengan pisang dan minyak zaitun. Kombinasi dari dua bahan alami  tersebut mampu mengatasi rambut kering, menyeimbangkan pH kulit kepala, dan membuat rambut jadi terlihat lebih berkilau. Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat masker rambut alami ini hanyalah dengan mencampurkan sebuah pisang matang yang sudah dihancurkan dengan satu sdm minyak zaitun. Kemudian aplikasikan campuran itu pada rambut yang sudah dibersihkan, lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. 


    (Baca Juga: 6 Bahan Alami Untuk Memanjangkan Rambut)


    5. Yogurt dan Madu 

    Masker rambut alami

    (Masker alami dari yogurt dan madu bisa mengatasi ketombe dan dermatitis seboroik. Foto: Dok.Anna-Ok/iStock)


    Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa asam sitrat yang ada pada yogurt dapat membantu mengatur pH rambut kita. Ini karena yoghurt dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mengondisikan rambutmu. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan madu yang dapat membantu memperbaiki beberapa masalah, seperti ketombe dan dermatitis seboroik pada kepala.  


    Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan semua bahan ke dalam mangkuk hingga mendapatkan campuran yang halus. Kemudian aplikasikan campuran ini ke rambutmu secara merata, mulai dari akar hingga ke ujung rambut. Setelah kulit kepala dan rambutmu seluruhnya tertutup masker, tunggu selama 30 menit. Lalu, bilaslah rambutmu dengan sampo ringan bebas sulfat.


    Itulah beberapa masker rambut alami yang bisa kamu coba sendiri. Selain memakai masker rambut alami secara rutin, kamu juga perlu melengkapinya dengan perawatan rambut lain agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Misalnya, dengan menggunakan sampo dan kondisioner sesuai jenis rambut. Selamat mencoba!

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below