Yuk Simak Cara Mengatasi Rambut Kering Yang Bisa Kamu Coba


  • Yuk Simak Cara Mengatasi Rambut Kering Yang Bisa Kamu Coba
    (Cara mengatasi rambut kering. Foto: Dok.Dan Comaniciu)

    Setiap wanita pasti mendambakan rambut yang tebal dan sehat. Namun, kenyataannya, banyak wanita harus bergelut dengan masalah rambut kering. Meski hal ini terlihat sepele, rambut kering yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan berbagai masalah. Diantaranya seperti rambut yang mudah kusut, susah diatur, dan memicu kerontokan. Maka dari itu, yuk cari tahu cara mengatasi rambut kering dibawah ini.

    1. Gunakan Sampo Yang Tepat

    Cara mengatasi rambut kering

    (Gunakan sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Foto: Dok.ShotShare/iStock)

    Cara yang pertama dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memilih sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Dalam hal ini adalah sampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Hal ini dilakukan guna mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepalamu. Kamu bisa memilih sampo yang mengandung dimethicone, zinc pyrithione, dan menthol.




    Selain bisa mencegah dan mengatasi ketombe, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe basah, dan memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala. 


    2.Gunakan Kondisioner Setelah Keramas


    Setelah menggunakan sampo, kamu bisa memakai kondisioner yang dapat membuat kultikula rambut menjadi tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambutmu. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat. Gunakanlah kondisioner secukupnya agar rambut tidak mudah lepek. 


    (Baca Juga: 7 Produk Masker Rambut Untuk Rambut Kering Dan Mengembang)

    3.Gunakan Hair Mask

    Cara mengatasi rambut kering

    (Gunakan hair mask agar mengembalikan kelembapan rambut. Foto: Dok.Zinkevych/iStock)


    Cara agar rambut tidak kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan hair mask satu minggu sekali. Penggunaan hair mask akan membantumu untuk mengembalikan kelembapan rambut, sehingga tingkat kekeringan pada rambutmu akan berkurang.


    Meski demikian, kamu disarankan untuk tidak menggunakan hair mask secara berlebihan karena bisa menyebabkan kelembapan berlebih dan membuat rambut mudah terlihat lepek. Pilihlah hair mask yang juga cocok dengan masalah rambutmu agar tidak menimbulkan masalah rambut yang baru. 


    4. Beri Asupan Nutrisi Dari Dalam


    Rambut kering juga dapat disebabkan karena kamu mengalami dehidrasi tubuh dalam waktu yang lama. Itu sebabnya, langkah perawatan rambut kering yang tidak kalah penting dan mudah untuk dilakukan adalah dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk minum air putih setidaknya delapan gelas sehari.


    Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan agar rambut semakin sehat. Karena selain perawatan dari luar, Kamu juga perlu memberi nutrisi pada rambut dari dalam. 


    5. Gunakan Vitamin Rambut Sebelum Menggunakan Hair Styling

    Cara mengatasi rambut kering

    (Gunakan vitamin rambut untuk melindungi rambut dari paparan panas matahari dan hair styling. Foto: Dok.Ivannag82/iStock)


    Jika kamu sering menggunakan hair styling rambut sebaiknya aplikasikan vitamin rambut. Sebab, paparan panas dari matahari maupun penggunaan hair styling, dapat mengikat cairan pada rambut. Hal ini mengakibatkan rambutmu menjadi mudah kering dan rusak. Selain itu, zat efek panas yang dihasilkan juga dapat merusak protein-protein pada rambut yang berperan melindungi rambut dari kerusakan.


    Maka dari itu, sebelum menggunakan alat catok atau hair dryer, aplikasikan vitamin rambut terlebih dulu agar memberikan lapisan perlindungan terhadap panas yang dikeluarkan hair styling hingga suhu 232 derajat celcius. Rambutmu pun akan mendapatkan pondasi yang sempurna sebelum di-styling dan akan terlindungi dari risiko rambut kering.


    (Baca Juga: Rambut Kering? Yuk Pakai 7 Vitamin Untuk Rambut Kering Ini!)


    6. Oleskan Minyak Alami

    Cara mengatasi rambut kering

    (Oleskan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Foto: Dok.AtlasStudio/iStock)

    Selain memakai vitamin rambut, kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Salah satu minyak alami yang bisa kamu coba adalah minyak zaitun karena dapat mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya.


    Selain minyak zaitun, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembapkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan. 

    7. Jangan Keramas Terlalu Sering


    Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan mengembang, disarankan untuk tidak mencuci rambut atau keramas setiap hari karena kebiasaan ini justru dapat membuat rambut menjadi tambah kering dan rusak. Sebaiknya kamu keramas sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.


    Itulah beragam cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu coba sendiri. Namun jika masalah rambut kering ini tidak kunjung teratasi, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

    (Penulis: Tiara Kandida E) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below