Merasa Bersalah Setelah Selingkuh, Lakukan Ini


  • Merasa Bersalah Setelah Selingkuh, Lakukan Ini
    Maafkan diri akibat berselingkuh dengan cara ini. (Foto: Dok. Marcelo Chagas/Pexels)

    Apakah kamu pernah berselingkuh? Atau justru saat ini sedang dalam sebuah perselingkuhan? Mungkin kamu sedang kesulitan menghadapi rasa bersalah yang masih menghantui. Dari luar, selingkuh mungkin terkesan seksi dan seru. Tapi sebenarnya perselingkuhan adalah hal yang mengerikan dan penuh rasa bersalah.


    Jika pasanganmu sudah memaafkanmu (ataupun tidak), lalu bagaimana caramu memaafkan dirimu sendiri? Dilansir dari YourTango.com, inilah 5 cara memaafkan diri yang merasa bersalah setelah selingkuh.


    Menerima bahwa kamu hanya manusia

    Manusia yang bisa berbuat salah. Umumnya, orang yang selingkuh merasa tidak bahagia dalam hidupnya. Bisa jadi karena kamu menghadapi kesulitan dalam hubungan personal dan asmara. Kamu kurang percaya diri atau tidak bahagia dengan pasanganmu.

    Semua perasaan ini tentu valid. Dan jika kamu berada dalam situasi tersebut, wajar jika kamu ingin bahagia. Kamu hanya manusia biasa. Memaafkan diri sendiri adalah kunci untuk bisa move on.


    (Baca Juga: Dampak Positif Selingkuh, Jangan Kaget)


    Pahami bahwa tidak semua hal adalah kesalahanmu

    Tentu kamu berpikir bahwa selingkuh adalah kesalahanmu. Kamu bertemu orang lain, membangun koneksi dengan orang tersebut, atau mungkin menjalin hubungan yang lebih intim. Ya, kamu melakukan itu semua.

    Namun ingatlah bahwa ada alasan kamu melakukannya. Mungkin perasaan tidak bahagia jadi landasanmu. Perlu ditelusuri apa penyebabnya. Ingat, dalam hubungan, ada dua orang yang terlibat di dalamnya. Kebahagiaan atau keputus-asaan dalam hubungan merupakan tanggung-jawab dari keduanya.


    Cari bantuan

    merasa bersalah setelah selingkuh

    (Cari bantuan profesional. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Mungkin bagi orang yang berselingkuh, rasanya enggan untuk mencari bantuan profesional. Takut dianggap berlebihan biasanya jadi alasan paling utama. Namun percayalah, psikolog dan terapis sudah biasa menghadapi hal ini, sehingga mereka tak akan menilaimu.


    Berhenti selingkuh

    Kunci penting lainnya untuk bisa memaafkan diri sendiri adalah dengan berhenti selingkuh. Jika peristiwa satu kali dalam hidup ini dilakukan terus-menerus hingga akhirnya jadi sebuah kebiasaan, kamu akan kehilangan rasa “hormat” bagi dirimu dan pasangan di masa depan. Bahkan bukan tak mungkin opinimu terhadap sebuah hubungan akan berubah.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    Membangun kembali hubungan baru

    Bukan tak mungkin untuk membangun kembali hubungan yang rusak akibat selingkuh. Jika kamu berhasil melakukannya, dijamin, kamu akan bisa memaafkan dirimu lagi. Sejarah perselingkuhan tak selamanya membuat hubungan langsung rusak. Bahkan, bisa jadi justru memperkuat kualitas hubungan kalian.


    Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaafkan diri yang merasa bersalah setelah selingkuh. Pada akhirnya, kunci utama adalah dengan mengakui kesalahan, menghargai keputusan pasanganmu, dan berhenti mengulangi kesalahan yang sama. Hanya dengan cara itu, kamu bisa memperbaiki hubunganmu di masa depan.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Ini Tanda Pria Merasa Bersalah

Ini Tanda Pria Merasa Bersalah

oleh Her World Indonesia

Tanda Pria Merasa Bersalah

Tanda Pria Merasa Bersalah

oleh Kiki Riama Priskila

5 Tanda Pria Merasa Bersalah

5 Tanda Pria Merasa Bersalah

oleh Her World Indonesia