Cara Menghilangkan Bintik-bintik Di Wajah


  • Cara Menghilangkan Bintik-bintik Di Wajah
    Bintik bintik di wajah terkadang mengganggu penampilan. (Foto: Dok. Vchal/iStock)

    Adanya benjolan atau hal lainnya sekecil apa pun pasti akan membuat penampilan wajah kita terasa terganggu. Di banyak waktu, sering juga kita tidak menyadarinya dan baru sadar ketika diberi tahu oleh orang yang melihat atau baru terlihat jelas di cermin. Kita biasanya langsung ingin menghilangkannya, karena berfikir itu mengganggu penampilan.


    Salah satu yang sering kita lihat adalah bintik bintik. Ini disebut juga dengan milia dan umumnya muncul di sekitaran pipi atau bawah mata, hidung, dan dagu. Penyebabnya adalah adanya serpihan kulit mati atau keratin terperangkap di bawah kulit. Keratin sendiri adalah protein yang ditemukan di kulit. Simak bagaimana cara menghilangkan bintik bintik di wajah berikut untuk tampilan wajah yang halus.




    1. Eksfoliasi wajah

    Bagi kita yang belum tahu apa itu eksfoliasi, ia adalah pengelupasan kulit mati yang berada di wajah. Selain menghilangkan sel kulit mati, eksfoliasi juga sekaligus menghilangkan kotoran lain yang ikut terperangkap di kulit. Cara ini juga bisa menjaga kulit wajah kita terhindar dari zat iritan yang menjadi penyebab timbulnya bintik bintik ini, dan menjaga agar keratin kulit tidak diproduksi secara berlebihan.

    Proses eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggosokkan scrub secara perlahan ke wajah, lalu membilasnya. Scrub yang digunakan bisa berbahan alami atau dari produk perawatan kulit yang mengandung eksfoliator, tergantung pada pilihan kita. Perhatikan penggunaannya pada kulit sensitif yang sebaiknya dikonsultasikan dulu dan tidak perlu melakukannya terlalu sering karena bisa mengiritasi kulit. 


    2. Gunakan krim retinoid

    cara menghilangkan bintik bintik di wajah

    (Penggunaan krim retinoid untuk bintik bintik. Foto: Dok. AndreaObzerova/iStock)


    Cara yang satu ini adalah secara medis jika dibandingkan dengan eksfoliasi wajah. Krim retinoid sendiri bekerja dengan cara membuang sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kandungan vitamin A-nya juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Saat sel kulit mati terkelupas, maka itu dapat mencegah sumbatan keratin.

    Krim ini juga bisa melonggarkan dan membantu munculnya sumbatan keratin agar bisa hilang dengan sendirinya. Meski begitu, krim retinoid membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, untuk itu pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya sebelumnya. Gunakan krim ini sebanyak satu kali dalam seharinya dalam keadaan wajah yang bersih.


    3. Gunakan produk dengan asam salisilat

    Kita bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat berguna untuk mengupas kulit atas dan menipiskan lapisan milia tersebut secara perlahan. Kandungan lainnya yang juga bisa digunakan adalah glycolic acid dan obat jerawat adapalene yang membantu menghilangkan bintik. Semua kandungan ini bisa mengeksfoliasi kulit.

    Obat jerawat adapalene yang berbentuk gel, termasuk terapi medis. Gunakanlah produk-produk tersebut pada malam hari. Untuk adapalene, akan terlihat peningkatan optimalnya dalam 12 minggu jika digunakan setiap hari. Adapalene juga dijual bebas di toko obat. Sedangkan untuk glycolic acid, bekerja menyapu sel yang mati dan rusak yang nantinya sel kulit baru dan lebih sehat akan berpindah ke bagian atas epidermis.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami)


    4. Perawatan laser

    cara menghilangkan bintik bintik di wajah

    (Ilustrasi perawatan laser untuk bintik bintik. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


    Perawatan laser juga bisa menjadi jalan untuk menghilangkan bintik bintik di wajah. Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan ini adalah berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter nantinya akan menentukan tipe perawatan laser seperti apa yang akan digunakan untu kulit kita. Umumnya juga, dokter akan menginstruksikan untuk menggunakan obat tertentu dan apa yang seharusnya dihindari sebelum melakukan perawatan ini.

    Perawatan laser bisa pula memberikan efek samping, seperti gatal, kemerahan, dan bengkak. Dikatakan, penggunaan laser erbium merupakan salah satu yang paling tepat untuk bintik bintik wajah. Proses ini dapat berlangsung cepat dan efektif, serta tanpa rasa tidak nyaman. Dokter juga akan menggunakan anestesi topikal.


    (Baca Juga: Ini Cara Hailey Bieber Atasi Dermatitis Perioral di Kulitnya)


    Sebelum melakukan perawatan terhadap bintik bintik, tentu kita selalu bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk menuntukan mana yang paling tepat. Pastikan juga untuk selalu rutin menjaga kebersihan wajah dengan mencucinya. Janganlah malas karena kotoran akan selalu ada setiap harinya meskipun kita tidak banyak beraktivitas. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below