Ini Cara Hailey Bieber Atasi Dermatitis Perioral di Kulitnya


  • Ini Cara Hailey Bieber Atasi Dermatitis Perioral di Kulitnya
    Mengenal dermatitis perioral yang dialami Hailey Bieber dan cara mengatasinya. (Foto: Dok. @haileybieber/Instagram)

    Hailey Bieber sering membicarakan kecintaannya terhadap perawatan kulit di media sosial, mulai dari produk-produk favoritnya, sampai ritual skincare yang ia kenalkan ke suaminya, Justin Bieber. Ternyata, salah satu alasan mengapa sang supermodel sangat berhati-hati dalam memilih produk adalah karena dirinya mengidap kondisi kulit bernama dermatitis perioral.


    (Baca juga: Hailey Bieber Beri Tips Makeup Dan Skincare Di Masa Pandemi)




    Baru-baru saja, Hailey mengunggah Instagram story yang menunjukkan kulit wajahnya yang sedang terinflamasi. Dengan terbuka ia berbagi ke lebih dari 30juta followers-nya, “Saya memiliki kondisi kulit bernama dermatitis perioral yang sudah terjadi selama beberapa tahun belakangan. Kambuhnya kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, dan biasanya muncul di area pipi, sekitar mulut, dan sekitar mata.” Dalam postingan-nya tersebut, Hailey tetap terlihat percaya diri tampil bareface. 


    (Hailey mengingatkan kita bahwa tidak ada kulit yang 100% flawless, cintai kulit kita dengan perawatan yang tepat. Foto: Dok. @haileybieber/Instagram)


    Apa itu Perioral Dermatitis?

    Menurut Dr. Alan Rosenbach dalam interview-nya dengan Byrdie, dermatitis perioral merupakan inflamasi kulit (berupa bintik-bintik/beruntusan merah atau menyerupai jerawat) yang biasanya terjadi di area sekitar mulut, rata-rata terjadi saat seseorang menginjak usia 30. Terkadang rasanya gatal dan panas, namun dalam beberapa kasus juga tidak timbul rasa apapun. 


    Dermatologis percaya bahwa perilaku dermatitis perioral mirip dengan rosacea. Ada beberapa kondisi yang menyeruapai dermatitis perioral. Untuk mengetahui pasti apa yang kulit kamu alami, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan diagnosa yang tepat. 


    Penyebab Perioral Dermatitis

    Dr. Rosenbach mempercayai bahwa dermatitis perioral erat kaitannya dengan faktor genetik. Namun selain keturunan, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti pemakaian krim cortisone (obat gatal/alergi/bengkak), produk skincare yang bersifat terlalu oklusif, atau bahkan reaksi terhadap pasta gigi yang formulanya terlalu keras.


    Hailey sendiri mengungkap bahwa penyebab utama yang membuat kondisi kulitnya kambuh adalah ketika mencoba-coba produk skincare baru terutama yang kandungannya keras, cuaca ekstrem, masker, sampai pemakaian SPF. 


    Cara Mengatasinya

    Layaknya Hailey, kondisi dermatitis perioral harus didiagnosa oleh dokter spesialis kulit. Penyebab utama timbulnya kondisi ini juga harus ditemukan, apakah akibat pemakaian produk yang salah atau akibat stres lainnya.


    Obat topikal yang diresepkan biasanya berupa sulfur atau azelaic acid.


    (Baca juga: Hailey Dan Justin Bieber Ungkap Perawatan Kulit Mereka)



    (Pilih kandungan skincare yang menenangkan. Foto: Dok. @haileybieber/Instagram)

    Hailey sendiri selalu mengandalkan krim yang diberikan oleh dermatologisnya ketika kondisi tersebut mulai muncul. "Self-diagnose is a no-no," tuturnya. Untuk perawatan harian saat kondisi kulit wajah sedang membaik, ia memilih produk-produk skincare dasar yang simpel dan kandungannya lembut. Antara lain adalah pembersih wajah berformula gentle, pelembap bebas pewangi, dan mineral sunscreen.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below