Ini Ragam Manfaat Air Mawar Untuk Wajah


  • Ini Ragam Manfaat Air Mawar Untuk Wajah
    (Manfaat air mawar. Foto: Dok.Olga_Kotsareva/iStock)

    Mawar memang seringkali dijadikan sebagai simbol rasa sayang seseorang, namun ternyata tidak itu saja lho. Bunga dengan kelopak berwarna merah yang begitu indah ini juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan wajah. 


    Hal tersebut bisa kamu temukan dari air mawar atau biasa disebut sebagai rose water. Air dengan aroma yang menyegarkan dan begitu wangi ini memang sudah lama dipakai sebagai salah satu bahan alami perawatan kulit, parfum, bahkan penguat aroma pada beberapa jenis makanan.  




    Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa air mawar mengandung senyawa phenolic yang bersifat antioksidan. Air mawar juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus. Selain itu air mawar juga  mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Berikut ini beberapa manfaat air mawar untuk wajah yang bisa kamu tahu. 


    1. Melembapkan Kulit Wajah 

    Manfaat air mawar

    (Air mawar mampu melembapkan kulit wajah. Foto: Dok.primipil/iStock)

    Salah satu manfaat air mawar untuk wajah yang pertama adalah melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan air mawar memiliki kandungan pelembap alami serta antioksidan yang mampu mencegah kulit kering. Dengan menggunakan air mawar kulit wajamu juga tidak kusam dan senantiasa terlihat segar. Kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner atau pembersih wajah alami. Tidak hanya untuk wajah saja, kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.


    2. Mengurangi Jerawat 

    Jika kamu memiliki masalah kulit wajah, seperti berjerawat tak perlu khawatir sebab kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air mawar ini. Pasalnya, air mawar memiliki pH yang sedikit sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

    Agar kamu dapat merasakan manfaar ini, gunakan air mawar sebagai toner secara rutin pada pagi dan malam hari. Caranya, basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh bagian wajah. Namun, pastikan untuk mengaplikasikannya setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare atau makeup


    (Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah)


    3. Menghambat Penuaan Dini 

    Manfaat air mawar

    (Air mawar mampu mencegah penuaan dini. Foto: Dok.Iuliia Mikhalitskaia/iStock)

    Manfaat air mawar selanjutnya yaitu mampu menghambat penuaan dini. Pasalnya, air mawar mengandung antioksidan dan formula yang dapat melembapkan. Kandungan antioksidan tersebut mampu menangkal kulit wajah dari radikal bebas yang bisa merusak kulit wajah. Radikal bebas juga bisa membuat kulit lebih cepat keriput dan menua. 

    Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menuangkan air mawar pada kapas dan aplikasikan dengan lembut.  Dengan menggunakan exfoliator toner, maka kulit mati akan terangkat dan mempercepat pergantian sel kulit baru yang bisa membuat kulit wajah jadi terlihat awet muda. 


    4.  Membuat Make-up Tampil Lebih Sempurna

    Manfaat air mawar

    (Make-up bisa terlihat sempurna dengan menyemprotkan air mawar. Foto: Dok.ipag/iStock) 

    Kamu bisa menggunakan air mawar ini sebagai penyempurna riasanmu. Sebab, seperti yang telah disebutkan tadi air mawar memiliki sifat melembabkan dan menyegarkan. Namun untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa mengaplikasikan air mawar dengan menyemprotkannya pada kulit wajah yang sudah dibersihkan dan setelah menggunakan make-up

    Air mawar yang disemprotkan pada kulit wajah setelah wajah dibersihkan tentu akan mengunci kelembapan ekstra dan membantu penyerapan produk skincare yang digunakan. Jika kulit wajahmu menjadi lembap dan kenyal karena ternutrisi dengan baik, maka tampilan make-up pun akan tampil lebih bagus. Selain itu, kamu juga bisa mengunakan  air mawar sebagai face mist setelah mengaplikasikan make-up. 


    (Baca Juga: Intip 7 Masker Wajah Untuk Memutihkan)


    5. Mengatasi Mata Lelah 

    Air mawar juga dapat mengatasi sejumlah keluhan pada mata, salah satunya adalah mata lelah. Biasanya, mata lelah dapat terjadi karena beberapa faktor, misalnya jadwal tidur yang kurang hingga terlalu lama menatap layar gadget atau komputer. Dengan begitu tampilan matamu akan membentuk kantong mata dan membuatmu menjadi kurang percaya diri. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengompres mata menggunakan kapas yang telah dibasahi air mawar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

    Agar hasilnya maksimal, kamu perlu mengompres mata dengan air mawar secara rutin. Kamu bisa menemukan air mawar di toko kecantikan atau pun membelinya di e-commerce.


    Itulah beberapa manfaat air mawar untuk wajah yang perlu kamu tahu. Namun, jika air mawar menimbulkan reaksi alergi terhadap wajahmu segera lakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Manfaat Air Mawar Untuk Wajah

Manfaat Air Mawar Untuk Wajah

oleh Her World Indonesia

Khasiat Air Mawar Untuk Kulit Wajah

Khasiat Air Mawar Untuk Kulit Wajah

oleh Kiki Riama Priskila

Manfaat Bunga Mawar Untuk Wajah

Manfaat Bunga Mawar Untuk Wajah

oleh Her World Indonesia

Advertisement - Continue Reading Below