Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Ampuh


  • Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Ampuh
    (Cara menghilangkan bau badan. Foto: Dok.stock_colors/iStock)

    Tak sedikit orang yang merasa tidak percaya diri karena bau badan. Pasalnya, munculnya bau yang tak sedap di area tubuh disebabkan karena bakteri yang bertumbuh di permukaan kulit dan ketiak. Bakteri tersebut akan mengolah keringat menjadi zat asam, sehingga muncul bau yang kurang sedap.


    Bagi kamu yang mengalami hal ini tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh berikut ini.



    1. Mandi Dengan Bersih

    cara menghilangkan bau badan

    (Mandi dengan bersih sebagai cara menghilangkan bau badan. Foto: Dok.CentralITAlliance/iStock)


    Cara yang paling pertama dan mudah dilakukan adalah dengan mandi secara teratur minimal sekali dalam sehari. Dengan cara ini maka kulitmu akan terbebas dari segala bakteri, debu, kuman yang menempel dan menimbulkan bau badan.


    Saat mandi kamu juga perlu untuk membersihkan area tubuh yang mudah berkeringat, seperti ketiak, leher, dan area lipatan lainnya hingga bersih. Pakailah sabun dengan kandungan antiseptik agar bakteri bisa diatasi dan tidak menimbulkan bau badan. 

    2. Keringkan Badan Dengan Benar


    Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan memastikan kamu untuk selalu mengeringkan daerah penghasil keringat, seperti ketiak dan area selangkangan. Jika bagian tersebut kering dan bersih, bakteri penyebab bau badan akan lebih susah berkembang biak.


    Gunakanlah handuk yang bersih dan kering agar daerah penghasil keringat tadi tidak lembap dan menimbulkan bau tak sedap.


    (Baca Juga: Intip 7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Yang Bisa Kamu Coba)


    3. Mengganti Baju

    cara menghilangkan bau badan

    (Ganti baju bersih setelah berkeringat. Foto: Dok.Phiromya Intawongpan/iStock)

    Jika kamu sering berkeringat, pastikan setidaknya membawa baju ganti ketika bepergian. Dengan baju yang bersih tentu dapat membantu meminimalkan efek buruk dari reaksi antara keringat dan bakteri.

    Agar mencegah bau badan muncul tiba-tiba, segeralah ganti bajumu dengan baju bersih, terutama saat tubuhmu mulai berkeringat. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan pakaian, dengan mencucinya secara rutin, terutama sehabis pakaian tersebut digunakan.

    4. Gunakan Deodoran atau Antiprespiran

    cara menghilangkan bau badan

    (Gunakan deodoran atau antiperspiran untuk mencegah bau badan. Foto: Dok.seb_ra/iStock)


    Cara yang juga tak kalah penting untuk menghilangkan bau badan adalah selalu menggunakan deodoran atau antiperspiran. Pada dasarnya deodoran memang tidak dapat mencegah keringat keluar, namun karena wanginya yang sedap tentu akan menghalangi bau badan yang muncul. Sementara itu, antiperspiran bisa mengurangi keringat yang keluar dari tubuh dengan menyumbatnya. Produk ini biasanya disarankan untuk kamu yang mudah berkeringat. 


    5. Perhatikan Asupan Makanan


    Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau badan adalah dengan mengontrol makanan. Pasalnya, beberapa makanan dapat menyebabkan bau badan dan keringat berlebih, misalnya makanan pedas, kopi, alkohol, dan bawang putih.


    Selain itu, jika kamu vegetarian coba hindari beberapa jenis sayuran, seperti brokoli karena dapat menimbulkan aroma tidak sedap. Hal ini terjadi karena komponen sulfur pada sayuran tersebut diproses oleh tubuh dan dikeluarkan melalui napas, urine, dan keringat. 


    (Baca Juga: Ini 4 Penyebab Bau Badan Yang Perlu Kamu Tahu)

    6. Mencukur Bulu Ketiak 

    cara menghilangkan bau badan

    (Mencukur bulu ketiak secara rutin sebagai cara menghilangkan bau badan. Foto: Dok.Ace_Jones/iStock)


    Kamu bisa mencukur bulu ketiak secara rutin untuk menghilangkan bau badan. Hal ini karena kulit yang dicukur lebih mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan kulit yang berambut. 


    Gunakanlah cukuran yang aman dan tidak menyebabkan iritasi. Cukurlah bulu ketiakmu setidaknya dua minggu sekali agar bulu yang lebat tidak menyebabkan bau tak sedap. 


    7. Minum Air Putih


    Tahukah kamu ternyata dengan minum air putih dapat membantu menghilangkan bau badan. Hal ini karena air mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, sekaligus juga bakteri penyebab bau badan. Tubuh yang terpenuhi dengan cairan akan mencegah produksi keringat yang berlebih. Minum air putih secara rutin minimal dua liter sehari agar kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi dan menghilangkan bau badan. 


    Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan bisa kamu coba. Dengan melakukan berbagai cara diatas maka kamu akan terhindar dari aroma tubuh yang tak sedap serta semakin percaya diri dan nyaman saat beraktivitas. Semoga bermanfaat, ya!

    (Penulis: Tiara Kandida E)  




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below