Intip 7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Yang Bisa Kamu Coba


  • Intip 7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Yang Bisa Kamu Coba
    (Cara menghilangkan bau ketiak. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)

    Ketiak merupakan bagian tubuh yang sering menjadi tempat munculnya keringat berbau atau bau badan. Keringat berbau berasal dari kelenjar apokrin yang biasanya ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Saat suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat.


    Munculnya bau menyengat dari ketiak dapat memengaruhi kepercayaan diri. Namun, tidak perlu khawatir jika masalah bau ketiak sering kali kamu hadapi. Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengurangi bau tidak sedap dari ketiak, seperti berikut ini.



    1. Menjaga Kebersihan Tubuh 

    cara menghilangkan bau ketiak

    (Rajin mandi dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak. Foto: Dok.YakobchukOlena/iStock)


    Kurang menjaga kebersihan tubuh dapat menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk pada kulit. Akibatnya, kulit jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama pada ketiak.


    Untuk mencegahnya, kamu bisa menjaga kebersihan diri dengan mandi setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Saat mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area ketiak dibersihkan dengan benar.  Setelah mandi, kamu bisa keringkan tubuh agar mencegah kulit lembap dan bakteri berkembang biak dengan cepat.


    2. Perhatikan Kebersihan Pakaian 


    Mencegah dan mengurangi bau ketiak tidak hanya dari kebersihan tubuh saja. Kebersihan dan pilihan bahan pakaian yang dipakai juga perlu diperhatikan. Kamu bisa mencuci baju hingga bersih, menambahkan pewangi, serta menjemurnya di bawah sinar matahari agar mematikan bakteri yang ada pada pakaian. Selain itu, tempat menyimpan baju juga harus bersih dan kering.


    Jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat, maka pilih bahan pakaian yang harus terbuat dari serat alami seperti katun. Bahan katun memungkinkan kulit bernapas dan dapat menyerap keringat lebih baik dibanding wol atau poliester. Hindari menggunakan pakaian yang masih basah karena bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak)


    3. Memakai Deodoran atau Antiperspiran 

    cara menghilangkan bau ketiak

    (Deodoran dapat menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Foto: Dok.Vasyl Dolmatov/iStock)

    Cara paling ampuh untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan menggunakan deodoran. Pasalnya, deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak. Deodoran juga menyebabkan kulit ketiak jadi lebih asam yang bisa mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri.


    Namun tidak hanya deodoran yang ampuh untuk menghilangkan bau ketiak, kamu juga bisa mencoba antiperspiran. Produk ini mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex yang bekerja dengan cara memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.


    Jika kamu menggunakan antiperspiran, maka jumlah keringat pada ketiak menjadi lebih sedikit dan bau ketiak juga jadi berkurang.

    4. Menjaga Pola Makan 


    Makanan yang kamu makan bisa memengaruhi bau badan. Disarankan untuk mengurangi atau membatasi makanan yang pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini dapat membuat keringat menjadi lebih bau. Selain itu, mengonsumsi alkohol juga dapat memengaruhi bau keringat.


    Menghindari makanan di atas tersebut bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi bau ketiak.

    5. Menghindari Obat Tertentu 

    cara menghilangkan bau ketiak

    (Beberapa obat dapat menyebabkan munculnya bau ketiak. Foto: Dok.Savushkin/iStock)


    Penggunaan obat tertentu bisa menjadi penyebab munculnya bau ketiak, seperti beberapa obat hipertensi atau antidepresan di mana jumlah keringat yang keluar bisa lebih banyak dari biasanya atau berlebihan.


    Jadi, jika kamu merasa tengah mengonsumsi obat tersebut sehingga keringat yang keluar semakin banyak dan ketiak lebih bau, maka mintalah dokter untuk memberikan obat yang lain. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter tersebut apabila obat yang diberikan menyebabkan keringat yang keluar semakin banyak dan menimbulkan bau tak sedap. 


    6. Rutin Mencukur Bulu Ketiak 


    Mencukur bulu ketiak juga dapat menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang cukup ampuh. Sebab, hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang menyatakan bahwa mencukur bulu ketiak dapat mengurangi bau tak sedap. Karena bulu ketiak yang lebat dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Apalagi jika terkena keringat, yang menyebabkan ketiak basah. Bakteri penyebab bau ketiak pun menjadi semakin banyak. 


    (Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Produk Untuk Memutihkan Ketiak)


    7. Menggunakan Bahan Alami 

    cara menghilangkan bau ketiak

    (Bahan alami seperti coconut oil mampu mengatasi bau tak sedap pada ketiak. Foto: Dok.katerinasergeevna/iStock)


    Kemudian, kamu juga bisa memakai bahan alami untuk mengurangi bau ketiak. Caranya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah untuk mengurangi bau tak sedap dari ketiak, seperti virgin coconut oil. Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa ini dapat mencegah perkembangan bakteri pada ketiak, sehingga bau tidak sedap juga dapat dikurangi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan tawas yang berfungsi sebagai deodoran alami.



    Itulah berbagai cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut telah dilakukan tetapi bau ketiak masih mengganggu, konsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang efektif. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below