Sering Dipadukan, Ini Manfaat Lemon Dan Madu


  • Sering Dipadukan, Ini Manfaat Lemon Dan Madu
    Lemon dan madu bisa dicampur dengan air hangat atau teh. (Foto: Dok. Los Muertos Crew/Pexels)

    Kita semua tahu bahwa kebanyakan buah baik untuk tubuh. Salah satu buah yang mempunyai banyak kebaikan adalah lemon. Buah kuning dengan rasa asam, sepat, dan sedikit manis ini mengandung banyak vitamin C. Penggunaannya pun tidak hanya untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga banyak divariasikan ke dalam minuman, bahkan makanan.


    Selain buah, madu juga punya banyak manfaat dan jadi makanan wajib banyak orang. Perpaduan keduanya ini membuat manfaat lemon dan madu sangat berguna. Simak apa saja di pembahasan ini.




    1. Membantu menurunkan berat badan

    manfaat lemon dan madu

    (Banyak wanita mencoba menurunkan berat badan dengan lemon dan madu. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Salah satu kebaikan campuran lemon dan madu adalah menurunkan berat badan. Caranya, kita bisa mencampur dua bahan ini dengan air putih dan menjadikannya minuman. Dengan meningkatkan kadar air untuk tubuh itu bisa pula meningkatkan metabolisme dan membuat kita merasa lebih kenyang. Bahkan, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa orang yang tidak terhidrasi dengan baik cenderung mengalami kegemukan.

    Menghidrasi tubuh dengan air lemon madu bisa membantu kita untuk menjaga berat badan. Meminum air ini juga bisa membuat kenyang sebelum menyantap makanan, yang nantinya mengurangi pemasukan jumlah kalori. Jadi, kita bisa mengganti minuman manis yang biasa kita minum dengan air lemon madu ini, sekaligus mengurangi pemasukan gula dan kalori.


    2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

    Masih dengan air lemon madu, manfaat lainnya adalah untuk kesehatan pencernaan. Kunci kesehatan pencernaan adalah tubuh yang terhidrasi dengan baik. Jika tidak, yang paling umum adalah bisa mengalami sembelit. Meminum air lemon madu dapat membantu meringankan sembelit. Ini juga sangat membantu bagi anak-anak, yang notabenenya sering mengalami sembelit.

    Efek menguntungkan madu juga berguna untuk bakteri usus yang membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan seimbang. Selain menghidrasi, air lemon madu ini juga bisa mencegah dehidrasi. Membersihkan racun atau detoksifikasi tubuh juga merupakan salah satu manfaatnya. Gunakanlah air hangat untuk mencampur lemon dan madu.


    (Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan)


    3. Mengobati batuk

    manfaat lemon dan madu

    (Lemon dan madu sebagai obat alami untuk batuk. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Saat kita sedang mengalami batuk, sakit tenggorokan, atau beberapa kondisi pernafasan lainnya, kita bisa menggunakan campuran lemon madu untuk mengobatinya. Campuran kedua bahan ini bisa menenangkan saluran pernafasan dan mencegah iritasi, yang dapat mengurangi keinginan untuk batuk. Selain itu, lemon dan madu bisa juga mengurangi infeksi bakteri dan virus pada sistem pernafasan.

    Kita bisa mencampurkan lemon dan madu dengan teh, agar bisa diminum dengan mudah. Kita bisa meminumnya sampai dua kali dalam sehari. Ini merupakan obat alami yang bisa digunakan. Batuk akan terobati setelah sistem imun kita sendiri melawan virus. Baiknya, perpaduan lemon dan madu juga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


    4. Mengobati jerawat

    Untuk para perempuan, khasiat lemon dan madu yang satu ini sepertinya sudah tidak awam lagi. Baik lemon maupun madu adalah sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain antioksidan, sifat antibakteri dan kandungan vitamin C-nya juga bisa memperbaiki penampilan jerawat dan mencegah infeksi kulit lainnya.

    Selain bisa diminum, campuran ini juga bisa diaplikasikan ke wajah kita. Lemon sendiri memang biasa digunakan untuk noda ataupun luka di kulit, tapi melengkapinya dengan madu juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk kulit ataupun minuman. Kita bisa menambahkan dua sendok teh madu ke perasan air lemon. Setelah 20 menit, jangan lupa membilasnya dengan air hangat.


    (Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Madu Untuk Wajah)


    Bisa dibilangi itulah fungsi utama perpaduan lemon dan madu untuk tubuh kita. Lemon dan madu sendiri tanpa digabungkan sudah banyak memiliki manfaat. Tentu mengonsumsi kedua bahan ini secara rutin juga bisa mencegah terjadinya hal di atas, seperti batuk. Jika bisa menggunakan bahan alami untuk pengobatan layaknya kedua bahan ini, gunakalah bahan alami. Dengan rasa lemon yang cenderung asam dan madu sebagai pemanis juga akan menciptakan rasa yang seimbang.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below