Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Madu Untuk Wajah


  • Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Madu Untuk Wajah
    Madu memiliki banyak manfaat untuk wajah. (Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)

    Pemanis alami yang kerap melengkapi cita rasa teh hangat di sore hari atau menyempurnakan santapan pagimu yang ditemani dengan granola dan yoghurt, madu telah menjadi salah satu bahan andalan banyak orang untuk menjalani gaya hidup sehat. Cairan kental nan manis yang dibuat oleh lebah madu ini telah lama dikenal akan khasiatnya bagi kesehatan.


    Rupanya, khasiat madu bisa dirasakan oleh tubuh secara menyeluruh, luar dan dalam. Tak hanya dikonsumsi, kamu bisa merasakan manfaat madu yang bersentuhan dengan wajahmu. Mulai dari mencerahkan hingga menghaluskan, kenali beberapa manfaat madu yang baik untuk wajahmu. Kira-kira apa saja?




    (Baca Juga: 6 Manfaat Kopi Untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah)


    1. Menjaga kelembapan kulit wajah


    Madu menyimpan kandungan enzim yang dengan mudah terserap pori-pori kulit. Meski teksturnya kental, madu merupakan pelembap alami yang mampu mengikat kadar air pada wajah sehingga mengaplikasikan madu pada wajah sudah memastikan kelembapan tetap terjaga.


    Kamu cukup mengaplikasikan madu alami pada wajahmu. Pastikan wajah dalam keadaan bersih dan kering. Diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum kamu bilas. Selain lembap, wajahmu juga akan terasa lebih halus dan lembut.

    manfaat madu untuk wajah

    (Madu bisa langsung diaplikasikan ke wajah. Foto: Dok. Bokan76/iStock)


    2. Mengobati luka


    Manusia telah memanfaatkan madu sebagai penawar luka sejak tahun 2000 SM. Mengobati luka dalam bentuk apapun, madu adalah bahan alami yang dapat diandalkan. Sebab, selain melembapkan, madu menyimpan kandungan antiseptik alami. Jika kamu mencari bahan alami untuk obati luka maupun menghilangkan bekasnya, kamu cukup mengoleskan raw atau manuka honey pada area luka.


    Kamu juga bisa campurkan satu sendok madu alami dengan minyak kelapa atau zaitun. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada area luka dan gunakan ujung jari untuk mengoleskannya secara melingkar. Lalu, letakan handuk kecil hangat di kulitmu dan diamkan selama beberapa saat. Lakukan ini setiap hari.


    3. Redakan kulit yang terpapar sinar matahari


    Manfaat madu untuk wajah juga terasa saat sinar matahari tak lagi bersama dengan kulit wajahmu. Sama seperti luka, madu memiliki kandungan alami untuk meredakan peradangan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). Tak hanya redakan peradangan, madu juga memberikan nutrisi bagi jaringan kulit yang rusak sehingga proses penyembuhannya cepat.


    Kamu cukup mencampur madu dan gel lidah buaya dengan perbandingan 1:2. Setelah tercampur, aplikasikan langsung pada area kulit yang terbakar sinar matahari.


    (Baca Juga: Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!)


    4. Mengatasi jerawat


    Buat kamu yang memiliki masalah jerawat dan tak henti mencari obat terbaik untuk menghilangkan jerawat, cepat-cepat pergi ke supermarket. Kandungan antibakteri dalam madu bisa mengangkat minyak berlebih sekaligus membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, salah satu penyembab timbulnya jerawat.


    Kamu juga bisa menggunakan madu sebagai acne spot treatment, cukup mengoleskan madu pada jerawat dan diamkan sekitar 15 hingga 20 menit sebelum dibilas. Jerawatmu akan sembuh lebih cepat.


    5. Menjaga wajah tetap awet muda


    Memasuki usia 20 tahun ke atas, memastikan wajah tetap awet muda mulai tebersit dalam pikiran. Jika kamu belum berani mencoba produk dengan kandungan aktif, madu bisa jadi langkah awalmu untuk menjaga tampilan wajah tetap awet muda. Antioksidan yang ada di dalam madu mampu membantu kontrol kerutan dan garis-garis halus pada wajah.


    Lalu, wajahmu juga akan terjaga kekenyalannya karena madu membangun kembali kelembapan wajah yang berangsur hilang tanpa membuat wajah terasa berminyak. Kamu cukup campurkan madu dengan susu atau curd, aduk hingga menjadi pasta, lalu diaplikasikan ke wajah, diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.


    manfaat madu untuk wajah

    (Madu bisa dicampurkan dengan air lemon, lidah buaya, dan sari buah tomat. Foto: Dok. Katarzyna Bialasiewicz/iStock)


    6. Mencerahkan kulit wajah


    Tekstur madu memang kental dan tak ada granula di dalamnya. Namun, proses eksfoliasi juga bisa bekerja maksimal menggunakan madu sebagai bahannya. Dalam cairan madu tersimpan khasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, noda hitam, hingga membuat wajah tampak cerah dan berkilau.


    Ada beberapa campuran yang bisa kamu coba. Mungkin mencampurkan air tomat dengan satu sendok teh madu, pijatkan pada wajah selama lima menit, diamkan selama 15 menit, dan bilas. Bisa juga, mengoleskan sisi buah lemon yang terpotong dan dioleskan madu pada seluruh wajah, diamkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air hangat.


    (Baca Juga: Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan)


    Inilah beberapa manfaat madu yang baik untuk wajah. Siapa sangka kamu bisa mengatasi berbagai masalah wajah dengan bahan yang sangat mudah ditemui? Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below