Wow! Ini Makanan Khas Sumatera Barat Yang Terkenal Di Dunia


  • Wow! Ini Makanan Khas Sumatera Barat Yang Terkenal Di Dunia
    (Makanan khas Sumatera Barat yang terkenal di dunia. Foto: Dok.Ika Rahma/iStock)

    Sumatera Barat menjadi sebuah Provinsi di Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya kaya akan destinasi wisata, Sumatera Barat juga sangat kaya akan budaya dan kuliner.


    Kuliner khas Sumatera Barat memang sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan di dunia, hal ini terlihat dengan banyaknya restoran Padang yang bisa kamu temui hampir di seluruh negara. Berikut ini Her World Indonesia berikan beberapa makanan khas Sumatera Barat yang terkenal di dunia. 




    1. Rendang 

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Rendang menjadi makanan khas Sumatera Barat yang mendunia. Foto: Dok.Ika Rahma/iStock)

    Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Kuliner khas Sumatera Barat yang dibuat dari olahan daging sapi dan aneka rempah ini pernah menduduki peringkat pertama dalam daftar 50 hidangan paling lezat di dunia versi CNN International, lho

    Meski saat ini rendang sangat mudah dijumpai di berbagai daerah, penghasil rendang yang sangat legendaris dan terkenal kualitasnya tetap ada di Minangkabau, yakni di daerah Payakumbuh. 


    2. Sate Padang 

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Sate padang disajikan dengan bumbu kuah kacang kental yang memiliki rasa pedas. Foto: Dok.JokoHarismoyo /iStock)

    Kuliner olahan daging ini merupakan salah satu makanan populer khas Sumatera Barat dan banyak ditemukan di daerah-daerah lainnya. Makanan ini dibuat dari bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental yang ditambah dengan cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. 

    Sate Padang memiliki beberapa jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Sate Padang Panjang dibedakan karena kuah satenya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa dari kedua jenis sate ini pun berbeda. Sedangkan untuk sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas. 


    (Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara)


    3. Dendeng Balado 

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Dendeng balado dilumuri dengan bumbu balado berempah yang bercita rasa kuat khas Sumatera Barat. Foto: Dok.MielPhotos2008/iStock)

    Makanan khas Sumatera Barat sepertinya memang didominasi oleh olahan daging sapi. Selain rendang dan sate padang, kuliner lainnya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibuat dalam bentuk irisan tipis, lalu digoreng, dan dilumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah dan bercita rasa kuat.

    Dendeng balado mudah dijumpai di restoran padang di beberapa negara atau tempat makan yang menjual dendeng balado dengan rasa otentik.  


    4. Ayam Pop 

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Ayam berwarna putih ini menjadi makanan khas Sumatera Barat yang gurih. Foto: Dok.ALLEKO/iStock)

    Olahan makanan khas Sumatera Barat yang tidak menggunakan daging sapi adalah ayam pop. Makanan ini menjadi unik sebab meskipun sudah digoreng maka daging ayam tetap berwarna putih dan sudah matang. Hal ini karena sebelum digoreng, ayam tersebut sudah diolah dan diberi bumbu. Ayam itu direbus dengan air kelapa serta diberi bumbu bawang putih agar lebih wangi dan memiliki rasa gurih. Sangat unik, bukan? 

    Makanan ini juga sudah mendunia karena banyak orang yang menyukainya dan bercita rasa Indonesia terutama Sumatera Barat yang kaya akan rempah. 


    (Baca Juga: Makanan Khas Jawa Yang Cocok Dipadukan Dengan Lontong)


    5. Ikan Asam Padeh

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Ikan asam padeh memberikan sensasi segar yang mampu menggoyang lidah. Foto: @bangreiichannel/Instagram)

    Nah, bukan hanya makanan kering saja, Sumatera Barat juga mempunyai makanan berkuah dengan cita rasa enak yakni ikan asam padeh. Menu yang satu ini biasa juga dikenal dengan nama ikan asam pedas dalam Bahasa Indonesia. Masakan dengan rasa asam dan pedas ini akan memberikan sensasi segar dan pedas yang dapat menggoyang lidah. 

    Bahan untuk mengolah makanan ini bisa menggunakan berbagai jenis ikan, seperti ikan tongkol, kakap, cumi, gurame, hingga ikan kembung. Biasanya ikan asam padeh ini dinikmati dengan nasi yang hangat. 


    6. Martabak Kubang 

    Makanan khas Sumatera Barat

    (Makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai camilan. Foto: Dok.Zebri Winanda puta/iStock)

    Martabak Kubang atau martabak mesir adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu (utamanya rendang daging sapi yang sudah dicincang), dan daun bawang serta disajikan bersama kuah cuka dan berasal dari Kubang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

    Masyarakat di luar Sumatra Barat, lebih sering menyebutnya sebagai Martabak Kubang. Makanan khas Sumatera Barat ini terlihat serupa dengan martabak telur, namun berbeda dari bahan-bahan yang digunakan maupun penyajiannya. Makanan ini juga merupakan perpaduan antara cita rasa Timur Tengah - India dengan citarasa lokal Minang.


    Wah, ternyata banyak sekali makanan khas Sumatera Barat yang terkenal di dunia dan memiliki cita rasa autentik Indonesia yang kaya akan rempah. Tidak hanya gurih, dijamin makanan tersebut akan membuat perut kenyang. Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga dan bersyukur atas segala ciri khas yang bisa dinikmati oleh seluruh orang di dunia, ya


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below