Makanan Khas Jawa Yang Cocok Dipadukan Dengan Lontong


  • Makanan Khas Jawa Yang Cocok Dipadukan Dengan Lontong
    Makanan Khas Jawa yang Cocok dipadukan dengan Lontong (Foto: Dok.Pisang Susu/Pinterest)

    Dilansir dari CNN Indonesia, disebutkan bahwa lontong adalah panganan yang dibuat dari beras yang setengah matang dan kemudian dibungkus dengan daun pisang agar lebih wangi hasilnya nanti saat dikukus. Lontong tak hanya bisa dimakan langsung namun juga sering digunakan sebagai pelengkap lauk yang lain. Makanan khas Jawa yang cocok dipadukan dengan lontong adalah sebagai berikut.




    (Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara)


    1. Ketoprak

    (Makanan Khas Jawa yang Cocok dipadukan dengan Lontong. Foto: Dok.PiknikDong/Pinterest)

    Makanan yang berasal dari Jawa ini merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Makanan dengan bahan bihun, lontong, sayur tauge, bumbu kacang, timun, bawang putih, cabai dan kecap manis membentuk suatu perpaduan yang sangat kaya akan rasa di dalam mulut penikmatnya, dan akan lebih nikmat lagi jika ada kerupuk sebagai tambahannya.


    2. Lontong Sayur


    (Makanan Khas Jawa yang Cocok dipadukan dengan Lontong. Foto: Dok.momylicious.com/Pinterest)

    Lontong sayur adalah makanan yang berasal dari perpaduan budaya Tionghoa dan Betawi, maka dari itu pada budaya Tionghoa juga ada yang disebut Lontong Cap Go Meh. Meskipun namanya yang berbeda, namun memiliki resep inti yang sama, yaitu dengan bahan seperti papaya, umbi-umbian, santan, kencur, cabai, daun jeruk, daun salam dan juga tak akan lengkap dengan lontong sebagai pendamping utama dari sayur lodeh yang sudah dibuat.


    3. Sate

    (Makanan Khas Jawa yang Cocok dipadukan dengan Lontong. Foto: Dok.LANGSUNGENAK/Pinterest)

    Meskipun sate terdapat dimana-mana bahkan sampai ke luar negeri, tetapi sate sesungguhnya berasal dari Jawa, di mana dulunya dijual oleh pedagang kaki lima. Semakin lama, makanan ini menjadi semakin berkembang dengan kreasi dari orang-orang diberbagai daerah, maka dari itu muncul banyak sekali jenis sate yang berbeda di setiap tempat.

    Seperti sate madura, sate magelang, sate padang dan lain sebagainya. Sate juga merupakan makanan yang sangat cocok dengan lontong. Sate yang dilumuri dengan bumbu kacang membutuhkan lontong sebagai pelengkap yang bisa mencampurkan bumbu yang kaya pada sate agar kepekatan bumbu kacang bisa sedikit ternetralisir dengan adanya lontong.


    (Baca Juga: Resep Lontong Cap Go Meh Spesial)   


    4. Kupat Glabed

    (Makanan Khas Jawa yang Cocok dipadukan dengan Lontong. Foto: Dok.LYAN DIAMOND/Cookpad)

    Kupat glabed, makanan yang berasal dari Tegal ini memiliki isian daging blengong yang merupakan daging hasil kawin antara bebek dan mentok sehingga hasilnya lebih tebal. Perbedaan bumbu yang digunakan antara kupat blengong dan kupat glabed adalah adanya rempah yang lebih kaya (kemiri, serai, laos, dan terasi) dari kupat glabed dibanding kupat blengong yang lebih praktis.

    Kupat glabed memiliki tekstur yang lebih kental karena diberi tepung beras sebagai pengental kuahnya. Untuk melengkapi makanan khas Jawa ini akan sangat cocok jika dipadukan dengan lontong sebagai pelengkapnya.


    Itulah menu-menu makanan khas Jawa yang cocok untuk dipadukan dengan lontong, kamu sudah coba belum?


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below