Intip 6 Cara Mengatasi Kulit Belang


  • Intip 6 Cara Mengatasi Kulit Belang
    (Cara mengatasi kulit belang. Foto: Dok.gradyreese/iStock)

    Jika kamu beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung maka seringkali membuat kulit jadi belang.  Padahal sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang bisa memberikan dampak negatif pada kulit kamu seperti sunburn, kulit kering, dan masih banyak lagi. 


    Untuk pencegahan, pastikan kamu mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tapi, jika kulitmu terlanjur terdampak, tak perlu khawatir. Simak cara mengatasi kulit belang berikut.




    1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya 

    cara mengatasi kulit belang

    (Gel lidah buaya mampu mengatasi kulit belang. Foto: Dok.iprogressman/iStock)

    Hiperpigmentasi atau kulit yang belang dapat diakibatkan karena paparan sinar matahari. Ketika kulit terbakar sinar matahari, kamu tak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan gel lidah buaya.

    Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit serta tentu saja mencegah timbulnya kulit belang di kemudian hari. Ketika akan menggunakan gel lidah buaya, kamu bisa menggunakannya sebelum memakai sunscreen. Gel ini dapat diaplikasikan ke kulit tiap dua jam sekali agar mendapatkan hasil maksimal.


    2. Menggunakan Lulur Bahan Alami 

    Cara mengatasi kulit belang lainnya adalah dengan menggunakan lulur alami. Contohnya, kamu bisa menggunakan lulur yang berasal dari parutan bengkoang untuk membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Selain itu, lulur dari kunyit pun bisa digunakan meskipun awalnya akan membuat kulitmu menjadi kuning tetapi lama kelaman akan menjadi lebih cerah.

    Pilihan lulur lainnya yaitu, lulur madu dan pepaya yang juga sangat baik karena terdapat kandungan antiinflamasi, antibakteri, dan enzim bromielin guna mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, kamu tidak disarankan untuk menggunakan lulur alami yang bersifat asam seperti lemon atau jeruk nipis karena bisa menyebabkan iritasi.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunblock Wajah Dan Badan Yang Bisa Kamu Coba)


    3. Mengaplikasikan Body Lotion 

    cara mengatasi kulit belang

    (Gunakan body lotion sebelum keluar rumah untuk mengatasi kulit belang. Foto: Dok.narith_2527/iStock)

    Tak hanya melakukan luluran secara rutin, saat pergi ke luar rumah kamu juga perlu mengaplikasikan body lotion. Pasalnya, body lotion akan melembapkan kulit sehingga kolagen dan elastin terus diproduksi secara terus menerus sehingga membuat kulit cepat berenegerasi.

    Namun lebih baik jika kamu menggunakan body lotion dengan kandungan AHA di malam hari dan lotion yang mencerahkan di pagi hari agar paparan dari sinar matahari tidak mudah membuat kulitmu belang. 


    4. Mengonsumsi Vitamin C 

    Selain memberikan proteksi dari sinar UV dan juga menutrisi kulit dari luar, kamu juga harus menutrisi dari dalam, seperti mengonsumsi vitamin C. Diketahui vitamin C bermanfaat untuk mengatasi kulit belang sekaligus mencerahkan kulit.

    Vitamin C sendiri mampu menunjang produksi kolagen pada kulit sehingga pertumbuhan sel-sel kulit baru menjadi lebih cepat dan tentunya kulit belang secara perlahan akan menghilang sehingga kamu tidak perlu melakukan suntik atau infus vitamin C. 


    5. Perbanyak Minum Air Putih

    Tidak hanya rutin mengonsumsi vitamin C saja, kamu juga perlu menyeimbanginya dengan minum air putih yang banyak karena peran air putih bagi kulit memang sangat penting.  Jika kamu kekurangan cairan, maka kulitmu menjadi semakin kering, kusam, dan belang di kulit semakin tampak jelas. Dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari, maka racun yang ada di dalam tubuh bisa dikeluarkan secepat mungkin melalui urine.

    Dengan dikeluarkannya racun dari dalam tubuh, maka organ tubuh bisa bekerja lebih maksimal. Selain itu, aliran darah juga jadi lebih lancar ke seluruh tubuh. Kulit akan melakukan tugasnya dan juga proses regenerasi menjadi lebih baik lagi. 


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Body Scrub Untuk Mencerahkan Kulit)


    6. Menggunakan Pakaian Tertutup 

    cara mengatasi kulit belang

    (Jangan memakai pakaian terbuka saat cuaca terik agar kulit tidak terbakar. Foto: Dok.Marina Morozova/iStock)

    Selain menggunakan berbagai cara di atas dan juga mengonsumsi banyak air, kamu juga perlu menghindari pakaian terbuka ketika cuaca terik agar kulit yang terbuka tidak memberikan warna yang berbeda terhadap kulit yang tertutup dengan pakain. Kamu juga sebaiknya disarankan untuk menggunakan pakaian tertutup seperti jaket atau lengan panjang, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan.  


    Itulah beberapa cara mengatasi kulit belang yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat, ya


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below