Rahasia Gadis Suarakan #KamuBerharga Bagi Seluruh Wanita


  • Rahasia Gadis Suarakan #KamuBerharga Bagi Seluruh Wanita
    Luna Maya dalam kampanye #KamuBerharga. (Foto: Dok. Rahasia Gadis)

    Tak setiap hari para wanita bisa menyuarakan aspirasi mereka. Tak setiap hari pula para wanita bisa merayakan peran dan perjuangan mereka dengan memberi dukungan secara vokal kepada sesamanya. Itulah alasan yang menjadikan tanggal 8 Maret terasa lebih istimewa, ketika semua orang memperingati Hari Perempuan Sedunia 2022.


    Peringatan ini menjadi momen bagi para wanita untuk mengingatkan diri sendiri bahwa mereka berharga apapun kondisi serta peran yang dijalani, sekaligus memberikan dukungan kepada sesama wanita dalam berbagai situasi. Komunitas wanita muda, Rahasia Gadis pun turut semarakkan Hari Perempuan Sedunia tahun ini melalui kampanye bertajuk #KamuBerharga.




    (Baca Juga: 8 Maret, Harinya Perempuan!)


    Sebuah kampanye yang diinisiasi oleh Rahasia Gadis sebagai bentuk dukungan bagi kaum hawa, khususnya mereka yang menjadi korban kekerasan dalam berbagai bentuk. Mulai dari yang diucapkan hingga perlakukan tak mengenakkan, baik yang terjadi di dunia nyata maupun media sosial, isu kekerasan terhadap wanita menjadi hal penting untuk terus dijadikan perhatian dan diatasi.


    Dengan data dari Komnas Perempuan yang menunjukkan kenaikan kasus kekerasan terhadap wanita sebesar 15% dan bertambah dua kali lebih banyak sejak tahun 2020, membuat isu ini harus terus dikumandangkan. Dua co-founder dari Rahasia Gadia, Adelle Odelia Tanuri dan Dhika Himawan pun melihat pentingnya terus menjadi pengingat sesama wanita bahwa mereka berharga.


    rahasia gadis, #kamuberharga

    (Nagita Slavina ikuti kampanye #KamuBerharga. Foto: Dok. Rahasia Gadis)


    “Kampanye #KamuBerharga sangat personal bagi aku. Tahun lalu aku banyak mengalami banyak hal yang membuat aku merasa sangat tidak berharga sampai jatuh dalam episode depresi yang cukup buruk. Salah satu [hal] yang sangat membantu aku adalah mengatakan dan percaya terhadap dua kata ini,” ungkap Dhika Himawan, mengingat pengalamannya yang kerap kurang percaya diri dengan hal-hal berharga dalam dirinya, mungkin sesuatu yang juga pernah atau sedang kamu rasakan.


    #KamuBerharga yang resmi diluncurkan pada 8 Maret 2022, bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia ini terinspirasi dari kisah-kisah para wanita muda di Confession Room, sebuah ruang aman dalam situs Ruang Gadis, untuk menceritakan berbagai cerita yang dialami mereka tetapi tak berani diungkapkan.


    Di ruang virtual itulah, Adelle dan Dhika menemukan setidaknya 15 ribu wanita yang mengalami pelecehan dan kekerasan, serta sebagian besar anggota di komunitas Rahasia Gadis tak merasa bahwa diri mereka berharga.


    rahasia gadis, #kamuberharga

    (Aurelie ingatkan bahwa #KamuBerharga. Foto: Dok. Rahasia Gadis)


    “Kampanye ini dimulai dari mendengarkan cerita gadis-gadis di Confession Room Rahasia Gadis. Sayangnya, kami melihat peningkatan drastis terkait cerita kekerasan dan toxic relationships yang menghancurkan self-worth dan kepercayaan diri para gadi. Menurut saya, kekerasan terhadap gadis dan dampaknya ke kesehatan mental adalah sesuatu hal yang jangan lagi menjadi tabu & harus dianggap serius,” ungkap Adelle Odelia Tanuri.


    Komunitas Rahasia Gadis berharap, melalui kampanye #KamuBerharga ini bisa menjadi pengingat bagi para wanita bahwa mereka berharga dan memiliki hak yang harus diperjuangkan, serta kekuatan untuk berani vokal atas hak tersebut. Kampanye ini pun turut melibatkan wanita-wanita ternama Tanah Air seperti Cinta Laura, Luna Maya, Najwa Shihab, Greysia Polii, dan Nagita Slavina.


    rahasia gadis, #kamuberharga

    (Pesan Cinta Laura bagi para wanita. Foto: Dok. Rahasia Gadis)


    Kampanye ini mengajak semua orang, khususnya para wanita untuk turut ramaikan hastag #KamuBerharga dengan mengunggah foto di media sosial, bersama dengan tulisan #KamuBerharga. Jika kamu mengunggahnya, fotomu akan menjadi salah satu yang terlibat dalam komitmen Rahasia Gadis untuk mendonasikan 10.000 rupiah ke Yayasan Kemanusiaan untuk Indonesia dalam program Pundi Perempuan.


    (Baca Juga: Nikmati 5 Lagu Untuk Rayakan Wanita Hebat Di Seluruh Dunia)


    Kampanye #KamuBerharga ini akan berlangsung sampai Hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang. Tak hanya aksi di media sosial, tetapi Rahasia Gadis juga akan mengadakan acara live streaming melalui Instagram dan YouTube untuk terus aja para wanita mengenali hak dan kekuatan sekaligus melawan kekerasan terhadap wanita di Indonesia.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below