Kini Saatnya Ketahui Cara Menghilangkan Komedo Hitam


  • Kini Saatnya Ketahui Cara Menghilangkan Komedo Hitam
    Komedo hitam biasa terdapat di hidung. (Foto: Dok. Aldarinho/iStock)

    Komedo hitam atau yang disebut dengan blackheads adalah salah satu dari dua komedo. Bedanya, komedo hitam adalah salah satu jenis jerawat. Komedo hitam jika kamu perhatikan, akan telihat seperti dark spots. Untuk kamu yang masih belum tahu, yang membuat komedo hitam adalah minyak atau sebum, sel kulit mati, dan juga kotoran. Ketiga bahan ini alami ada pada wajah kamu jika tidak dibersihkan.


    Meski umumnya komedo hitam ini banyak terdapat di hidung, komedo yang termasuk jerawat ringan ini juga bisa muncul di bagian wajah yang lain, leher, dada, punggung, bahkan lengan. Maka dari itu, menjaga keseluruhan kebersihan itu penting, bukan hanya wajah. Jangan sampai membiarkannya terinfeksi dan menjadi masalah yang berkelanjutan. Komedo terbilang tidak berbahaya, tapi simaklah cara menghilangkan komedo hitam di bawah ini.




    1. Menggunakan physical exfoliator


    Mencuci muka memang tidak berarti secara langsung komedo hitam menjadi hilang. Terkadang, diperlukan juga eksfoliasi wajah. Jika kamu melakukan perawatan tapi masih mempunyai komedo hitam ini, pengelupasan kulit ini bisa kamu tambahkan ke dalamnya. Pengelupasan fisik menggunakan scrub untuk emnghilangkan kotoran penyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.


    Physical exfoliator termasuk ke dalam perawatan dari luar. Kamu bisa lakukan ini satu sampai dua kali seminggu saja. Perhatikan untuk segera mengaplikasikan pelembap setelah menggunakan ini demi menghindari iritasi. Namun, tentunya perawatan apa pun memiliki potensi tidak cocok karena kulit berbeda. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin yakin keamanannya untuk kulitmu sendiri.


    2. Menggunakan chemical exfoliator

    cara menghilangkan komedo hitam

    (Menggunakan chemical exfoliator (cair) untuk menghilangkan komedo hitam. Foto: Dok. Aja Koska/iStock)


    Jika tadi menggunakan physical exfoliator, kamu juga mempunyai pilihan untuk menggunakan chemical exfoliator. Perbedaannya adalah chemical exfoliator adalah bahan cair yang mengandung kimia, sementara physical dengan scrub. Cara ini bisa dibilang lebih lembut, tapi bukan berarti lebih baik. Karena itu kembali ke preferensi dan kebutuhan kulit kamu.


    Chemical exfoliator efektif untuk memecah kulit mati yang sering kali tidak terangkat dan minyak yang menyumbat pori-pori. Bahan-bahan yang digunakan di dalamnya juga melarutkan sel-sel kulit mati. Sebelum membelinya, ada baiknya untuk perhatikan dulu bahan kandungannya. Pilihlah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu.


    3. Menggunakan facial brush


    Facial brush bisa memberikan manfaat eksofoliasi juga, yaitu sama-sama menghilangkan sel kulit mati yang berlebih hingga menimbulkan komedo hitam. Facial brush adalah alat yang bisa kamu gunakan bersamaan dengan sabun pembersih wajah, khususnya yang berjenis facial foam. Perhatikan juga untuk membasahi wajah dahulu, dan jangan saat wajah masih penuh dengan riasan.


    Alat ini juga bisa digunakan oleh jenis kulit apa pun, tapi kembali lagi kamu bisa juga konsultasikan dengan dokter. Gunakanlah alat ini untuk eksofoliasi sekitar tiga hari sekali. Setelah penggunaan, jangan lupa juga untuk membersihkan bulu facial brush yang lembut ini dan simpan di tempat yang bersih agar tetap terjaga juga.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Blackhead Di Hidung Dengan Bahan Rumahan)


    4. Rutin membersihkan wajah

    cara menghilangkan komedo hitam

    (Membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


    Cara ini memang bukanlah cara yang langsung menghilangkan komedo hitam itu sendiri, tapi ini adalah cara pencegahan dan keharusan. Membersihkan wajah haruslah kamu lakukan dua kali dalam sehari. Sebab wajah juga akan menghasilkan minyak dengan sendirinya, jadi perlu untuk dibersihkan.


    Meski membersihkannya dua kali adalah keharusan setiap harinya, terkadang kamu lupa membersihkannya sehabis berolahrga. Saat kita berkeringat lalu kita biarkan sampai kering, sesudahnya muka kamu pasti akan berminyak. Tentu ini harus pula dibersihkan, agar pori-pori tidak tersumbat. Jangan malas untuk membersihkan wajah, jika tidak ingin repot di kemudian hari.


    (Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Anda tahu Tentang Blackhead)


    Itulah empat cara menghilangkan komedo hitam. Jika rutin melakukan pembersihan, potensi pori-pori untuk tersumbat dengan hal eksternal rasanya menjadi kecil. Untuk itu langkah awal adalah untuk selalu melakukan pembersihan. Selain komedo hitam, tidak membersihkan wajah pasti juga akan menimbulkan ke masalah wajah yang lainnya.


    Tidak perlu perawatan yang serba mahal jika kamu tetap berperilaku malah terhadap kesehatan dan kebersihan wajah, karena akan sia-sia saja. Lakukan juga olahraga yang bisa tetap membuat wajah sehat dari dalam. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below