Ini 6 Penyebab Warna Cat Rambut Tidak Keluar


  • Ini 6 Penyebab Warna Cat Rambut Tidak Keluar
    (Penyebab warna cat rambut tidak keluar. Foto: Dok.gpointstudio/iStock)

    Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan saat pandemi ini adalah mewarnai rambut di rumah. Dengan mewarnai rambut sendiri, kamu bisa memilih dan mengkreasikan berbagai warna yang sesuai dengan selera kamu. Tapi terkadang ketika mengecat rambut sendiri di rumah, kamu menemukan warna cat rambut yang malah tidak keluar. Hal ini pasti akan membuat kamu badmood dan tidak tahu harus berbuat apa. Berikut ini beberapa penyebab warna cat rambut tidak keluar.

    1. Jangan Keramas Sebelum Cat Rambut

    penyebab warna cat rambut tidak keluar

    (Disarankan untuk keramas 2-3 hari sebelum cat rambut agar warna lebih keluar. Foto: Dok.southerlycourse/iStock)

    Pasti kamu berpikir kalau keramas sebelum mewarnai rambut bisa membuat warna cat rambut jadi lebih menempel karena kondisi rambut yang bersih. Tapi ternyata pernyataan ini tidak sepenuhnya benar karena partikel warna pada cat rambut justru akan lebih sulit menempel setelah keramas. Selain itu, untuk menghindari zat kimia langsung terkena kulit kepala, pastikan rambut dan kepala memiliki sedikit minyak alami. Maka dari itu, kamu disarankan keramas sebelum 2-3 hari ingin mewarnai rambut agar mendapat hasil yang maksimal dalam proses pewarnaan rambut. 

    2. Memilih Warna Cat Rambut yang Tidak Tepat 

    Jika kamu baru pertama kali mewarnai rambut, maka harus lebih teliti dalam memilh produk dan warna yang tepat. Hal ini karena warna yang ada di kemasan seringkali akan menghasilkan warna yang berbeda saat sudah diaplikasikan di rambut. Apalagi kalau kamu memiliki intensitas warna rambut hitam yang sangat pekat dan juga warna dasar rambut setiap orang yang juga berbeda akan membuat cat warna menjadi tidak keluar. Kalau bisa kamu memilih warna cat rambut yang lebih terang agar nantinya menghasilkan warna rambut yang lebih pop up



    (Baca Juga: 10 Merek Cat Rambut Yang Bagus Dan Tahan Lama, Praktis!)

    3. Kurang Tepat dalam Melakukan Bleaching 

    penyebab warna cat rambut tidak keluar

    (Lakukan proses bleaching dengan tepat agar warna rambut bisa keluar. Foto: Dok.SimonSkafar/iStock)

    Hal ini menjadi faktor penentu dalam melakukan proses pewarnaan pada rambut, sebab bleaching sendiri bermanfaat untuk menutupi warna asli rambut sebelum mengecatnya dengan warna lain. Pada umumnya, bleaching dilakukan pada rambut yang warna aslinya gelap, misalnya hitam atau cokelat tua. Karena pigmen warna rambut yang gelap akan menyulitkan proses pewarnaan yang menggunakan warna-warna terang. Kamu disarankan untuk memilih produk bleaching yang sesuai dan juga pastikan kamu tidak punya alergi terhadap kandungan bleaching tersebut. 

    4. Rambut Tidak dalam Keadaan Sehat 

    Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum mulai mewarnai rambut adalah memastikan rambutmu dalam keadaan yang sehat atau tidak memiliki masalah kering, bercabang, patah maupun rontok. Hal ini cukup penting, karena kalau nekat mewarnai rambut yang keadaannya rusak, zat kimia yang keras dari cat rambut justru malah memperparah kondis rambutmu sehingga membuatnya semakin rusak dan rontok. Usahakan untuk melakukan hair mask atau creambath seminggu sebelum cat rambut agar kondisi rambutmu sehat dan tidak menyebabkan kerusakan. 

    5. Warna Rambut Tidak Merata 

    Kalau di salon, kamu hanya tinggal duduk manis saat rambut sedang ‘dikerjakan’ oleh hairstylist. Namun saat kamu di rumah dan melakukan cat rambut sendiri maka tantangan tersebut harus kamu lakukan dengan benar. Ikuti instruksi yang ada pada produk dengan tepat agar warna rambutmu merata!

    (Baca Juga: Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching)

    6. Tidak Menggunakan Produk Khusus Untuk Rambut Diwarnai

    penyebab warna cat rambut tidak keluar

    (Gunakan sampo dan vitamin rambut khusus rambut berwarna agar warna lebih tahan lama. Foto: Dok.flubydust/iStock)

    Pasti kamu pernah mengalami warna rambut yang pudar setelah keramas. Hal ini terjadi karena kamu tidak menggunakan produk perawatan khusus untuk rambut yang berwarna. Disarankan untuk memilih sampo dan kondisioner khusus yang bisa membuat warna cat rambut tahan lama. Supaya terhindar dari rambut kering, patah dan bercabang kamu juga wajib memberikan vitamin rambut dengan rutin serta menggunakan hair mask minimal 2 minggu sekali. 

    Nah, itulah beberapa penyebab warna cat rambut tidak keluar. Jika kondisi ini masih terjadi kamu bisa datang ke salon untuk di repair. Semoga bermanfaat! 

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below