Ini 7 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan


  • Ini 7 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan
    (Cara mengatasi telat datang bulan. Foto: Dok.Ekaterina79/iStock)

    Datang bulan atau menstruasi merupakan sebuah kondisi perdarahan pada wanita yang terjadi di uterus kemudian mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina. Pada umumnya, datang bulan terjadi rutin setiap bulannya yakni dalam 21-35 hari sekali. Durasi perdarahan bisa terjadi antara dua hingga delapan hari. Namun waktu tersebut tidak bisa menjadi patokan, karena untuk beberapa kondisi seseorang seringkali mengalami datang bulan yang terlambat. 


    Maka dari itu, jika kamu mengalami siklus menstruasi yang datang terlambat berikut ini ada beberapa cara mengatasi telat datang bulan. 




    1. Mengonsumsi Vitamin C 

    cara mengatasi telat datang bulan
    (Konsumsi Vitamin C secara teratur untuk mengatasi telat datang bulan. Foto: Dok.PhotoMIX Company/Pexels) 

    Cara mengatasi telat datang bulan yang pertama adalah dengan mengonsumsi Vitamin C secara teratur. Ini karena Vitamin C mampu membantu meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron pada seseorang, terutama wanita.

    Dengan begitu, rahim akan berkontraksi dan lapisan pada rahim pun meluruh. Untuk mendapatkan Vitamin C ini kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, buah beri, blackcurrant, brokoli, bayam, tomat, paprika merah dan hijau, atau suplemen vitamin C yang tidak berlebihan atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 


    2. Minum Teh Jahe 

    Cara mengatasi telat datang bulan yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh jahe. Meski hal ini belum dibuktikan dalam sebuah penelitian, namun jahe kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk mendorong terjadinya datang bulan atau menstruasi. Ini karena jahe dipercaya dapat menyebabkan kontraksi rahim.

    Jahe ini bisa kamu konsumsi dengan cara mengolahnya menjadi teh jahe agar menjadi lebih nikmat dibandingkan  mengonsumsi tanaman herbal ini secara langsung. Kamu juga bisa menambahkan kayu manis agar rasanya lebih lezat. 


    (Baca Juga: 5 Cara Melancarkan Haid Yang Penting Untuk Diketahui)


    3. Mengonsumsi Jamu Kunyit 

    cara mengatasi telat datang bulan

    (Kunyit menjadi obat herbal untuk mengatasi telat datang bulan. Foto: Dok.Luis Echeverri Urrea/iStock) 

    Obat herbal lainnya yang dipercaya untuk mengatasi telat datang bulan adalah kunyit. Rempah-rempah berwarna kuning yang satu ini memang sering dipakai oleh orang tua sejak zaman dahulu untuk melancarkan datang bulan. Kunyit memiliki kandungan curcumin yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kunyit juga diketahui mengandung zat aktif yang juga bisa mempengaruhi estrogen dan progesteron. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut lagi. 


    4. Melakukan Relaksasi 

    cara mengatasi telat datang bulan
    (Melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan untuk mengatasi telat datang bulan. Foto: Dok.Pavel Danilyuk/Pexels)

    Cara mengatasi telat datang bulan berikutnya adalah dengan menjauhi stres dan cemas berlebihan.

    Ketika kamu mengalami stres, maka tubuhmu akan menghasilkan hormon kortisol atau adrenalin yang dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron. Padahal, hormon estrogen dan hormon progesteron inilah yang berperan untuk membantu menjaga siklus datang bulan.

    Banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara relaksasi yang dirasa cocok untuk tubuh. Misalnya, kamu bisa melakukan meditasi, yoga, menonton televisi bersama orang tersayang, jalan-jalan ke alam terbuka untuk mengurangi beban kerja untuk sementara waktu, hingga mencoba kegiatan yang menyenangkan. 


    5. Menjaga Berat Badan 

    Kamu bisa menjaga berat badan tubuhmu agar tetap ideal karena jika berat badanmu kurang atau berlebihan (bahkan cenderung obesitas) dapat memengaruhi siklus datang bulan. Hal ini pun juga dapat meningkatkan risiko kamu terkena kista PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) atau kista yang menyebabkan telur-telur dalam sel telur sulit matang. 

    Oleh karena itu, kamu bisa menjaga berat badan agar tetap ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari supaya siklus datang bulan menjadi normal. 


    (Baca Juga: Selain Stres, Ini Faktor Yang Mengubah Siklus Menstruasi)


    6. Mandi Air Hangat 

    cara mengatasi telat datang bulan

    (Mandi air hangat juga bisa menjadi cara untuk mengatasi telat datang bulan. Foto: Dok.PRImageFactory/iStock)

    Tahukah kamu, ternyata mandi air hangat justru bisa membantu mengatasi telat datang bulan. Dengan mandi air hangat maka otot yang ada pada tubuhmu menjadi lebih tenang dan juga pikiran yang stres bisa teratasi. Hal ini juga bisa membuat siklus datang bulanmu menjadi lebih lancar.

    Selain itu, mengompres perut menggunakan air hangat juga membuat aliran darah ke area tersebut meningkat. Sehingga bisa mempercepat datang bulan.


    7. Mengonsumsi Obat Pelancar Datang Bulan 

    Ini merupakan cara praktis yang banyak digunakan wanita jika sudah tahu dalam kondisi telat datang bulan. Namun, kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan agar mendapatkan resep obat pelancar datang bulan yang tepat. 

    Kamu bisa mengonsumsi obat pelancar datang bulan tersebut secara rutin dan sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter agar datang bulan bisa lebih lancar. 


    Itulah beberapa cara mengatasi telat datang bulan yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat! 


    (Penulis: Tiara Kandida E) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below