5 Cara Melancarkan Haid Yang Penting Untuk Diketahui


  • 5 Cara Melancarkan Haid Yang Penting Untuk Diketahui
    5 Cara Melancarkan Haid Yang Penting Untuk Diketahui. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Setiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda, ada yang datang terlambat ada pula yang datangnya terlalu cepat. Umumnya memang periode haid ini datang sekitar 28-35 hari sekali, tapi ada juga yang sampai berbulan-bulan tidak datang. Jika siklusnya tidak teratur, itu berarti kamu harus mencari cara melancarkan haid yang sangat penting.

    Biasanya haid yang tidak teratur disebabkan oleh beberapa masalah, misalnya saja karena faktor stres dan lain-lainnya. Melancarkan haid bisa dengan berbagai macam cara, mulai dari pengobatan di dokter sampai menggunakan bahan-bahan alami.




    (Baca juga: Penyebab Nyeri Saat Haid di Hari Pertama & Cara Mengatasinya)


    Namun, sebelum benar-benar pergi ke dokter, ada baiknya jika kamu mencoba cara alami sendiri seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

    1. Harus Cukup Istirahat

    Cara melancarkan haid

    (Istirahat yang cukup. Foto: Dok. Ivan Oboleninov/Pexels)

    Penting dan menjadi yang utama adalah istirahat cukup. Sebab, seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa stres dan capek dapat membuat siklus haid jadi berantakan. Kalau tidak ada pekerjaan yang mendesak, ada baiknya jika kamu beristirahat alias tidur.

    Setidaknya tidur 7-8 jam setiap hari membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, kemudian juga menjaga kinerja hormon menstruasi semakin baik. Kamu harus menyamankan diri sebelum istirahat supaya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Seperti misalnya berhenti main gadget saat tiba waktu akan tidur.


    2. Mengonsumsi Obat Herbal

    Cara melancarkan haid

    (Mengonsumsi obat herbal. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)

    Ada banyak cara melancarkan haid secara tradisional yang bisa kamu coba, seperti misalnya dengan mengkonsumsi ramuan herbal layaknya jahe, kunyit, adas dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut dibutuhkan karena memang sangat baik bagi tubuh.

    Contohnya saja jahe dapat bermanfaat dalam meringankan pendarahan yang berlebihan. Kemudian adas juga mempunyai manfaat sebagai analgesik yang mana dapat melancarkan darah haid dan meringankan gejalanya.


    3. Minum Air Putih Sesuai Anjuran

    Cara melancarkan haid

    (Minum air putih sesuai anjuran. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Begitu banyak manfaat dari air putih yang seringkali kita abaikan. Oleh karena itu perlu diingatkan lagi bahwa air putih ini sangat baik bagi tubuh khususnya untuk melancarkan haid yang siklusnya sama sekali tidak teratur. Tentu saja, kamu harus minum air putih ini sesuai dengan yang dianjurkan setiap harinya.

    Dilansir dari Healthline, air putih mampu mencegah adanya penggumpalan darah yang memang kerap terjadi pada sebagian besar wanita. Penggumpalan darah inilah yang membuat haid jadi tidak lancar. Oleh karenanya, jangan sepelekan anjuran minum air putih 8 gelas sehari yang harus kamu lakukan.


    (Baca juga: 6 Solusi Agar Menstruasi Lancar)


    4. Mencoba Latihan Yoga

    Cara melancarkan haid

    (Mencoba latihan yoga. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)

    Yoga termasuk dalam kategori olahraga yang manfaatnya juga sangat banyak untuk tubuh. Selain dapat mengurangi gejala nyeri haid, yoga juga mampu membuat siklus haid kembali teratur. Sebab, olahraga ini mampu mengendalikan kadar hormon yang berpengaruh terhadap lancar tidaknya periode menstruasi.

    Untuk melakukan yoga kamu tidak perlu datang ke gym, tapi juga bisa melakukannya sendiri di rumah karena ada banyak panduan video untuk hal tersebut. Tapi jika kamu tak terlalu sibuk, tidak ada salahnya juga jika berlatih dengan instruktur yoga secara langsung agar lebih tahu tentang olahraga ini.


    5. Mencoba Meditasi

    Cara melancarkan haid

    (Mencoba meditasi. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Pernahkah kamu mencoba meditasi dan merasakan bagaimana manfaatnya untuk tubuh? Jika belum, maka kamu harus mencoba metode ini saat dirasa siklus haid tidak lancar. Meditasi mampu membantu dalam merilekskan pikiran sehingga kamu pun akan lebih tenang dan terhindar dari stres.

    Selain itu metode ini juga dapat menyeimbangkan kadar hormon yang ada di dalam tubuh. Cara melakukannya sangatlah mudah, karena kamu hanya membutuhkan tempat yang tenang. Kemudian duduklah dengan posisi tubuh yang tegap, jangan lupa letakkan tangan yang juga harus rileks berada di atas paha.

    Perlahan mulailah untuk bernapas melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan suara napas dan tenangkan pikiran dari hal-hal di sekitarmu. Meditasi yang dilakukan rutin setiap hari akan membantumu mendapatkan tidur lebih nyenyak dan terhindar dari stres.


    Demikianlah berbagai cara melancarkan haid yang bisa kamu coba di rumah. Jika memang sudah melakukan berbagai cara tapi tetap tidak mempan, maka kamu bisa datang ke dokter dan memeriksakan diri.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below