Mengenal Manfaat Susu Kedelai Dan Rekomendasi Wajib Coba


  • Mengenal Manfaat Susu Kedelai Dan Rekomendasi Wajib Coba
    Susu kedelai bisa menjadi pengganti susu sapi. (Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Rasanya, dulu kita hanya mengenal satu susu, yaitu susu biasa yang berasal dari sapi. Jenis susu lainnya yang kita ketahui adalah susu khusus untuk mereka yang mengidap intoleransi laktosa. Tapi sekarang, banyak pilihan susu yang bisa kita pilih selain dari susu sapi. Pilihan tersebut di antaranya adalah susu dari tanaman, yang umumnya dianggap lebih sehat.


    Salah satu susu tersebut adalah susu kedelai. Setiap susu selain susu sapi akan memberikan cita rasa yang berbeda kepada makanan atau minuman. Rasa susu kedelai sendiri termasuk yang banyak digemari oleh orang. Ada juga manfaat susu kedelai yang mungkin selama ini kita cari. Penasaran? Simak manfaatnya dalam penjelasan di bawah ini.




    1. Memperkuat daya tahan tubuh

    manfaat susu kedelai

    (Susu kedelai berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Susu memang dikenal dapat menjaga daya tahan tubuh atau imun. Inilah mengapa, para orang tua sering menyuruh anak kecilnya untuk minum susu rutin, karena mereka juga dalam masa pertumbuhan. Susu kedelai dikenal dengan kandungan antioksidannya yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bakteri, atau virus. Tubuh jadi terlindung dari berbagai penyakit.

    Selain itu, susu kedelai juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi. Dalam segelas susu kedelai bisa mengandung kurang lebih delapan gram protein. Kandungan protein dalam susu kedelai juga berperan dalam menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.


    2. Mencegah anemia

    Susu kedelai juga dikenal baik untuk mencegah anemia, kondisi yang biasa dikenal dengan kurang darah. Anemia membuat penderitanya merasa pusing, merasakan detak jantung yang lebih cepat, juga merasa letih dan lemah. Kandungan nutrisi seperti zat besi, folat, vitamin b12 berperan penting dalam produksi sel darah merah atau hemoglobin.

    Karena ini dikategorikan susu nabati, susu kedelai juga bisa menjadi nutrisi yang baik bagi para vegetarian dengan anemia. Protein yang terdapat dalam susu kedelai akan meningkatkan kadar hemoglobin. Jika kekurangan hemoglobin, maka bisa menyebabkan kehilngan ingatan, salah satunya. Selain mencegah, susu kedelai juga dikenal sebagai makanan penambah darah untuk mengatasi anemia.


    3. Menjaga kesehatan jantung

    manfaat susu kedelai

    (Selain berolahraga, nutrisi dalam susu kedelai juga bisa menjaga kesehatan jantung. Foto: Dok. Neonbrand/Unsplash)


    Sumber kalium, protein, antioksidan, dan omega-3 yang baik adalah susu kedelai. Kandungan ini bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Karena itulah selain menjaga kesehatan jantung, susu kedelai juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung itu sendiri.

    Susu kedelai juga bisa meningkatkan kadar lipid plasma pada manusia. Vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh pada kedelai sama-sama bekerja meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan karbohidratnya juga memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas, seperti olahraga untuk menjaga kesehatan jantung.


    (Baca Juga: Alasan Susu Rendah Lemak Baik Untuk Penderita Maag)


    Nah, setelah tahu tiga manfaat kedelai di atas, kita bisa melihat rekomendasi susu kedelai untuk dikonsumsi atau mungkin juga membuat masakan yang sehat. Tentunya kamu harus coba beberapa produk ini.


    1. Fomilk Soy Vegan Drink

    Susu satu ini sudah dikenal di pasaran oleh beberapa orang. Dengan nama vegan-nya, tentunya susu ini cocok untuk para vegan dan mereka yang intoleransi laktosa karena tidak berhubungan dengan hewani serta bebas laktosa. Susu ini juga bebas gluten sehingga lebih mudah untuk dicerna. Produk ini sangat bisa ditambahkan ke latte ataupun cappuccino buatanmu.


    2. Homesoy Original

    manfaat susu kedelai

    (Homesoy Original. Foto: lamsoongroup.com)


    Produk ini dibuat dengan kedelai yang paling fresh untuk mempertahankan aroma dan tekstur asli kedelai. Kita juga bisa memilih di antara 30% less sugar atau tidak ada gula sama sekali jika lebih menyukai rasa unsweetened. Sama seperti Fomilk Soy Vegan Drink, Homesoy ini juga bebas laktosa dan kolestrol. Jadi untuk mereka yang mempunyai kolestrol, tidak perlu khawatir.


    3. Australia’s Own Organic Soy Unsweetened

    Susu kedelai tanpa pemanis ini berasal dari 100 persen kacang kedelai organik Australia. Susu ini tinggi protein yang juga bebas gluten dan laktosa. Sangat cocok untuk kita yang sedang diet dan memang harus selektif untuk makanan dan minuman. Tidak hanya kopi, susu ini juga bisa kita tambahkan ke minuman lainnya, seperti red velvet latte, salah satunya.


    (Baca Juga: OATSIDE, Susu Plant-Based Asia Senikmat Susu Sapi)


    Inilah manfaat dan rekomendasi produk susu kedelai untuk mereka yang mungkin ingin beralih dari susu sapi. Semoga bermanfaat.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below