Selain Minum Air, Ini 6 Cara Mengatasi Bibir Kering


  • Selain Minum Air, Ini 6 Cara Mengatasi Bibir Kering
    (Cara mengatasi bibir kering. Foto: Dok.Alona Siniehina/iStock)

    Saat berada di udara dingin atau kering, beberapa orang sering mengeluhkan bibir yang terasa kering. Hal ini juga bisa disebabkan karena faktor dehidrasi. Bibir yang kering tersebut juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena tampilannya yang pecah-pecah dan terkadang menimbulkan luka. 


    Bibir merupakan bagian tubuh yang bisa dibilang "unik" jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak atau melanin, sebuah pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga bibir rentan terkena sunburn. Oleh karena itu, jika bibir terkena paparan sinar matahari maka bisa membuat bibir menjadi kering. Beberapa orang biasanya menutupi masalah bibir kering ini dengan banyak minum air putih agar kelembapan bibir menjadi terjaga kembali. Namun ada beberapa cara lain untuk mengatasi bibir kering. 




    1. Minum Banyak Air 

    cara mengatasi bibir kering

    (Bibir kering bisa diatasi dengan banyak minum air. Foto: Dok.blackCAT/iStock)


    Seperti yang telah disampaikan tadi, beberapa orang mengatasi bibir kering dengan minum air putih. Ini adalah cara yang tepat dan paling mudah karena bibir kering bisa saja disebabkan oleh kondisi tubuhmu yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk minum air dalam jumlah yang cukup, minimal delapan gelas dalam sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuhmu terpenuhi dan menjaga kelembapan bibirmu juga. 


    2. Jangan Menjilat Bibir


    Mungkin kamu sudah tahu bahwa menjilat bibir justru malah menimbulkan bibir yang semakin kering. Yap, benar sekali! Pasalnya, jika kamu menjilat bibir maka akan membuat air liur menjadi lebih cepat menguap sehingga bisa menyebabkan kondisi bibir menjadi lebih kering daripada sebelum dibasahi dengan air liur.


    Jika kamu sudah merasakan bibir kering dan tidak nyaman usahakan untuk jangan menjilat bibir agar tidak memperburuk kondisi bibirmu. 


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Lip Balm Terbaik Atasi Bibir Kering)


    3. Memakai Lip Balm 

    cara mengatasi bibir kering
    (Lip balm banyak digunakan untuk mengatasi bibir kering. Foto: Dok. Burst/Pexels)


    Salah satu cara yang juga digunakan beberapa orang untuk mengatasi bibir kering adalah dengan memakai pelembap bibir atau lip balm. Sebab lip balm mudah ditemukan dan dipercaya dapat membuat bibirmu menjadi tetap lembap. Kandungan pada lip balm terdapat petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir.


    Tidak hanya itu saja, lip balm juga dapat melindungi bibirmu dari paparan sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Menyimpan vitamin atau senyawa lainnya yang juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan sebagai perlindungan. Beberapa lip balm juga menambahkan SPF, setidaknya SPF 15 di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

     

    4. Menghindari Pemicu Alergi 


    Salah satu hal yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering adalah karena timbulnya alergi akibat penggunaan beberapa produk, seperti pasta gigi, lipstik, dan lainnya yang tidak cocok dengan bibirmu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan produk tersebut dan berbagai bahan yang bisa memicu alergi. 


    Jika kamu mengalami kondisi bibir kering akibat alergi yang berkelanjutan, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter dan menggunakan obat untuk mengatasi alergi tersebut. 


    (Baca Juga: Deretan Lip Balm Untuk Bibir Hitam Kamu)


    5. Mengurangi Penggunaan Obat-obatan

    cara mengatasi bibir kering

    (Kurangi penggunaan obat seperti antihistamin agar mengatasi bibir kering. Foto: Dok.Castorly Stock/Pexels)


    Saat pandemi seperti sekarang ini setiap orang menjaga imun dengan mengonsumsi berbagai obat dan vitamin. Namun, perlu kamu ketahui bahwa beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah, seperti obat pereda nyeri, antihistamin, dan obat jerawat. Kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter jika kamu mengalami efek samping dari obat-obatan tersebut agar mendapatkan alternatif obat. 

    6. Mengoleskan Gel Lidah Buaya 


    Selain lip balm, kamu juga bisa mengatasi bibir kering dengan menggunakan lidah buaya yang menghasilkan gel pelembap. Kandungan lidah buaya tidak hanya dipercaya dapat merawat kulit wajah dan tubuhmu, namun juga dapat membantu menjaga bibir agar tetap terhidrasi dan mencegah dari masalah bibir kering.

    Selain itu, lidah buaya juga mengandung molekul polisakarida yang dapat membantu kelembapan kulit serta mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru. Untuk mendapatkan lidah buaya, kamu bisa membelinya di toko kosmetik atau e-commerce


    Itulah beberapa cara mengatasi bibir kering. Biasanya bibir kering juga bisa sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa orang, kondisi ini bisa menjadi semakin parah. Jika sudah parah, bibir yang kering bisa mengalami peradangan. Oleh karena itu, jika kamu mengalami bibir kering yang tak kunjung sembuh dan sulit diatasi, sebaiknya kamu segera melakukan konsultasi ke dokter agar dapat penanganan yang tepat.

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below