Praktis, Ini Cara Membuat Masker Kopi


  • Praktis, Ini Cara Membuat Masker Kopi
    Masker kopi untuk wajah. (Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)

    Apa pun yang berkaitan dengan wajah, tentunya kita menginginkan yang terbaik. Dari mulai menggunakan bahan alami, produk riasan wajah, sampai kepada masker. Salah satu manfaat masker wajah adalah bahwa bahan perawatan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati ataupun eksfoliasi kulit. Masker wajah juga mengandung vitamin yang mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkannya dari racun radikal bebas.


    Tak heran banyak wanita maupun pria menggemari bahan satu ini. Masker wajah juga sangat beragam, kita bisa menemukannya di pasaran atau membuatnya sendiri dari bahan alami. Selain itu, jenisnya pun beragam, seperti clay, sheet, peel-off, dan sebagainya. Masker yang bisa dibuat sendiri salah satunya adalah kopi. Tapi sebelum dijelaskan bagaimana cara membuat masker kopi, ketahui dulu serba-serbi kopi untuk wajah kita.




    Kopi sendiri mempunyai manfaat untuk dijadikan scrub wajah kita. Scrub yang berasal dari masker kopi ini selain mengangkat sel kulit mati dari kandungan asamnya, juga membuka pori-pori yang tersumbat. Tentunya sangat bermanfaat untuk mereka dengan pori-pori besar agar mencegah komedo dan jerawat. Nutrisi yang terdapat dalam kopi juga akan menyerap ke dalam kulit. Simak cara membuatnya berikut ini.


    1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

    Jika ingin membuat masker kopi, tentu bahan yang dibutuhkan bukanlah hanya kopi. Ingat juga untuk menggunakan bubuk yang asli, bukan bubuk untuk kopi seduh. Jadi, bahan yang disiapkan adalah bubuk kopi asli, bubuk cokelat, yogurt, madu asli, wadah, kuas, dan sendok atau alat masak yang bisa digunakan untuk mengaduk. Pastikan wadah dan alat untuk mengaduk bersih sebelum dipakaikan ke wajah kita.


    cara membuat masker kopi

    (Bubuk kopi sebagai bahan utama. Foto: Dok. Ready made/Pexels)


    2. Mencuci muka

    Langkah selanjutnya adalah mencuci muka. Kapan pun dan bagaimanapun, wajah harus selalu dalam keadaan bersih sebelum memakai masker dengan bahan alami ataupuun yang kita beli. Jika menggunakan masker di wajah yang kotor, khasiat dari masker bisa tidak bekerja. Juga, kotoran yang ada akan terserap di kulit. Untuk itu, pastikan wajah bersih dicuci dengn sabun juga, bukan hanya dengan air.


    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


    3. Campurkan bahan

    Setelah bahan sudah siap semua dan wajah juga sudah bersih, saatnya mencampurkan bahan-bahan tersebut. Kita perlu mencampurkan dua sendok makan bubuk kopi dan cokelat, tiga sendok makan yogurt, dan satu sendok makan madu. Setelah semua bahan ini sudah terdapat di satu wadah, aduklah secara merata hingga terbentuknya tekstur seperti pasta gigi atau saus.


    cara membuat masker kopi

    (Aduk hingga tekstur masker seperti pasta gigi. Foto: Dok. iprogressman/iStock)


    4. Oleskan ke wajah

    Mereka yang hobi atau sering membuat masker alami, pada umumnya sudah memiliki brush atau kuas yang khusus digunakan untuk ini. Kita bisa membelinya dulu jika belum punya. Pastikan juga kita sudah membersihkannya dengan sabun sebelum memakai. Lalu secara perlahan, kita celupkan kuas tersebut untuk dioleskan ke wajah secara menyeluruh. Rapikan juga rambut agar tidak terkena masker itu.

    Kita bisa mulai dengan mengoleskannya pada area t-zone terlebih dahulu, karena itulah area yang memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak, membuatnya membutuhkan perawatan lebih. Area ini adalah dahi, hidung, dan dagu untuk mereka yang belum tahu. Lalu, kita bisa lanjut untuk mengoleskan masker ini secara merata ke kulit wajah dengan menghindari bagian mata.


    (Baca Juga: Mengenal 10 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan)


    5. Diamkan dan bilas

    Setelah masker kopi teraplikasikan merata, kita harus mendiamkannya selama 15 menit. Ini adalah durasi umum penggunaan masker apa pun, karena ditujukan agar maskernya menyerap ke dalam kulit wajah. Selama didiamkan, kita bisa juga lakukan pijatan lembut pada wajah. Saat memijat, pastikan juga arah pijatan mengangkat ke atas terutama pada bagian pipi. Setelah 15 menit berlalu, bilas wajah kita dengan air bersih. Disarankan membilasnya dengan air dingin saja. Lakukan ini rutin dua sampai tiga kali seminggu.


    cara membuat masker kopi

    (Memijat wajah dengan lembut saat didiamkan. Foto: Dok. Mart Production/Pexels)


    Itulah cara membuat masker kopi untuk wajah. Selain rasanya yang sangat enak dan berkhasiat melawan kantuk, kopi juga serbaguna sebagai masker. Scrub kopi juga bisa kita gunakan untuk tubuh, seperti saat melakukan perawatan spa. Ini berguna untuk eksfoliasi kulit. Selain bahan pelengkap di atas, kita juga bisa menggunakan bahan lain untuk membuat masker kopi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below