Kenali 3 Fungsi Concealer, Plus Rekomendasinya!


  • Kenali 3 Fungsi Concealer, Plus Rekomendasinya!
    Pengaplikasian concealer pada wajah. (Foto: Dok. George Milton/Pexels)

    Saat mengaplikasikan riasan, ada baiknya kita menggunakan base atau alas terlebih dahulu. Alas riasan biasanya berfungsi untuk tampilan yang flawless, ataupun sekedar menyamarkan kekurangan pada wajah. Umumnya, riasan dimulai dengan face primer, foundation, concealer, lalu beralih ke bedak dan riasan yang lainnya. Namun, beberapa juga hanya menggunakan foundation atau concealer saja sebagai alas. Apa saja fungsi concealer pada riasan? Simak penjelasannya berikut.


    1. Menutupi kekurangan di wajah

    fungsi concealer



    (Kekurangan di wajah seperti jerawat dan bekasnya, bisa kita tutupi dengan concealer. Foto: Dok. Shotpot/Pexels)


    Seperti namanya conceal, concealer memang digunakan untuk menutupi kekurangan di wajah. Kekurangan di wajah seperti jerawat dan bekasnya, kantung dan lingkar hitam mata, kemerahan, ataupun tahi lalat. Concealer efektif menutupi kekurangan tersebut jika diaplikasikan dengan benar. Biasanya, concealer digunakan setelah pemakaian foundation.


    Kita bisa menggunakan concealer yang memiliki kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk menutupi bekas jerawat. Concealer juga tersedia dalam beberapa jenis dan warna, tapi secara umum, gunakan warna yang lebih terang untuk menutupi kekurangan di wajah. Concealer berwarna peach juga terkadang digunakan oleh wanita di bagian bawah mata.


    2. Pengganti foundation


    Penggunaan foundation dan concealer untuk suatu riasan bukanlah sesuatu yang aneh. Foundation digunakan pertama, lalu concealer untuk menyempurnakannya. Concealer diaplikasikan hanya pada area yang tidak tersamarkan oleh foundation. Namun, penggunaan salah satu produk ini sebagai alas juga bisa diterapkan.


    Mereka yang menggunakan hanya concealer sebagai alas biasanya lebih memilih tekstur yang ringan. Eits, jangan salah, concealer juga bisa berfungsi dengan baik layaknya foundation. Sebenarnya ini kembali kepada preferensi penggunanya, karena baik foundation atau concealer bisa meratakan tampilan riasan dengan satu kali pengaplikasian.


    3. Mempertegas fitur wajah

    fungsi concealer

    (Agar area wajah terlihat "menonjol", aplikasikan concealer. Foto: Dok. FluxFactory/iStock)


    Area t-zone pada wajah biasanya terlihat lebih baik jika dipertegas. Kita bisa menggunakan concealer untuk melakukan ini. Penggunaan concealer untuk mempertegas fitur bisa dibantu dengan bronzer. Seperti pada hidung. Penggunaan bronzer pada batang hidung bagian samping dan concealer pada batang hidung tengah akan membuat ilusi hidung yang mancung.

    Selain itu, concealer juga dapat digunakan untuk mengoreksi riasan. Contohnya saat membuat tampilan alis dengan pensil yang dirasa bentuknya kurang sempurna, kita bisa samarkan bentuk tersebut dengan concealer. Produk ini akan bekerja seperti penghapus, hanya saja kesalahan tersebut tidak dihapus, tapi ditimpa dengan concealer hingga tidak terlihat. 


    (Baca Juga: Tips Memilih Concealer Yang Tepat)


    Setelah mengetahui fungsi concealer, Her World Indonesia akan memberikan rekomendasi produk ini yang bisa digunakan untuk riasan kita. Jangan lupa sesuaikan warnanya dengan warna kulit kita ya.


    1. Maybelline Fit Me! Concealer

    Concealer pertama yang bisa kita coba adalah produk dengan coverage yang tinggi dan tahan lama, hadirlah produk ini. Selain menutupi, kekurangan, concealer ini memberikan tampilan yang fresh dan natural. Bulu-bulu halus di bawah alis juga bisa tersamarkan dengan produk ini. Tersedia dalam lima pilihan warna untuk kulit kita, concealer ini simpel karena bisa kita ratakan dengan menggunakan tangan. Formulanya juga ringan untuk riasan sehari-hari. 


    2. Nars Radiant Creamy Concealer

    fungsi concealer

    (Nars Radiant Creamy Concealer. Foto: narscosmetics.com)


    Produk dari Nars ini tersedia dalam tiga puluh pilihan warna, dimana itu merupakan suatu kelebihan untuk warna kulit yang berbeda-beda. Concealer ini dapat mencerahkan, mengoreksi, dan menyempurnakan tampilan sepanjang hari. Selain itu, produk ini bisa digunakan untuk highlighting dan contouring dengan hasil akhir yang bercahaya. Produk ini bahkan dilengkapi dengan kebaikan skincare yang menghidrasi, bahkan mengurangi garis halus dan tanda kelelahan.


    3. L.A. Girl HD Pro Conceal

    Tekstur produk ini yang creamy dan ringan, memberikan hasil coverage yang terlihat natural. Concealer ini bahkan bisa menghilangkan hiperpigmentasi agar terlihat lebih menawan. Selain itu, produk ini bekerja baik untuk mereka dengan mata panda dan mengurangi kemerahan. Ujung kuasnya juga bisa memudahkan pengaplikasian ini, gunakan secara secukupnya. Seperti produk Nars sebelumnya, L.A. Girl HD Pro Conceal ini juga tersedia dalam tiga puluh pilihan warna.


    (Baca Juga: Rekomendasi Concealer Brand Lokal Untuk Kulit Sawo Matang)


    Itulah fungsi dan rekomendasi produk concealer untuk kita semua. Gunakanlah produk yang bisa menjawab kebutuhan kulit dan menyempurnakan tampilan kita, serta warna yang sesuai. Selamat tampil sempurna!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below