Intip 5 Cara Mengecilkan Pinggul Yang Bisa Kamu Coba


  • Intip 5 Cara Mengecilkan Pinggul Yang Bisa Kamu Coba
    (cara mengecilkan pinggul. Foto: Dok.Kulikova Anna/iStock)

    Setiap wanita pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu bagian tubuh yang kerap menjadi perhatian bagi wanita saat menjalani diet atau olahraga adalah pinggul. Ini karena tumpukan lemak yang ada di pinggul akan membuat seseorang terlihat gemuk sehingga jadi tidak percaya diri.

    Proses pengecilan pinggul secara alami dapat kamu lakukan dengan berolahraga secara teratur dan juga pola makan sehat. Meski tidak akan memberikan hasil instan, tetapi cara ini jelas tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berikut ini beberapa cara mengecilkan pinggul yang bisa kamu coba. 

    1. Yoga 

    cara mengecilkan pinggul



    (Yoga menjadi salah satu cara untuk mengecilkan pinggul. Foto: Dok.Elina Fairytale/Pexels)

    Salah satu cara mengecilkan pinggul yang bisa kamu coba pertama adalah yoga. Sebab yoga merupakan suatu jenis aktivitas fisik atau latihan yang cukup populer dan bertujuan untuk menyehatkan semua bagian tubuh, termasuk pinggul. Tidak seperti olahraga lainnya, dengan melakukan gerakan yoga yang terlihat pelan dan kalem, namun bisa  memberikan efek yang luar biasa dalam membakar lemak.

    Contoh gerakan yoga yang dapat mengecilkan pinggul adalah adho mukha svanasana dan suryanamaskar. Kamu perlu melakukan latihan yoga ini secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

    2. Bersepeda 

    cara mengecilkan pinggul
    (Bersepeda dapat membakar lemak berlebih yang ada di pinggul. Foto: Dok.Andrea Piacquadio/Pexels)


    Selain yoga, aktivitas lain yang mampu mengecilkan pinggul adalah dengan bersepeda. Memang terkesan santai dan menyenangkan, tetapi bersepeda punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Cara mengecilkan pinggul dengan bersepeda ini dinilai efektif karena kamu menggenjot kaki dengan ritme reguler yang akan banyak membakar lemak di area pinggul. 


    Selain membakar lemak berlebih, bersepeda juga dapat dijadikan sebagai refreshing karena dilakukan sambil menghirup udara segar dan tenang. Kamu perlu melakukan olahraga bersepeda ini secara teratur yang bisa dimulai dengan 15 menit setiap hari, setelah itu kamu bisa meningkatkan intensitasnya agar semakin banyak lemak yang terbakar. 


    (Baca Juga: 4 Olahraga Mengecilkan Perut Agar Kamu Lebih Percaya Diri)


    3. Kalori Defisit 

    cara mengecilkan pinggul

    (Kalori defisit menjadi cara diet yang aman untuk mengecilkan pinggul. Foto: Dok.asiandelight/iStock)


    Tidak hanya melakukan beberapa aktivitas diatas, mengecilkan pinggul juga perlu diiringi dengan kalori defisit. Ini adalah cara diet yang aman dan efektif untuk dilakukan karena kamu harus membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika kamu memberikan tubuh lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan, maka akan membuat tubuhmu mengalami defisit kalori.


    Nah, kamu perlu melakukannya secara konsisten dengan waktu yang cukup lama juga agar menghasilkan penurunan berat badan ideal. Kamu juga harus menghindari makanan manis dan tinggi sodium, makanan yang digoreng, makanan olahan, saus tomat atau saus sambal, dan jus buah kemasan agar tidak banyak lemak yang masuk ke tubuh. 

    4. Menghidrasi Tubuh 

    cara mengecilkan pinggul

    (Jaga agar tubuh terhidrasi dengan air putih atau infused water. Foto: Dok.ortyforks/iStock)


    Kamu perlu tahu bahwa tubuhmu secara alami akan membuang racun (detoksifikasi) dan meningkatkan metabolisme. Hal ini dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat. Salah satu cara menjaga metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik, yaitu rutin minum air putih.


    Jika kamu menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, maka akan memberikan pengaruh pada berat badan, kulit, hingga fungsi otak,lho. Namun, kalau kamu bosan dengan air putih saja ada alternatif lain agar tubuhmu tetap terhidrasi yaitu dengan mengonsumsi infused water yang bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan, memenuhi kebutuhan cairan, mengontrol gula darah dan membantu mengelola berat badan. Dengan cara ini maka tubuh akan tetap terhidrasi dan menjaga berat badan tetap ideal. 


    (Baca Juga: 7 Gerakan Mudah Untuk Membakar Lemak Dengan Cepat)


    5. Menjaga Kualitas Tidur 

    cara mengecilkan pinggul

    (Cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam untuk membantu mengecilkan pinggul. Foto: Dok.puhhha/iStock)


    Saat ini begadang sudah menjadi kebiasaan setiap orang dikarenakan tumpukan pekerjaan atau mengejar deadline. Jika kamu melakukan hal ini secara terus menerus maka kesehatan fisik dan mental-mu tidak akan terjaga dengan baik, kerja dari metabolisme tubuh akan terhambat dan juga dapat menyimpan kelebihan lemak di tubuh bagian bawah, termasuk bagian pinggul. 


    Maka dari itu, coba terapkan pola tidur yang cukup setiap malamnya. Pastikan kamu tidur minimal selama 7-8 jam setiap malamnya. Hindari juga mengonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur. Selain itu, simpan gadget saat mau tidur. Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang agar kualitas tidur terjaga dengan baik.


    Jika dilakukan secara rutin, hal ini akan mendukung beberapa cara mengecilkan pinggul lainnya yang sudah diterapkan. 


    Nah, itulah benerapa cara mengecilkan pinggul yang bisa kamu lakukan dan memberikan banyak manfaat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below