7 Gerakan Mudah Untuk Membakar Lemak Dengan Cepat


  • 7 Gerakan Mudah Untuk Membakar Lemak Dengan Cepat
    Gerakan olahraga mudah untuk membakar lemak. (Foto: Dok. Bruce Mars/Pexels)


    Membakar lemak di dalam tubuh sebetulnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Berolahraga santai dengan gerakan sederhana bisa jadi salah satu cara untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Bahkan, Anda tak perlu pergi ke luar rumah untuk mencobanya.

    Selain bisa meluruhkan lemak, beberapa gerakan pula bisa memperkuat otot di bagian tubuh. Di antaranya adalah AB Crunch, yang efektif membakar lemak pada perut, sekaligus memperkuat ototnya. Ada juga Wall sits yang mengajak tubuh bergerak untuk melatih kekuatan otot paha dan betis. Selain dua gerakan itu, berikut gerakan olahraga mudah lainnya:



    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengecilkan Perut & Menurunkan Berat Badan)


    1. Jumping Jacks



    (Jumping Jacks, gerakan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Foto: Dok. Alatfitnesbali)


    Rentangkan kaki dan posisikan diri dalam keadaan berdiri. Rentangkan juga tangan ke atas. Kemudian saat diri melompat, satukan kaki dan turunkan tangan ke samping. Ulanglah gerakan ini sampai 30 detik, luangkan 10 detik untuk beristirahat agar napas kembali normal.


    2. Wall Sit



    (Panduan gerakan Wall Sit. Foto: Dok. Popsugar)


    Wall sit adalah gerakan yang paling mudah untuk dilakukan. Sandarkan punggung ke dinding, kemudian lebarkan kaki sesuai dengan pinggul. Letakkan kedua tangan di dada, kemudian, mulailah turunkan ke bawah, hingga posisi seperti sedang duduk. Diri tak perlu mengulangnya, hanya saja dibutuhkan ketahanan dalam menjaga posisi ini hingga 30 detik.

    (Baca Juga: 7 Gerakan untuk Mengecilkan Paha Tanpa Perlu Nge-gym)


    3. Push Up



    (Push up efektif untuk memperkuat otot lengan. Foto: Dok. Keiji Yoshiki/Pexels)


    Untuk menghilangkan lemak dalam tubuh, gerakan seperti push up bisa jadi pilihan yang bisa dilakukan secara berulang-ulang. Mulailah ambil posisi yang nyaman untuk meletakkan tangan dan jari kaki ke lantai. Turunkan tubuh secara perlahan dan ulangi selama 30 detik.


    4. Push Up and Rotation

    '

    (Push up rotation. Foto: Dok. Bruce/Pexels)


    Setelah melakukan push up lanjutkan dengan gerakan kedua ini yaitu push up and rotation. Posisi tetap tidak ada yang berubah, hanya saja ketika tubuh harus digeser ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Jangan lupa juga untuk merentangkan tangan lurus ke atas. Gerakan ini bisa membakar lemak di samping perut dan memperkuat otot lengan.


    5. AB Crunch



    (Gerakan AB Crunch melatih otot perut. Foto: Dok. Bodylastics)


    Baringkan tubuh di atas matras dengan posisi telentang. Tekuk lutut kemudian rentangkan tangan lurus ke depan. Mulailah untuk bangun tanpa menumpukan badan pada apa pun. Gerakan ini sangat efektif dilakukan untuk mengencangkan perut.

    (Baca Juga: Olahraga yang Baik Dilakukan Pada Malam Hari)


    6. Squat



    (Posisi squat yang benar. Foto: Dok. Oleg Magni/Pexels)


    Setelah beristirahat 10 detik sehabis melakukan gerakan di atas, persiapkan tubuh untuk melakukan gerakan selanjutnya. Berdirilah tegak dengan kaki ke depan dan terbuka selebar bahu. Tekuk lutut, sampai tubuh seperti posisi saat duduk. Tahan hingga 30 detik, kemudian ulangi.


    7. High Knees



    (Gerakan High Knees. Foto: Dok. Pinterest)


    Gerakan olahraga yang terakhir adalah High Knees, yaitu berlari di tempat dalam waktu 30 detik tanpa henti. Ketika berlari, angkat lutut setinggi mungkin kemudian turunkan dengan cepat. Gerakkan juga tangan ke atas dan ke bawah sesuai irama. Menurut penelitian, pelatihan semacam ini dapat membantu lebih banyak untuk membakar lemak daripada aerobik klasik atau latihan bela diri.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below