Mencegah Kerusakan, Ini 8 Manfaat Masker Rambut


  • Mencegah Kerusakan, Ini 8 Manfaat Masker Rambut
    (Mencegah Kerusakan, Ini 8 Manfaat Masker Rambut. Foto: Dok.kazmulka/iStock)

    Saat ini banyak orang telah menyadari kalau perawatan rambut tidak cukup menggunakan sampo dan kondisioner saja. Penggunaan masker rambut atau biasa dikenal dengan hair mask dipercaya dapat menambah keindahan dan kesehatan rambut kamu. Masker rambut, terutama yang terbuat dari bahan-bahan alami bisa menjaga rambut agar tampak sehat, indah, dan berkilau. Tidak hanya itu saja, terdapat manfaat masker rambut lainnya yang bisa kamu rasakan. 


    1. Terhindar dari Kerusakan Rambut 

    Manfaat Masker Rambut



    (Masker rambut mampu memperbaiki rambut yang rusak akibat paparan sinar matahari dan alat penata rambut. Foto: Dok.LightFieldStudios/iStock) 


    Rambut adalah bagian yang paling sering terpapar sinar UV matahari secara langsung, polusi dan debu. Selain itu penggunaan alat penata rambut, seperti catokan dan alat pengering rambut. Dengan begitu, dapat membuat rambutmu tampak kusam dan kering. Hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari efek tersebut adalah dengan menggunakan masker rambut. Selain mengurangi rambut kusam, masker rambut juga berguna untuk mencegah kerusakan rambut akibat penggunaan alat penata rambut. 


    2. Meningkatkan Kualitas Rambut 


    Rambut dengan kualitas yang baik pasti terlihat seperti berkilau, tebal, dan lembut. Jika kamu menginginkan rambut yang seperti itu maka gunakanlah masker rambut secara rutin yang terbuat dari bahan alami agar kebutuhan nutrisi rambut terpenuhi. 


    (Baca Juga: Rambut Rontok Parah? Rawat dengan 5 Rekomendasi Serum Ini)


    3. Menjaga Kelembapan Rambut 

    Dengan menggunakan masker rambut secara rutin, kelembapan rambut kamu akan tetap terjaga. Rambut yang terjaga kelembapannya tentu menyenangkan untuk disentuh, karena tidak kering dan kasar. Rambut yang lembap pun bisa membuatmu terhindar dari masalah kerontokan rambut.


    Disarankan bagi si pemilik rambut kering maka masker rambut yang digunakan harus mengandung susu, madu atau minyak zaitun. Sebab ketiga bahan tersebut mampu membuat rambut jadi lebih lembap dan terhindar dari kering serta kasar. Selain itu masker rambut ini juga akan menjadikan rambut lebih gampang diatur.


    4. Melembutkan Rambut

    Manfaat Masker Rambut

    (Merawat rambut agar lembut dan halus dengan menggunakan masker rambut. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)


    Selain rambut yang lembap, pasti setiap wanita ingin mempunyai rambut yang lembut dan halus. Nah, dengan menggunakan masker rambut maka rambutmu akan terasa lebih lembut dan halus.  Adapun biasanya beberapa produk masker rambut juga dimasukkan kandungan vitamin E yang mampu menjaga rambut agar tetap lembut. Perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan masker rambut ini akan terlihat dan juga kamu rasakan.


    Biasanya untuk melembutkan rambut, masker rambut yang kamu pilih bisa yang mengandung coconut oil, shea butter atau bisa juga lidah buaya. Itulah alasannya berbagai macam produk perawatan rambut dijual dengan varian yang bermacam-macam sehingga kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambut masing-masing.


    5. Merawat Rambut Panjang 

    Manfaat Masker Rambut

    (Merawat rambut panjang dengan masker rambut secara rutin. Foto: Dok. kobrin_photo/iStock)


    Rambut panjang adalah rambut yang sudah kamu miliki dalam waktu yang cukup lama sehingga membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya tetap sehat. Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat.

    6. Menjaga Warna Rambut 


    Apakah kamu pemilik rambut yang diwarnai? Kandungan kimia pada rambut berwarna bisa cukup merusak rambut, maka dari itu untuk merawatnya kamu bisa menggunakan masker rambut. Pilih hair mask yang tepat untuk rambut berwarnamu. 


    (Baca Juga: Rambut Kering? Yuk Pakai 7 Vitamin Untuk Rambut Kering Ini!)


    7. Memerangi Ketombe 


    Ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dapat diatasi dengan menggunakan masker rambut. Gunakan masker rambut yang mengandung minyak kelapa atau minyak jojoba. Lakukan dengan memijat kepalamu saat menggunakan masker agar dapat lebih meresap. 


    8. Membuat Kepala terasa Relaks


    Perawatan rambut secara rutin menggunakan masker rambut alami bisa menjadi salah satu kegiatan merawat diri untuk relaksasi. Sembari menggunakan masker rambut, kamu juga bisa melakukan perawatan wajah agar kegiatan relaksasi yang kamu lakukan lebih maksimal. Lakukanlah kegiatan ini sebagai me time yang bisa menyegarkan pikiran dan membuatmu kembali rileks.  


    Nah, jika saat ini kamu memiliki masalah pada rambut, coba lakukan hair mask sendiri di rumah secara rutin. Manfaat masker rambut selain menghemat biaya ke salon, juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bagi kamu dan teman-temanmu. Pilih produk masker rambut yang kaya nutrisi dan aman agar rambut dengan hasil maksimal bisa kamu dapatkan. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below