Ketahui 5 Jenis Masker Rambut Alami Untuk Kamu Buat di Rumah


  • Ketahui 5 Jenis Masker Rambut Alami Untuk Kamu Buat di Rumah
    (Ketahui jenis masker rambut alami. Foto: Dok.iprogressman/iStock)

    Rambut adalah mahkota wanita yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Merawat rambut sebenarnya tidak perlu biaya mahal, sebab ada banyak sekali bahan alami untuk dijadikan sebagai masker perawatan rambut yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

    Dengan memakai masker rambut ini bertujuan untuk melembapkan rambut karena dapat meresap hingga ke batang rambut dan kulit kepala. Bagi kamu yang memiliki rambut kering, keberadaan masker rambut ini sungguh membantu sekali. Hal ini karena tingkat kelembapan yang diberikan oleh masker rambut dapat membantu meningkatkan hidrasi pada rambut kering. 




    Kelembapan rambut yang terjaga tentu akan menghasilkan rambut yang lebih sehat, berkilau, dan mengurangi risiko masalah rambut lainnya. Berikut ini beberapa jenis masker yang terbuat dari bahan alami untuk menjaga kesehatan rambut.


    1. Pisang 

    masker rambut alami

    (Buah pisang bisa dijadikan sebagai masker rambut alami yang kaya nutrisi. Foto: Dok.kazmulka/iStock)


    Tidak hanya kandungan nutrisi dan vitamin dari pisang yang baik untuk tubuh. Ternyata, pisang disebut memiliki silika, yaitu senyawa alami mineral yang dapat berubah menjadi silikon. Silikon adalah unsur kimia yang dapat membuat rambutmu menjadi lebih tebal dan kuat. Itu sebabnya, kamu bisa mendapatkan manfaat dari masker pisang untuk kesehatan rambut. 


    Cara menggunakan masker rambut dari pisang ini adalah dengan menghancurkannya terlebih dahulu hingga membentuk pasta, kemudian campurkan satu sendok makan madu ke dalam adonan pisang. Aduk hingga rata, lalu oleskan masker pada rambut, terutama pada kulit kepala dan ujung rambut. Tunggu selama 10-15 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air hangat. Kamu juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner agar rambut lebih lembut. 


    2. Minyak Zaitun 

    Jika kamu punya tipe rambut yang kering dan gatal tentu ini sangat menyebalkan sekaligus memalukan sekali. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab sebagai solusinya kamu bisa melakukan perawatan menggunakan masker rambut dari minyak zaitun.


    Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari kandungan squalene yang mampu melembapkan rambut dan kulit kepala, serta menutrisi rambut.


    Cara membuat masker rambut alami dari minyak zaitun adalah cukup campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan air perasan lemon. Kemudian tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih dan keringkan. 


    (Baca Juga: 7 Produk Masker Rambut Untuk Rambut Kering Dan Mengembang)


    3. Madu dan Susu

    masker rambut alami

    (Rambut yang rontok bisa diatasi dengan masker rambut alami dari madu dan susu. Foto: Dok.5./15 WEST/iStock)


    Jika kamu mengalami kerontokan rambut atau rambut yang mudah patah, pilhan masker madu dengan susu sangat cocok untukmu. Madu mengandung keratin yang bisa memperkuat akar dan helai rambut, memacu regenerasi kulit kepala, serta mencegah iritasi.


    Susu yang mengandung banyak protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan zinc membuat kombinasi kedua bahan ini bermanfaat untuk melembutkan rambut dan menyokong strukturnya. Kamu bisa menggunakan susu yang lebih berlemak bagi rambut yang lebih tebal. Sedangkan, buat kamu yang punya rambut yang tipis, kamu bisa menggunakan kandungan lemak yang lebih sedikit.

    4. Lidah Buaya 


    Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan wajah saja, melainkan bisa digunakan juga untuk kesehatan rambut. Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut alami yang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam. 


    Cara membuat masker rambut dari lidah buaya adalah dengan mengupasnya terlebih dahulu agar daging lidah buaya dapat diambil dan dilumatkan. Kemudian haluskan daging lidah buaya, lalu oleskan ke rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. 


    (Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Rambut Lebih Sehat Dan Indah)


    5. Alpukat 

    masker rambut alami

    (Masker rambut alami dari alpukat dapat memperhalus rambut. Foto: Dok.kazmulka/iStock)


    Buah yang banyak disukai orang ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan rambut terutama bagi kamu yang memiliki masalah rambut kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan masker rambut dari alpukat ini agar memperoleh rambut yang halus dan terhidrasi.  


    Cara membuat masker rambut alami dari alpukat, yakni haluskan ½ buah alpukat matang dengan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Aduk secara rata, kemudian oleskan pada helaian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.


    Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami dari minyak alpukat yang dapat mencegah kerusakan rambut. Minyak alpukat mengandung asam folat, zat besi, dan magnesium yang mampu menjaga kelembapan kutikula rambut. 


    Membuat masker rambut alami sangatlah mudah dan bisa ditemukan dimana saja. Bahkan kamu juga bisa menemukan bahannya dari dapur. Masker dari bahan-bahan alami ini akan jauh lebih aman dibandingkan masker rambut dari bahan kimia. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami ini sebagai masker rambut. Jadi kamu tertarik untuk mencoba masker alami yang mana nih


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below