Cara Menghilangkan Bulu Ketiak


  • Cara Menghilangkan Bulu Ketiak
    Bulu ketiak pada seorang wanita. (Foto: Dok. Tiffany Freeman/Pexels)

    Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia. Terdapat rambut yang lurus, bergelombang, dan keriting. Rambut juga bisa halus maupun sangat kering. Kita harus bisa menjaga rambut itu sendiri agar tetap sehat. Karena rambut tidak hanya tumbuh di kulit kepala saja, melainkan di wajah, badan, tangan dan kaki, serta ketiak. Namun biasanya, adanya rambut selain di kulit kepala disebut juga dengan bulu.


    Bulu yang seringnya menjadi perhatian kita adalah bulu ketiak dan kita berusaha mencari cara menghilangkan bulu ketiak. Wanita umumnya melakukan perawatan terhadap bulu ketiaknya karena ingin mempunyai ketiak yang bebas bulu. Meskipun begitu, terdapat juga wanita yang memilih untuk mempunyai bulu ketiak. Lain halnya pada kebanyakan pria, bulu ketiak bukanlah suatu hal yang menjadi perhatian mereka.




    Kebanyakan wanita bahkan berharap untuk tidak mempunyai bulu ketiak sama sekali. Namun tentu saja hal ini adalah sesuatu yang tidak mungkin karena ketika seseorang berada di masa pubertasi, saat itulah bulu pada seluruh tubuh akan mulai tumbuh. Bulu ketiak bahkan bisa memberikan rasa tidak percaya diri saat wanita sedang memakai baju yang menunjukkan lengan atau juga yang bermodelkan kemben. Pakaian tersebut adalah salah satu alasan wanita untuk menghilangkan bulu ketiaknya dan ini adalah rangkuman beberapa cara untuk melakukannya.


    1. Mencukurnya rutin

    cara menghilangkan bulu ketiak

    (Alat cukur yang serbaguna. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Cara ini adalah cara yang dilakukan oleh hampir semua wanita yang ingin menghilangkan bulu ketiak. Untuk mencukurnya, kita membutuhkan alat cukur yang bisa kita temui di pasaran. Harganya pun terbilang tidak mahal. Terdapat juga krim cukur di pasaran yang cara penggunaannya dioleskan di ketiak sebelum menggunakan alat cukur. Walaupun begitu, krim cukur bukanlah sesuatu yang selalu dibutuhkan saat mencukur bulu ketiak.

    Yang terpenting adalah untuk selalu melembapkan kulit setelah mencukur agar mencegah kulit ketiak menjadi kering ataupun mengalami iritasi. Karena seperti bagian tubuh lainnya, kulit ketiak pun membutuhkan hidrasi yang cukup.


    2. Waxing

    Waxing merupakan cara menghilangkan bulu ketiak ke akarnya dengan mengaplikasikan zat lengket seperti lilin, lalu setelahnya zat lengket tersebut akan dilepas dengan cara ditarik. Waxing biasanya menjadi altenatif saat wanita terlalu malas untuk mencukurnya sendiri. Bulu ketiak yang baru akan tumbuh dalam kurun waktu sebulan atau lebih setelah melakukan waxing ini.


    (Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami)


    Waxing, tidak hanya bisa untuk menghilangkan bulu ketiak, namun juga bisa menghilangkan bulu di bagian tubuh lainnya. Terdapat banyak tempat yang menyediakan jasa waxing ini. Biasanya dapat ditemukan di salon, ataupun tempat yang khusus untuk waxing itu sendiri.


    3. Laser hair removal

    cara menghilangkan bulu ketiak

    (Cara menghilangkan bulu ketiak dengan laser hair removal. Foto: Dok. Dmitriy Ganin/Pexels)


    Ini adalah salah satu treatment jitu untuk kita yang tidak menginginkan kembalinya bulu ketiak. Laser hair removal memang difungsikan untuk para wanita yang ingin menghilangkan bulu ketiaknya dalam jangka waktu yang bisa mencapai setahun. Laser bekerja dengan melakukan pengurangan rambut di area yang dipilih. Treatment ini sering disebut sebagai permanen, namun pada kenyataannya laser hair removal pada dasarnya adalah pengurangan rambut. 

    Folikel rambut yang terdapat di dalam permukaan kulit akan dipanaskan dengan menggunakan laser sehingga akan hancur. Hancurnya folikel rambut ini merupakan keadaan yang membuat produksi rambut baru melambat untuk beberapa waktu. Jika rambut baru tumbuh pun jumlahnya akan jauh lebih sedikit. Laser tidak menghilangkan bulu sepenuhnya, karena folikel rambut pada akhirnya akan kembali.

    Kita bisa menemukan treatment ini di klinik. Jika kita ingin merasa yakin, kita dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan dermatolog.


    (Baca Juga: Cara Bersihkan Ketiak)


    4. Menggunakan lemon, madu, dan gula

    Ini adalah cara alami yang bisa kita coba. Pastikan sebelumnya bahwa ketiak telah bersih. Kita hanya perlu mencampurkan lemon, madu, dan gula tersebut hingga rata, lalu aplikasikan di kulit ketiak kita. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat dan kain.

    Saat membilas, lakukanlah menuju arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut. Langkah terakhir adalah bersihkan kembali dengan air dingin. Bulu ketiak tidak hanya hilang, namun kulit kita juga terlindung dari iritasi dikarenakan kandungan yang ada dalam bahan ini. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

oleh Her World Indonesia

Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

oleh Her World Indonesia

Kiat Cukur Bulu Ketiak

Kiat Cukur Bulu Ketiak

oleh Andhini Puteri Lestari

Advertisement - Continue Reading Below