Manfaat Bunga Mawar Untuk Wajah


  • Manfaat Bunga Mawar Untuk Wajah
    Bunga mawar bisa dimanfaatkan juga untuk kecantikan. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Wajah kita memang perlu dirawat, karena kalau tidak bisa menimbulkan beberapa masalah yang bukan saja tidak nyaman, tapi bisa membuat kita juga tidak percaya diri. Wajah juga adalah salah satu bagian tubuh yang sering terpapar dan menyimpan kotoran, untuk itu harus dibersihkan setiap harinya. Terutama wanita, yang lebih sering memedulikan penampilannya.


    Untuk merawat wajah, kita bisa gunakan bahan yang mempunyai manfaat. Salah satunya adalah bunga mawar. Bunga yang satu ini tidak hanya dilambangkan sebagai simbol cinta, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk wajah kita. Penting untuk kita mengetahuinya agar bisa menggunakannya dengan benar. Berikut manfaat bunga mawar untuk wajah bagi kita yang belum tahu.




    1. Obat jerawat

    manfaat bunga mawar untuk wajah

    (Ekstrak bunga mawar dapat menjadi obat jerawat. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)


    Bagi mereka yang mempunyai masalah jerawat di wajahnya, tentunya fungsi yang satu ini sangat berguna. Beberapa bagian bunga mawar bisa dimanfaatkan, dan salah satunya yang terkenal dan sering dimanfaatkan adalah airnya. Bahkan, air mawar juga sering digunakan untuk menyiram tanah dan rumput untuk kuburan. Mawar memang mempunyai banyak kegunaan.


    Kelopak bunga mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat kita. Selain itu, senyawa antiseptik atau etanol fenil juga selanjutnya mampu mencegah jerawat untuk tumbuh di kulit wajah. Air bunga mawar juga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit serta membuat kulit kita kembali bercahaya. Kita bisa menggunakannya setelah mencuci wajah di pagi hari.


    2. Pelembap kulit wajah


    Selain air mawar yang digunakan untuk jerawat, air ini juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah karena mengalami masalah kulit kering, seperti iritasi dan penuaan dini. Untuk menghindari masalah ini, kita bisa mengaplikasikan air mawar ini secara rutin. Saat kita merasa kulit wajah kita mulai kering, kita tinggal menyemprotkan air mawar ini secara merata.


    Air bunga mawar bisa kita gunakan sebagai pembersih, toner, atau pun face mist. Bunga mawar memiliki kandungan pelembap alami dan antioksidan yang bisa membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Antioksidan bekerja melindungi kulit dari dalam ke luar dan juga meningkatkan kelembapan lapisan kulit. Air bunga mawar juga dikenal dapat menghidrasi kulit kita.


    3. Menghambat penuaan dini

    manfaat bunga mawar untuk wajah

    (Menghambat penuaan dini adalah manfaat bunga mawar yang paling sering diketahui. Foto: Dok. Laflor/iStock)


    Manfaat yang terkenal dari bunga mawar, terutama airnya, adalah bahwa itu bisa menghambat penuaan dini. Air bunga mawar itulah yang bisa mengurangi garis halus atau kerutan di wajah. Seperti yang sudah dijelaskan, air mawar mengandung zat pelembap, anti-inflamasi, dan juga antioksidan. Antioksidanlah yang mengatasi kerusakan kulit yang bisa membuat tampak lebih tua dan berkeriput.


    Nutrisi seperti vitamin C yang meresap ke dalam kulit wajah, mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin A juga dikatakan dapat melawan keriput, kerusakan akibat matahari, dan warna kulit yang tidak merata.


    4. Meredakan peradangan


    Penyakit peradangan kulit yang banyak terjadi di antaranya adalah eksim, rosacea, dan juga ruam. Untung saja ada air mawar yang bisa mengatasi beberapa masalah ini. Bunga mawar yang mempunyai ekstrak polifenol dan flavonoid memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Tentunya kandungan ini bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit.


    Air mawar tersebut cukup kita masukkan ke dalam botol tetes atau semprot. Setelah itu, kita bisa gunakan kapas untuk langsung mengaplikasikannya ke area kulit yang bermasalah dengan air mawar itu, atau disemprotkan dahulu ke wajah baru setelah itu dilap dengan kapas. Pakailah secara rutin agar peradangan kulit jadi berkurang.


    (Baca Juga: Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut)


    5. Mencerahkan kulit

    manfaat bunga mawar untuk wajah

    (Kulit yang cerah adalah kebaikan dari vitamin bunga mawar. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Bagi kebanyakan wanita, kulit yang cerah adalah dambaan. Mereka dengan warna kulit yang dianggap gelap pun bisa mempunyai kulit yang cerah, karena cerah berbeda dengan putih. Cerah juga mengindikasikan kulit wajah yang sehat. Vitamin A dan E yang terdapat di bunga mawar bisa membantu eksofiliasi di kulit wajah kita. Vitamin E sendiri pada dasanya memang dikenal baik untuk kulit secara umum.


    Sifat antioksidan dari air mawar juga selain merawar kulit dari sinar matahari, mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit tersebut. 


    (Baca Juga: Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh)


    Itulah manfaat bunga mawar untuk wajah. Dengan kelebihan tersebut, jangan lupa untuk rutin memakai bahan bunga mawar ini unutk perawatan kita.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below