Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut


  • Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut
    Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut (Foto: Dok. Aiony Haust/Unsplash)

    Saat ini sudah banyak rangkaian produk skincare yang memproduksi air mawar. Salah satu kegunaan air mawar yang sering kita temukan adalah menjadi bahan campuran bagi bubuk masker. Bukan jenis cairan sembarangan, ternyata air mawar ini memiliki ragam khasiat untuk membuat aura cantikmu kian terpancar, lho.

    Dibuat dengan penyulingan kelopak bunga mawar, adapun kandungan baik seperti antioksidan, anti inflamasi, vitamin A, E, dan antiseptic, membuat air mawar direkomendasikan untuk perawatan wajah dan rambut. Tidak perlu repot untuk membuatnya sendiri, kamu bisa membeli air mawar dari berbagai jenis merek produk kecantikan lokal yang cocok dipakai untukmu.




    (Baca Juga : Manfaat Air Mawar Untuk Wajah)


    Melembapkan kulit wajah sampai mempercepat pertumbuhan rambut, simak deretan manfaat baik air mawar untuk menjaga kecantikanmu seperti yang sudah HerWorld Indonesia rangkum di bawah ini.


    1. Mengurangi timbulnya jerawat


    Kamu pasti pernah merasa kesal karena jerawat di wajahmu susah hilang dan malah tumbuh makin banyak. Untuk pencegahan awal, alangkah baiknya kamu menyemprotkan air mawar secara merata ke wajahmu lalu tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan kedua tangan. Dalam kandungan air mawar yang kaya akan antibakteri dan antiseptik, bermanfaat untuk menangani bakteri penyebab jerawat di kulit. Selain itu, jika kamu rutin menyemprotkan air mawar ke wajah, maka khasiat yang kamu dapatkan adalah bisa terhindar dari kulit kusam.


    2. Mencegah kulit kering


    Kelembapan merupakan kunci utama agar terlihat awet muda dan bercahaya. Bagi kamu si pemilik jenis kulit kering, air mawar akan bekerja dengan baik dalam melembapkan kulit wajahmu. Mengandung antioksidan dan pelembab alami, kulitmu bisa terhindar dari kekeringan jika air mawar yang kamu sediakan di rumah digunakan sebagai toner. Setelah menyemprotkan air mawar, jangan lupa untuk mengoleskan deretan produk skincare-mu sesuai urutan setiap pagi dan malam.


    3. Meredakan perandangan pada kulit


    Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut

    (Air mawar yang berkhasiat untuk meredakan peradangan akibat jerawat membandel. Foto: Dok. Kjerstin Michaela/Pixabay)


    Memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang biasa terdapat pada ekstrak bunga mawar karena mengandung polifenol dan flavonoid, manfaat air mawar selanjutnya adalah dapat mengurangi peradangan pada kulit. Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu menyediakan kapas yang sudah dibahasi dengan air mawar lalu oleskan secara perlahan pada area kulit yang bermasalah.


    (Baca Juga : Khasiat Air Mawar Untuk Kulit Wajah)


    4. Mempercepat pertumbuhan rambut


    Kandungan vitamin A, B3, C, dan E di dalam air mawar ternyata mampu merangsang pertumbuhan rambut, lho. Kalau kamu suka mencampurkan air mawar dan produk perawatan rambut, maka mahkota indahmu akan sehat terawat. Agar air mawar bekerja maksimal, pijat secara perlahan inci demi inci kulit kepala menggunakan ujung jari tanganmu saat mengoleskan conditioner atau sampo. Jika ada waktu luang, kamu bisa mencoba untuk berkreasi membuat DIY masker rambut rumahan ala versimu sendiri. Tinggal campurkan saja 3 butir telur kocok dengan setengah cangkir air mawar, kemudian oleskan secara merata di permukaan rambut lalu biarkan selama 30 menit. Setelah merasa sudah meresap, cuci bersih dengan air hangat.


    5. Memperbaiki rambut rusak


    Rambut rusak bisa diakibatkan karena sering terpapar panasnya alat styling, salah memakai produk perawatan, atau kerap gonta ganti warna. Memiliki sifat anti inflamasi alami, air mawar dapat mencegah kerontokan. Hal tersebut diyakini karena air mawar dipercaya menstabilkan keseimbangan pH rambut. Untuk mengembalikan kesehatan dan kesegaran rambut, kamu bisa mencoba teknik memijat ringan kepalamu menggunakan air mawar. Kegiatan ini bermanfaat untuk meremajakan folikel kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah.


    6. Membuat rambut terasa lebih wangi


    Ragam Manfaat Baik Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah dan Rambut

    (Rambut terasa lembut dan wangi setelah menyemprotkan air mawar di permukaan rambut. Foto: Dok. Pablo Merchán Montes/Unsplash)


    Ternyata, tidak sedikit wanita di belahan dunia ini yang memanfaatkan aroma wangi air mawar untuk perawatan rambut. Untuk membuat rambutmu tampak terlihat berkilau dan terasa lembut, cobalah semprot rambut yang sudah kering setelah keramas dengan air mawar.


    (Baca Juga : Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh!)


    Itulah beberapa manfaat baik air mawar untuk kecantikan wajah dan kesehatan rambutmu. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, kamu hanya perlu sediakan air mawar di rumah dan bisa kamu campurkan ke serangkaian produk perawatanmu yang lain.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below