Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh!


  • Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh!
    Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh! (Foto: Dok. Jcomp/Freepik)

    Minum secangkir teh di pagi hari memang dapat menghangatkan tubuh. Jenis teh apa yang biasa kamu minum di pagi hari? Pernahkah kamu mendengar mengenai teh mawar? Teh mawar (rose tea) merupakan minuman teh yang berasal dari kelopak dan kuncup mawar kering (Rosa damascena). Lantas, apa saja manfaat yang bisa tubuh kita rasakan dengan minum teh mawar ini? Simak penjelasan di bawah ini!


    Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan dalam National Library of Medicine, menyebutkan bahwa ekstrak air bunga mawar memiliki efek anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit (analgesik). Sifat ini dikaitkan dengan dengan komponen bioaktif yang ada di dalam bunga mawar. 




    Manfaat Teh Mawar Bagi Tubuh


    1. Meningkatkan Kesehatan Menstruasi


    Dikutip dari Stylecraze, menurut jurnal yang diterbitkan tahun 2005 menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi teh mawar terbukti tidak merasakan sakit, gelisah, dan tertekan selama periode menstruasi. Oleh karena itu, minuman seperti teh mawar adalah pengobatan yang berpotensi aman dan sederhana untuk dismenore dan sindrom pramenstruasi (PMS).


    2. Mengurangi Kecemasan dan Rasa Sakit


    Berdasarkan jurnal National Library Medicine, minum teh mawar dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan rasa sakit. Ini berkat kandungan anti-inflamasi dalam teh mawar. 


    3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan


    Beberapa penelitian telah mengaitkan antara peradangan tinggi dengan penambahan berat badan. Akan tetapi, teh mawar dikenal mampu melawan peradangan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, teh mawar dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mengonsumsi 4 hingga 5 cangkir teh diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Penurunan berat badan ini dapat terjadi melalui termogenesis yang diinduksi oleh air.


    4. Memperbaiki Pencernaan dan Mencegah Sembelit


    Sudah sejak lama, teh mawar digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Menambahkan kelopak, kuncup, atau minyak Rosa damascena dapat meningkatkan kadar antioksidan dari minuman ini, sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Tak hanya itu saja, ekstrak kelopak dan kuncup Rosa damascena memiliki efek pencahar yang signifikan, sehingga dapat merangsang pergerakan cairan di usus, meningkatkan kadar air dalam tinja dan memperlancar buang air besar. 


    5. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker


    Menurut sebuah studi yang dilakukan Medical University, Lublin, Poland, menemukan bahwa kelopak mawar memiliki efek sitotoksik dan antioksidan. Oleh karena itu, berkat sifat antioksidannya, teh mawar dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang dilepaskan selama stres oksidatif. Radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada tingkat sel dan dapat meningkatkan risiko penyakit sistemik kronis, termasuk kanker.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below