Kenali 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Baik


  • Kenali 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Baik
    (Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. Foto: Dok.Ziga Plahutar/iStock)

    Masalah keuangan seringkali menjadi masalah utama bagi setiap orang. Ketika sudah saatnya menerima gaji atau sudah memiliki uang lebih, keinginan untuk membeli sesuatu jadi semakin tinggi dan berakhir menjadi konsumtif. Dan akhirnya, terkadang sulit untuk menabung atau berinvestasi demi kesejahteraan masa depan. Pada dasarnya orang bekerja untuk bisa hidup sejahtera di masa kini dan masa mendatang. Namun jika pengeluaran tidak dikontrol, hutang akan ada dimana-mana sehingga tidak bisa menjamin hidup jadi sejahtera.

    Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk belajar mengatur keuangan sehingga hasilnya nanti dapat dinikmati. Untuk melakukannya sendiri bisa dimulai dengan cara yang sederhana sebelum ke tahap yang lebih sulit. Ini dia cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. 

    1. Membuat Catatan Keuangan Pribadi 

    Cara mengatur keuangan

    (Membuat catatan keuangan untuk menata penghasilan. Foto: Dok.whitebalance.oatt/iStock)

    Dalam mengatur keuangan pribadi, hal pertama yang harus dimiliki adalah catatan keuangan itu sendiri. Karena dari catatan ini nanti proses mengatur keuangan akan lebih mudah dan simpel. Catatan ini juga termasuk langkah paling awal yang harus dilakukan. Jika langkah ini dilakukan secara konsisten, maka keuangan pribadi akan tertata dengan baik dan tidak berantakan. 




    Tujuan dari membuat catatan ini adalah untuk menata dan memantau keluar masuknya penghasilan atau gaji agar tidak berantakan dan bisa tertata dengan lebih baik. Nanti dengan adanya catatan ini bisa dipilih lagi mana yang perlu dikurangi dan mana yang perlu ditambah dengan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan sehari-hari.


    Dengan melakukan pencatatan ini bisa berguna juga untuk merancang tujuan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, dalam lima tahun ke depan akan ada rencana membeli rumah, membeli mobil, dan keperluan lainnya. Nah, hal tersebut bisa dirancang melalui catatan keuangan yang sudah dibuat.

    2. Membuat Anggaran Bulanan 


    Anggaran bulanan ini sangat penting untuk mengatur keuangan pribadi dan ada formula yang bisa digunakan untuk membuat anggaran bulanan ini, yaitu 40 - 30 - 20 - 10. Maksud dari formula ini adalah sebanyak 40 persen  pendapatan untuk biaya pengeluaran sehari-hari, seperti biaya tagihan bulanan hingga keperluan belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. 


    Kemudian 30 persen pendapatan untuk membayar cicilan hutang apabila memiliki hutang. Lalu, 20 persen pendapatan untuk menabung atau investasi di masa depan. Dan 10 persennya lagi bisa dialokasikan untuk donasi atau zakat.


    (Baca Juga: Intip 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga)


    3. Lebih Mengontrol Diri 


    Cara ini menjadi kunci utama dalam mengatur keuangan pribadi. Pasalnya, setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan pendapatan yang berbeda-beda. Strategi untuk mengatur keuangan pun juga tentu akan berbeda antara satu dengan yang lain. 


    Sebisa mungkin kontrol diri sebelum membeli sesuatu. Dahulukan mana yang paling penting dan paling dibutuhkan. Untuk kebutuhan yang masih bisa ditunda, disarankan untuk menundanya terlebih dahulu dan masukkan sisa penghasilan ke dalam tabungan. Selain itu usahakan juga untuk memiliki investasi jangka panjang, ini dilakukan demi membangun finansial yang kuat di masa depan.


    4. Miliki Asuransi Kesehatan dan Jiwa

    Cara mengatur keuangan

    (Asuransi kesehatan dan jiwa untuk kebaikan masa depan. Foto: Dok.designer491/iStock)


    Beberapa orang masih ragu untuk memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Padahal, ini adalah salah satu cara praktis yang baik untuk masa depan. Dengan asuransi kesehatan dan jiwa ini tentu sangat bisa menjamin masa depan agar rencana yang sudah dirancang berjalan sesuai harapan. Asuransi ini bisa mengcover banyak sekali biaya yang diperlukan di masa depan jika ada hal atau kejadian buruk yang terjadi tanpa diduga. Misalnya, biaya pengobatan, biaya pendidikan, dsb. 


    (Baca Juga: Mulai Sekarang, Coba 4 Cara Menghemat Uang Ini)


    5. Hindari Berhutang


    Ini juga menjadi cara terpenting dalam mengatur keuangan pribadi karena dengan berhutang maka akan sangat merugikan sekali. Jangan terlalu mudah untuk berpikir meminjam uang hanya untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Lebih baik berhutang untuk bisa menghasilkan uang, misalnya dijadikan modal usaha kecil-kecilan atau semacamnya.


    Itulah berbagai cara mengatur keuangan pribadi yang bisa dilakukan. Dengan pengaturan keuangan yang baik, maka kondisi finansial di masa depan akan lebih stabil dan tertata. Lakukan cara ini dengan niat yang penuh agar masalah keuangan yang sensitif ini bisa menjadi bekal di masa depan. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below