Ide Jus Buah Untuk Diet


  • Ide Jus Buah Untuk Diet
    Jus buah untuk diet. (Foto: Dok. Koolshooters/Pexels)

    Mempunyai badan yang proporsional adalah preferensi semua orang meski preferensi itu berbeda-beda. Dalam usaha mencapai bentuk tubuh tertentu, dua cara yang bisa ditempuh adalah dengan berolahraga dan diet atau menurunkan berat badan. Berolahraga sebenarnya baik untuk dilakukan setiap harinya, tidak hanya untuk tujuan tertentu ini. Sedangkan diet, bisa dilakukan kapan saja saat orang itu menginginkannya.


    Dalam melakukan diet, tentunya kita harus memilih makanan dan minuman apa yang dikonsumsi untuk menunjang ini. Kita harus banyak mengurangi makanan berlemak, sebagai contohnya.




    Kebalikannya, kita harus banyak mengonsumsi yang memberikan nutrisi tanpa menambah berat badan secara signifikan. Ini bisa kita temukan pada buah. Kita bisa bervariasi dengan menjadikan buah itu sebagai jus. Belum tahu jus buah untuk diet apa saja yang bisa dikonsumsi? Baca penjelasannya berikut ini.


    1. Jus stroberi, semangka, dan mentimun

    jus buah untuk diet

    (Jus stroberi, semangka, dan mentimun. Foto: Dok. Pablo de la Fuente/Unsplash)


    Jika kita akan membuat jus untuk diet, mencampurkan buah dan sayur adalah ide yang bagus. Seperti pada stroberi, semangka, dan mentimun ini. Campuran ketiga bahan ini akan membuat jus yang tidak hanya bagus untuk diet, tapi juga untuk membersihkan racun. Buah stroberi sendiri bisa meningkatkan hormon adiponektin dan leptin. Kedua hormon ini bekerja dengan membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh kita.

    Sedangkan untuk semangka, buah ini bisa menghindarkan tubuh dari penumpukan minyak berlebih dalam tubuh. Mentimun yang kaya akan vitamin, mineral, dan air juga bisa menjaga tubuh kita agar tetap terhidrasi. Maka, campuran ketiga bahan ini sangat bagus untuk proses diet, terutama untuk mereka yang suka makanan berlemak karena fungsinya yang bisa melawan lemak.


    2. Jus pisang dan stroberi

    Selain dengan semangka dan mentimun, stroberi juga bisa dicampur dengan pisang. Kita bahkan bisa menambahkan perpaduan dua buah ini dengan yogurt tanpa rasa. Jus ini akan mempunyai hanya sekitar 325 kalori. Tentunya, ini bisa menjadi pengganti menu sarapan di pagi hari sekaligus ide jus buah untuk diet yang lezat. Bahkan, kita juga bisa pilih mengonsumsi ini sebagai menu makan siang lho.


    (Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Jus Lidah Buaya)


    Seperti sudah dijelaskan bahwa stroberi bisa membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sedangkan si buah kuning mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, serta antioksidan. Kesemuanya ini adalah nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan. Pisang untuk jus ini bisa merupakan pisang ambon, kapok, atau yang lainnya.


    3. Jus jeruk dan pisang

    jus buah untuk diet

    (Perpaduan pisang dan jeruk untuk jus diet. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)


    Jika tadi kita bisa menambahkan yogurt tanpa rasa ke dalam jus pisang dan stroberi, dalam jus jeruk yang juga dicampur dengan pisang, kita bisa menambahkan madu. Tapi hanya gunakan madu asli ya, karena madu asli juga baik untuk tubuh. Selain untuk diet, perpaduan kedua buah ini untuk jus akan memberikan rasa yang segar untuk mulut kita.

    Buah jeruk sendiri mengandung vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Jeruk juga bisa mempercepat metabolisme saat pembakaran lemak. Selain itu, jeruk juga mempunyai kandungan kalori yang terbilang sedikit. Nutrisi jeruk berguna pula untuk sistem kekebalan tubuh. Sedangkan pisang juga mempunyai banyak nutrisi untuk menurunkan berat badan. 


    4. Jus apel

    Meminum jus apel juga bisa membantu proses diet kita. Kebaikan apel yang pertama adalah bahwa buah apel itu mengenyangkan. Apel memiliki kandungan quarcetin yang bisa mengurangi penimbunan lemak. Tidak hanya itu, kandungan ini juga berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta menangkap radikal bebas. Radikal bebas tentunya berbahaya karena dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh.


    5. Jus nanas

    jus buah untuk diet

    (Jus nanas yang baik untuk metabolisme pencernaan. Foto: Dok. Denys Gromov/Pexels)


    Nanas juga bisa jadi ide jus buah untuk diet yang lezat. Kandungan vitamin C-nya bekerja baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Metabolisme pencernaan yang lancar adalah kunci penting dalam melakukan diet. Selain itu, enzim bromelain dalam nanas juga bekerja dengan enzim lipase untuk mencerna lemak tubuh serta menurunkan nafsu makan.


    (Baca Juga: 5 Minuman Sehat Pendukung Diet Alami)


    Inilah ragam ide jus buah untuk diet yang bisa kamu coba. Semua buah ini bisa kita coba konsumsi di pagi hari sebagai pengganti menu sarapan. Lalu, kita tinggal sesuaikan pola makan setelah sarapan. Selamat menikmati!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below