Hair & beauty

7 Cara Menipiskan Bibir Dengan Makeup

By : Her World Indonesia - 2022-02-15 18:00:02 7 Cara Menipiskan Bibir Dengan Makeup

Tidak banyak wanita yang menginginkan bibir yang tebal dan penuh. Sebagian dari mereka justru mendambakan punya bibir tipis atau kecil. Bibir yang tipis bisa saja dilakukan dengan jalan operasi plastik jika ingin hasil permanen. Namun, tentu perlu banyak pengorbanan untuk melakukannya, mulai dari biaya yang tidak sedikit sampai menahan sakit berminggu-minggu.


Tapi tenang saja, ada cara menipiskan bibir tanpa pembedahan yakni dengan trik makeup. Untuk kamu yang merasa bibirnya terlalu besar dan penuh, bisa menyimak enam cara menipiskan bibir, atau membuat bibir terlihat lebih tipis. 


1. Menggunakan primer 


(Gunakan primer di sekitar bibir agar memberikan efek bibir yang tipis. Foto: Dok.melecis/iStock)

Sebelum menggunakan trik makeup untuk menipiskan bibir, kamu perlu mengoleskan primer. Ini berguna agar makeup yang memberi efek bibir tipis bisa tahan lebih lama. Selain itu primer juga berfungsi menyamarkan garis-garis pada kulit bibir.  


(Baca Juga: Rekomendasi Lip Balm Bagus Untuk Memerahkan Bibir)


2. Memakai concealer 

Sebagai langkah kedua cara menipiskan bibir, kamu bisa menutupi warna asli bibir menggunakan concealer dengan shade paling mendekati warna kulit. Aplikasikan concealer memakai brush ke seluruh bagian bibir secara merata. Fokus  pada tepian atau garis bibir. Saat sudah selesai menutupi warna asli bibir, garis di antara bibir dan kulit wajah pun jadi tersamarkan.


3. Mengaplikasikan lip liner

Selanjutnya, kamu bisa aplikasikan lip liner agar memberikan kesan garis bibir yang lebih kecil dan tipis. Sebaiknya, kamu memilih pensil bibir dengan warna-warna terang atau netral, seperti beige atau peach. Hindari menggunakan lip liner dengan warna gelap dan tebal (seperti merah, merah anggur, fuchsia, atau cokelat tua) karena hanya akan membuat bibirmu tampak lebih tebal. Gariskan pensil bibir di dalam garis bibir atas dan bawah.


4. Isi dengan lipstik


(Pilihlah lipstik dengan warna soft dan natural agar bibir terlihat lebih tipis. Foto: Dok.Prostock-Studio/iStock)

Setelah kamu membingkai bibir dengan lip liner, kemudian isi bagian dalam bibir dengan lipstik. Namun disarankan untuk memakai lipstik dengan hasil akhir yang matte agar bibir terlihat lebih tipis. Gunakan lipstik yang dimulai dari tengah bibir atas lalu mengarahkannya ke pinggir. Lakukan juga cara yang sama pada bibir bawah.

Pastikan lipstik tidak melewati batas garis bibir yang sebelumnya sudah dibuat dengan pensil bibir. Nah, untuk pemilihan warnanya sendiri, kamu dapat mengakali bibir yang besar dan tebal dengan memilih warna yang lebih soft dan natural.

Hindari warna-warna yang kuat seperti merah, fuchsia, violet, oranye, coral, dan warna terang lain, karena dapat membuat bibir semakin mencolok dan besar. 


5. Hindari lip gloss 


(Jangan menggunakan lip gloss jika kamu ingin menipiskan bibir. Foto: Dok.jacoblund/iStock)

Lip gloss memberi efek bibir menjadi lebih penuh dan tebal. Jadi disarankan untuk menghindari pemakaian lip gloss jika kamu ingin menipiskan bibir. Namun apabila merasa harus pakai lip gloss, cukup aplikasikan secara tipis di bagian tengah bibir bawah. 


6. Mempertegas makeup di bagian mata 

Trik makeup untuk mengalihkan bibir yang tebal adalah dengan membuat makeup mata yang lebih mencolok dan tegas. Pulasan warna yang kuat dan intens akan membuat tampilanmu memesona secara menyeluruh. 


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Memerahkan Bibir Secara Alami)


7. Rutin scrub bibir

Cara menipiskan bibir tebal secara alami tanpa operasi yang cukup efektif adalah dengan sesederhana rajin membersihkan bibir. Kamu perlu melakukan double cleansing dan setelahnya jangan lupa untuk selalu membersihkan bibir dengan micellar water serta facial wash. Proses ini ditujukan untuk memastikan tidak ada lipstik yang tersisa.

Hal ini perlu dilakukan karena bibir yang jarang dibersihkan bisa membuat warnanya menjadi lebih hitam dan terlihat lebih gelap. Warna yang gelap ini juga memberikan kesan bibirmu menjadi lebih tidak terawat dan tebal.

Selain itu, lakukan eksfoliasi rutin paling tidak 3 kali seminggu. Kamu bisa memakai produk lip scrub untuk merontokkan sel kulit mati di bibir. Permukaan jadi lebih bersih dan sehat sehingga memberikan warna yang lebih cerah merona.


Itulah cara menipiskan bibir dengan trik makeup yang mudah diaplikasikan. Dengan melakukan ini, diharapkan kamu bisa mendapatkan bentuk bibir yang tipis tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Selamat mencoba cara ini, ya!


(Penulis: Tiara Kandida E)

Hair & beauty