Selain Pijat, Ini 6 Cara Menghilangkan Selulit


  • Selain Pijat, Ini 6 Cara Menghilangkan Selulit
    (Cara menghilangkan selulit di tubuh. Foto: Dok.CoffeeAndMilk/iStock)

    Selulit adalah kondisi permukaan kulit seperti kulit jeruk yang tampak bergelombang dan tidak rata. Selulit ini biasanya terjadi pada bagian kulit yang memiliki lemak berlebih, seperti paha, pantat, dan perut.


    Kondisi pada kulit ini terjadi akibat sel lemak yang terjebak di antara jaringan fibrosis, menyebabkan sel lemak terus bertambah. Alhasil, seluruh limfe kulit terganggu, semakin membesar dan membuat kulit jadi tidak beraturan. Nah, di bawah ini terdapat berbagai cara menghilangkan selulit yang bisa kamu lakukan.




    1. Pijat 

    Cara menghilangkan selulit
    (Pijat adalah salah satu cara untuk menghilangkan selulit di tubuh. Foto: Dok.Elina Fairytale/Pexels)

    Salah satu cara untuk menghilangkan selulit adalah pijat. Kamu bisa melakukannya sendiri ataupun dengan bantuan terapis profesional. Pijat pada dasarnya dapat mengurangi selulit dengan meningkatkan drainase limfatik. Pijat juga dapat membantu meregangkan jaringan kulit dan membantu meregangkan lesung selulit.

    Krim pijat terkadang juga menawarkan manfaat yang dapat menghilangkan selulit, tetapi komponen utamanya adalah dari proses pemijatan itu sendiri. Jadi, kamu tidak bisa hanya mengoleskan krim dan berharap selulit akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, kamu perlu tahu bahwa hanya satu pijatan tidak akan membantu dalam menghilangkan selulit. Pijat-lah dengan rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


    2. Mengubah Pola Makan 

    Mengubah pola makan adalah cara lain untuk menghilangkan selulit. Jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar selulit hilang adalah makanan yang sehat dan mengandung banyak serat. Karena orang yang mengonsumsi makanan sehat cenderung memiliki selulit lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan junk food atau makanan tidak sehat lainnya. 

    Beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu konsumsi lebih banyak adalah sayuran dan buah, seperti pisang, stroberi, kiwi,brokoli, bayam, dan wortel. Kamu juga perlu mengimbangi dengan rutin minum air putih agar selulit lebih cepat hilang.


    (Baca Juga: Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Atasi)


    3. Internal Cleansing 

    Cara menghilangkan selulit
    (Melakukan detox dengan jus lemon dan satu sendok teh cabai dapat mengatasi selulit. Foto: Dok.Charlotte May/Pexels)

    Selain mengubah pola makan, kamu juga perlu melakukan detox. Caranya adalah campur jus lemon dengan ceyenne pepper tiga kali sehari. Buatlah minuman detox tersebut dengan mencampurkan 1 sendok teh cabai tersebut di gelas yang berisi air dan 2 sendok teh jus lemon. 


    4. Menggunakan Scrub Kopi

    Dengan mengaplikasikan scrub kopi ke tubuh dapat menghilangkan selulit karena kopi mengandung kafein yang bisa mencegah akumulasi lemak pada sel. Selain itu, kafein juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi lekukan pada kulit yang terdapat selulit.

    Tak hanya itu, scrub kopi dinilai bisa membantu mengangkat sel-sel mati dari kulit dan menghasilkan sel-sel baru yang sehat. Memijat scrub kopi juga akan merangsang sirkulasi darah dan bisa mengencangkan kulit kendur akibat selulit.

    Kamu bisa melakukan scrub kopi ini dengan mengaplikasikannya ke bagian kaki atau perut bawah selama 10 menit dalam dua kali seminggu. Cara ini akan menghasilkan kulit yang lebih kencang dalam waktu empat minggu. 


    5. Melakukan Laser

    Cara menghilangkan selulit

    (Laser adalah cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan selulit. Foto: Dok.Jun/iStock)

    Cara menghilangkan selulit yang sering instan adalah laser. Prosedur yang juga disebut sebagai Cellulaze ini memanfaatkan probe laser yang diarahkan ke bawah kulit yang telah disayat. Sinar laser tersebut nantinya akan memecah jaringan ikat di bawah kulit yang merupakan penyebab selulit.

    Cara ini juga membantu dalam menebalkan kulit. Pasalnya, kulit yang menipis sering membuat selulit terbentuk. Penebalan kulit tersebut dapat membantu mengurangi kemunculan selulit.

    Laser memang dapat mengurangi selulit dan hasilnya dapat bertahan hingga satu tahun atau lebih. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dan efek samping dari cara penghilang selulit yang satu ini.


    (Baca Juga: Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka)


    6. Rutin Berolahraga 

    Seperti yang sudah dikatakan tadi, salah satu penyebab munculnya selulit adalah lemak berlebih yang ada di bagian bawah kulit. Jadi, kamu disarankan untuk membuang sedikit tumpukan lemak tersebut. Cara paling aman dan ampuh untuk menghilangkan tumpukan lemak adalah dengan berolahraga.

    Tidak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa membuat otot tubuh dan kulit tampak lebih kencang. Dengan demikian, selulit bisa berkurang dan kulit terlihat lebih mulus.

    Kamu bisa mencoba yoga karena yoga adalah salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk menghilangkan selulit. Namun, kamu tetap bisa mengombinasikan yoga dengan jenis olahraga lain untuk menyamarkan tampilan selulit sembari menjaga kebugaran tubuh. 


    Itulah beberapa cara untuk menghilangkan selulit di tubuh yang bisa kamu lakukan. Namun kuncinya adalah tetap pada menjaga berat badan agar tetap stabil untuk mencegah timbulnya selulit. Supaya mendapat hasil maksimal, kamu bisa menyeimbangkannya dengan pola makan sehat dan berolahraga.


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below