7 Manfaat Masker Cokelat Untuk Kecantikan


  • 7 Manfaat Masker Cokelat Untuk Kecantikan
    (Ini 7 Manfaat Masker Cokelat untuk Kecantikan. Foto: Dok.ValuaVitaly/iStock)

    Apakah kamu salah satu penggemar cokelat? Selain rasanya yang manis, ternyata cokelat diyakini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, cokelat juga memberikan dampak yang luar biasa bagi kecantikan kulit wajah. Cokelat bisa digunakan untuk masker wajah. Bahkan, dari hasil penelitian, menggunakan coklat sebagai masker wajah telah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Hmm kira-kira apa saja ya manfaat menggunakan masker cokelat? Buat kamu yang sangat penasaran dengan manfaat masker cokelat untuk kecantikan kulit wajah, yuk simak!

    1. Menghidrasi Kulit

    Manfaat masker cokelat

    (Masker cokelat dapat membantu menghidrasi kulit. Foto: Dok.vgajic/iStock)


    Manfaat masker cokelat yang pertama adalah membantu menghidrasi kulit. Dikutip dari Boldsky, cokelat mengandung antioksidan yang tinggi dan juga vitamin C sehingga membuat kulit menjadi terhidrasi dan tampak lebih lembap dan segar sepanjang hari. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam cokelat ini juga dapat membantu meremajakan kulit, merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen, sehingga kulit tampak lebih segar.



    (Baca Juga: Intip 10 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Wajah


    2. Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Matahari


    Bubuk kakao mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan flavonol yang ada dalam cokelat tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya tetapi juga mampu meningkatkan aliran darah yang ada pada tubuh.


    Cokelat hitam juga mengandung triptofan, senyawa penting yang memberikan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari sinar matahari, polusi, dan cuaca buruk. Berkat kandungannya, manfaat masker cokelat dapat mencegah dari kerutan dan garis-garis halus di wajah.


    3. Mencerahkan Wajah

    Manfaat masker cokelat

    (Wajah tampak cerah dengan masker cokelat. Foto: Dok.Atstock Productions/iStock)


    Setiap orang tentu tidak ingin mempunyai wajah yang kusam. Kamu tak perlu khawatir, masker cokelat bisa mengatasi masalah ini. Dengan rutin menggunkaan masker coklat, setidaknya 3 kali dalam seminggu, kamu bisa melihat perubahan yang signifikan pada wajahmu. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung vitamin C dan B3 yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah hingga beberapa tingkat. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalam masker.

    4. Mengurangi Produksi Minyak di Wajah


    Kulit berminyak memang kerap mengganggu seseorang, khususnya bagi wanita. Karena kulit jenis ini terbukti dapat memicu berbagai masalah, seperti jerawat dan komedo. Namun, masalah ini bisa kamu atasi yakni dengan masker coklat.

    Kamu bisa mengaplikasikan masker coklat setidaknya dua kali dalam seminggu dan secara tidak langsung masker cokelat tersebut telah mengontrol produksi sebum wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa kamu tambahkan perasan ½ buah lemon, ya!

    5. Menyamarkan Tanda Penuaan

    Manfaat masker cokelat

    (Masker cokelat bermanfaat untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan. Foto: Dok.evgenyatamanenko/iStock)


    Manfaat masker cokelat yang selanjutnya adalah untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Biasanya, wanita akan mulai merasa gelisah jika mendapati keriput atau garis halus pada kening, garis tertawa, hingga pelipis. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan masker cokelat karena kandungan zat antioksidan yang tinggi pada coklat murni terbukti dapat menghambat timbulanya tanda-tanda penuaan tadi.

    Kamu bisa membuat masker cokelat ini dengan tambahan tomat segar yang telah dihaluskan. Aduk merata hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada permukaan wajah setidaknya dua kali dalam seminggu. 


    (Baca Juga: 4 Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah)


    6. Mengangkat Sel Kulit Mati 


    Bubuk cokelat mempunyai tekstur pengelupasan lembut yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit. Kamu dapat menggabungkan bubuk cokelat dengan sedikit susu, yang juga memiliki sifat pengelupas karena kandungan asam laktatnya. Kamu bisa menjadikannya sebagai scrub dan oleskan secara ringan pada wajah.


    Selain itu bubuk cokelat dan gula jika dikombinasikan akan menjadi scrubber yang sangat baik dan akan membantu mengelupas sel-sel mati pada wajah dan membuat sel-sel baru untuk regenerasi. Dengan begitu, wajah akan terasa lebih lembut dan halus.

    7. Membersihkan Pori-Pori Wajah

    Manfaat masker cokelat

    (Pori-pori wajah tampak bersih setelah menggunakan masker cokelat. Foto: Dok.asiandelight/iStock)


    Siapa yang tidak terganggu dengan adanya komedo di wajah? Pasti semua orang sangat risih dan ingin menghilangkannya. Namun untuk dapat mengatasinya, kamu perlu fokus pada penyebab komedo yaitu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Agar cepat teratasi, gunakan masker cokelat yang memiliki manfaat untuk membersihkan pori-pori wajahmu dan membuatnya tampak lebih mengecil.


    Wah, ternyata manfaat masker cokelat untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak ya! Selain mudah ditemui, masker cokelat juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Masker cokelat ini juga dapat digunakan oleh semua jenis kulit karena sangat aman digunakan. Apakah kamu tertarik untuk membuat masker cokelat ini? 

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below