4 Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah


  • 4 Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah
    Pori-pori yang tersumbat tidak hanya tampak besar, tapi juga bisa menyebabkan komedo. (Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

    Pori-pori dalam wajah adalah folikel rambut yang kecil di permukaan kulit. Di dalam pori-pori, terdapat kelenjar yang memproduksi sebum atau minyak yang nantinya disebar ke permukaan kulit. Saat pori-pori tersumbat oleh minyak, kotoran, atau sel kulit mati, pada banyak kasus akan menyebabkan pori-pori yang nampak lebih besar. Akibat yang ditimbulkan oleh pori-pori tersumbat dan sering ditemukan adalah minyak yang tidak dapat diserap oleh kulit serta timbulnya komedo putih atau hitam.


    Ini biasanya merupakan hal yang menjadi perhatian wanita. Berbagai macam cara dapat ditempuh demi mengecilkan pori-pori khususnya di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah. Dari mulai menggunakan jasa dokter kecantikan atau kulit, menggunakan perawatan alami, sampai dengan skincare. Perawatan kulit wajah dapat membantu merawat dan menjaga kulit dari luar. Selain fungsi umum tersebut, skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah salah satu fungsi khusus yang bisa ditemukan pada beberapa produk. Simak deretannya di bawah ini.




    1. ESTEE LAUDER Idealist Serum Pore Minimizing Skin Refinisher

    skincare untuk mengecilkan pori-pori

    (EST?E LAUDER Idealist Serum Pore Minimizing Skin Refinisher. Foto: esteelauder.com)


    Kita tahu bahwa serum adalah salah satu produk skincare terbaik. Teksturnya yang ringan di wajah dan mudah menyerap juga dilengkapi dengan manfaatnya yang sangat berguna. Beberapa di antaranya adalah untuk melembapkan kulit, menghilangkan noda hitam, dan mengatasi kerutan.


    Serum ini memberikan manfaat pelapisan ulang untuk kulit. Tentunya, akan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Selain itu, serum Idealist ini juga memperbaiki tampilan tekstur kulit yang tidak merata, penyerpihan, dan kekasaran kulit. Serum ini akan menghaluskan, memuluskan, dan melembutkan kulit. Kilaunya kulit juga merupakan hasil akhir yang bisa diberikan oleh produk Estee Lauder yang satu ini.


    Serum ini dapat digunakan pada semua jenis kulit dan telah diuji oleh dermatolog. Produk ini juga dapat digunakan di pagi atau malam hari. Kandungan cyclopentasiloxane di dalamnya mempunyai kebaikan yang bekerja sebagai protective barrier untuk kulit kita. Kandungan tersebut juga melindungi kulit kita dari hilangnya kelembapan, allergen, dan bakteria. Kandungan ini umum ditemukan pada produk skincare.


    2. Laneige Mini Pore Blurring Tightener

    skincare untuk mengecilkan pori-pori

    (Laneige Mini Pore Blurring Tightener. Foto: laneige.com)


    Produk ini sangat bisa menjadi pilihan kita untuk mengecilkan pori-pori, karena produk ini berfokus pada sebum dan pori-pori itu sendiri. Laneige Mini Pore Blurring Tightener ini merupakan produk pengencang pori-pori yang mengurangi tampilan pori-pori sekaligus menekan sebum berlebih. Alhasil, kulit kita menjadi tampaka halus dan merata.


    Terdapat kandungan butylene glycol di dalam produk Laneige ini. Butylene glycol sendiri adalah bahan yang digunakan untuk menstabilisasi dan meningkatkan penyebaran lotion dan krim pada kulit. Manfaat butylene glycol adalah untuk menyediakan dan melembapkan tekstur kulit menjadi halus. Bahan ini juga disebut sebagai conditioning agent yang bekerja dengan kehalusan kulit.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Mulus Dan Cerah)


    3. L'Oréal Paris Pure Clay Mask Anti-Pores

    skincare untuk mengecilkan pori-pori

    (L'Oréal Paris Pure Clay Mask Anti-Pores. Foto: pinterest.com)


    L'Oréal memang terkenal akan produk perawatan kulitnya, tidak terkecuali dengan Pure Clay Mask Anti-Pores ini. Produk ini tidak hanya membantu membersihkan kulit, tetapi juga mencegah pori-pori besar. Manfaat lainnya ialah produk ini dapat kembali menjadikan kulit terasa segar. Perlu diketahui, masker ini cocok digunakan untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak.


    Masker L'Oréal ini memiliki kandungan Moroccan Lava Clay dengan Rosemary extract. Kandungan itu bekerja dengan cara menyerap sebum atau minyak berlebih yang dapat membuat pori-pori tersumbat. Kita cukup aplikasikan masker ini ke wajah seperti biasa, lalu setelah mencucinya dengan air hangat.


    4. Wardah Acnederm Pore Refining Toner

    skincare untuk mengecilkan pori-pori

    (Wardah Acnederm Pore Refining Toner. Foto: wardahbeauty.com)


    Produk multifungsi asal Indonesia ini juga tidak kalah bagusnya dalam mengecilkan pori-pori. Produk toner dengan ekstrak tanaman witch-hazel ini memang dapat menghaluskan serta mengencangkan pori-pori setelah kita membersihkan muka kita. Produk ini juga dapat menenangkan dan menghambat tumbuhnya bakteria di kulit kita yang menyebabkan jerawat.


    (Baca Juga: #BestGlowFriend: Cara Cepat Bersihkan Wajah Hingga Pori-Pori)


    Nah, sekarang kita sudah tahu bahwa kita bisa menggunakan produk skincare seperti serum, masker, dan toner dalam usaha mengecilkan pori-pori wajah. Tentu, kita dapat mencoba salah satu dari produk rekomendasi ini. Untuk kita yang ingin ekstra dalam mengecilkan pori, kita bisa juga mencari cara alami dalam melakukannya, seperti salah satunya pengaplikasian es batu. Namun, kenali dulu kulit kita sendiri sebelum memutuskan apa produk yang cocok untuk kulit wajah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below