Museum di Jakarta Untuk Kencan Valentine


  • Museum di Jakarta Untuk Kencan Valentine
    Museum jadi tempat menghabiskan waktu banyak orang. (Foto: Dok. Matheus Viana/Pexels)

    Hari Valentine sudah di depan mata, tapi apakah sudah punya rencana mau menghabiskannya seperti apa dan di mana? Valentine tahun ini bisa kita habiskan di beberapa pilihan museum di Jakarta. Menghabiskan Valentine di musem tentunya menjadi kegiatan yang berbeda dengan makan malam romantis, seperti yang banyak dilakukan oleh pasangan.


    Museum sendiri entah mengapa terbilang bukan sebagai tempat favorit untuk dikunjungi di Indonesia. Padahal, museum adalah tempat yang penuh pengetahuan dan informatif, seperti museum sejarah. Rendahnya antusiasme masyarakat juga mungkin dikarenakan tempat atau arsitekturnya yang kurang menarik, atau bahkan kebanyakan museum yang kurang terawat. Meski begitu, mengunjungi museum untuk Valentine masih merupakan ide yang bagus! Simak beberapa rekomendasi museum di Jakarta di bawah ini untuk Valentine kita.




    (Baca Juga: 20 Museum yang Kini Bisa Dikunjungi Lewat Tur Virtual)


    1. Museum Moja

    Bagi yang belum pernah mendengar nama ini sebelumnya, museum Moja ini terletak di stadium utama zona biru Gelora Bung Karno Senayan. Sebelumnya, Moja terletak di kawasan Pondok Indah. Museum Moja menawarkan tiga ekshibisi yang dapat dinikmati. Yang pertama adalah RoJa dimana kita bisa bermain roller skating, MoJa Museum 2.0, dan juga MoPaint.

    Jika ingin memilih untuk merasakan pengalaman museum, kita bisa memilih untuk mendatangi eksibisi MoJa museum 2.0. Eksibisi ini didesain layaknya labirin interaktif yang mempunyai 17 ruang. Moja juga mengusung tema yang colorful tidak hanya pada museumnya, tapi juga dua eksibisi lainnya. Museum Moja buka setiap harinya.


    museum di jakarta

    (Museum Moja. Foto: mojamuseum.com)


    2. Museum Macan

    Museum kontemporer lainnya yang bisa dikunjungi adalah museum Macan. Macan adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum Macan berlokasi di Kebon Jeruk. Museum Macan pertama kali buka dan viral pada 2017 lalu. Museum Macan sangat terkenal berkat adanya karya Yayoi Kusama yang merupakan seniman kontemporer Jepang berumur 92 tahun.

    Beberapa karyanya di antaranya adalah Great Gigantic Pumpkin, Narcissus Garden, dan yang menjadi “atraksi” pada waktu itu di Museum Macan adalah Dots Obsession. Jika kita ingat ruangan kuning penuh dengan polkadot hitam, itulah Dots Obsession.

    Sayangnya, sempat terdengar kabar bahwa banyak orang yang belum mengerti maupun tidak acuh terhadap instalasi seni di Museum Macan hingga berani memegangnya bahkan sampai rusak. Meski begitu, museum Macam ini tetaplah indah untuk menjadi rencana Valentine kita.


    museum di jakarta

    (Museum Macan. Foto: Dok. Museum Macan/Instagram)


    3. Museum of Toys

    Museum of Toys, atau yang dikenal dengan MoT adalah satu-satunya museum seni mainan. Dalam museum ini, kita bisa melihat banyaknya koleksi mainan dari desainer top lokal dan internasional. Tentunya surga bagi mereka pecinta mainan. Meski kini lokasinya berada sedikit di luar Jakarta, yaitu di Cipondoh, Tangerang, Museum of Toys sempat digelar di Ashta SCBD Jakarta sampai Juni 2021.

    MoT mengutamakan koleksi pribadi Win Satrya yang merupakan pendiri museum ini yang dikumpulkan selama 15 tahun. Street culture yang merupakan hip-hop dan skateboarding, kreasi surealis, street art, serta komik semuanya bersatu padu dalam mainan. Tidak hanya museum mainan, gedung MoT juga terdapat tempat makan, galeri, dan headquarter dimana kita bisa melihat pembuatan semua mainan ini.


    museum di jakarta

    (Museum of Toys. Foto: Dok. Museum of Toys/Instagram)


    4. Museum Sejarah Jakarta

    Museum satu ini bisa dibilang museum yang paling terkenal di Jakarta, karena lokasinya yang berada di Kota Tua yang pada dasarnya merupakan tempat wisata. Museum ini dikenal juga dengan museum Fatahillah. Banyak wisatawan tidak hanya dari Jakarta berdatangan. Tentu saja karena tertarik akan sejarah ibu kota dahulu yang dikenal dengan Batavia.

    Museum ini terletak di Jakarta Barat dan wajib kita datangi jika ingin mengingat kembali sejarah yang ada. Sebelum menjadi museum, bangunan ini sempat digunakan oleh bangsa Belanda sebagai kantor, pengadilan, dan penjara di ruang bawah tanah. Setelah menikmati museum pun, kita bisa menikmati suasana Kota Tua yang banyak juga menjual makanan dan minuman masa lampau, seperti es selendang mayang.


    (Baca Juga: 4 Museum Seru Yang Wajib Dikunjungi Di Jakarta)


    Jangan lupa untuk mengecek jadwal museum-museum berikut sebelum berkunjung. Lihat juga peraturan yang diadaptasi dalam masa pandemi ini. Terlebih lagi, tetap jaga diri dan patuhi protokol kesehatan saat mengunjungi museum ini ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below