Intip 5 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah


  • Intip 5 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah
    (Ini Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah. Foto: Dok.stock_colors/iStock)

    Bruntusan di wajah sangat menganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Bruntusan, yang merupakan bintik kemerahan ini menyebabkan rasa gatal bahkan perih. Terutama jika berkeringat di bawah sinar matahari, akan memberikan rasa tidak nyaman bagi orang yang sedang menderitanya.


    Bruntusan banyak ditemukan karena alergi terhadap suatu makanan atau minuman, dan juga alergi terhadap produk yang diaplikasikan ke kulit, seperti make up dan akibat debu yang menumpuk pada wajah. Maka dari itu, jika kamu mempunyai alergi terhadap suatu makanan lebih baik menghindarinya, dan jangan gunakan produk yang sensitif dengan kulit wajahmu.




    Bruntusan bisa disebabkan oleh hormon. Namun, apa pun penyebabnya kamu pasti akan berusaha sebisa mungkin untuk menghilangkannya. Di bawah ini terdapat beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah.


    1. Menggunakan Tea trea oil 

    cara menghilangkan bruntusan

    (Tea tree oil mampu menghilangkan bruntusan. Foto: Dok.ronstik/iStock)

    Cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu coba yaitu dengan memakai tea tree oil. Minyak jenis ini sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga parah.

    Menurut sebuah penelitian dari Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit minyak pohon teh dapat melawan jerawat. Namun sayangnya, cara ini hanya berlaku pada mereka yang tidak mempunyai reaksi alergi terhadap minyak ini.

    Jika saat kamu mengoleskan tea tree oil pada jerawatmu dan setelah itu memicu alergi, disarankan untuk tidak melanjutkannya karena hal ini bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan uji bahan alami pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum dipakai pada wajah. 


    2. Mengaplikasikan Es Batu 

    cara menghilangkan bruntusan

    (Mengoleskan es batu dapat menghilangkan bruntusan. Foto: Dok.john shepherd/iStock)

    Es batu adalah bahan yang paling mudah ditemui dan dapat membantu kamu untuk menghilangkan bruntusan. Ini karena es batu bisa menghilangi atau mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan.

    Kamu cukup mengoleskan es batu yang ditutup dengan kain, lalu diamkan selama satu menit dan ulangi pemakaian 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal. Es batu juga dapat membantu mengurangi kemerahan yang tampak. Namun, karena es batu sangat dingin di wajah, pengaplikasiannya pertama kali akan meninggalkan kemerahan karena tidak terbiasa pada temperatur es tersebut.

    Walaupun begitu, hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena biasanya akan hilang dalam satu sampai dua hari dalam pengaplikasian es batu di wajah. Setelah itu, gatal pada bruntusan tersebut biasanya akan berangsur menghilang.

     

    (Baca Juga: Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel)


    3. Mengoleskan Teh Hijau 

    cara menghilangkan bruntusan

    (Kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau mampu menghilangkan bruntusan di wajah. Foto: Dok.DONOT6/iStock)

    Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum teh hijau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah kamu bahwa teh hijau bisa mengatasi bruntusan di wajah? 

    Berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam The Journal of Investigative Dermatology.

    Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk bruntusan. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyeduh teh hijau atau bisa juga membeli bubuk teh hijau dan dijadikan sebagai masker yang dicampurkan dengan air, kuning telur, dan madu. 


    4. Menggunakan Madu 

    cara menghilangkan bruntusan

    (Bruntusan bisa diatasi dengan masker madu. Foto: Dok.StefaNikolic/iStock)

    Tahukah kamu, sejak dulu madu dikenal luas memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Madu sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit kusam dan jerawat. Nah, ternyata madu juga disebut-sebut mampu menghilangkan jerawat dalam semalam, lho. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mencuci muka lalu mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah. Kemudian diamkan hingga kering, setelah itu bilas dengan air bersih.


    (Baca Juga: Rekomendasi Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


    5. Menggunakan Bawang Putih

    cara menghilangkan bruntusan

    (Selain menjadi bahan makanan, bawang putih bisa menghilangkan bruntusan di wajah. Foto: Dok.Burhanuddin Helmi/iStock)

    Bawang putih merupakan bahan dapur yang memiliki banyak fungsi. Selain untuk masakan, bawang putih juga mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga mampu membantu menghilangkan bruntusan. Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang berguna sebagai anti inflamasi. Hal ini tentunya sangat bagus agar bruntusan tidak lagi meradang.

    Kamu perlu siapkan satu siung bawang putih. Setelah itu kamu kupas, lalu bisa kamu makan secara langsung. Banyak orang menilai bawang putih memiliki rasa yang tidak enak dan sangat kuat jika dikonsumsi langsung. Kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih ini dengan membuatnya menjadi minuman panas. 


    Itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu lakukan. Namun, jika setelah memakai cara tersebut wajahmu menimbulkan reaksi alergi atau kemerahan, segera hubungi dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below