Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel


  • Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel
    Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel. (Foto : Dok. KoolShooter/ Pexels)

    Jerawat memang sangat mengganggu penampilan, apalagi jika sudah mengering, jerawat tersebut akan meninggalkan bekas. Sebenarnya, bekas jerawat timbul akibat meningkatnya produksi pada melanin yang berfungsi memberikan warna pigmen pada kulit.


    Banyak orang mencoba mencegah timbulnya jerawat dengan berbagai produk skincare. Padahal timbulnya jerawat juga disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Berikut beberapa jenis makanan penyebab jerawat membandel.




    Konsumsi Gula

    Makanan Penyebab Jerawat

    (Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel. Foto : Dok. Aline/ Pexels)

    Konsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat membandel. Kandungan gula berupa glikemik menjadi kontribusi utama yang berperan dalam munculnya jerawat. Kadar gula yang tinggi menyebabkan kadar insulin dalam tubuh naik dan akan memproduksi minyak di kulit.

    Selanjutnya, minyak yang berlebih pada wajah akan menyebabkan pori-pori tersumbat di sebum. Produksi minyak berlebih juga bisa menjadi sarang bakteri P. Acnes untuk berkembang.

    Beberapa makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti permen, minuman manis, dan cokelat. Cokelat memiliki kandungan susu dan gula yang tinggi lah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Pasalnya kakao mentah mengandung vitamin A, C, E dan seng yang baik untuk kulit.

    Namun, ketika sudah diolah dengan dicampurkan dengan susu yang berbahaya bagi kecantikanmu. Jika kamu pecinta cokelat, cobalah memilih varian dark chocolate.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah Yang Susah Hilang)


    Makanan Berminyak

    Makanan Penyebab Jerawat

    (Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel. Foto : Dok. Polina/ Pexels)


    Makanan yang mengandung lemak dan garam yang tinggi seperti gorengan atau makanan cepat saji tidak hanya tidak baik untuk kesehatan, namun juga kulitmu. Jika kamu termasuk dalam tipe orang yang mengonsumsi makanan berminyak secara rutin, cobalah ubah asupan makanan mu yang jauh lebih sehat, seperti buah-buahan atau sayur.

    Makanan cepat saji memang sangat menggoda, bukan hanya cepat dalam penyajiannya, rasanya memang menggugah selera. Namun, makanan seperti kentang goreng, pizza, ayam goreng, dan hamburger ini mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan kadar gula darah.

    Cobalah untuk membuat resep lebih ramah kandungan nabati seperti hamburger yang dagingnya diganti dengan bahan dasar tempe. Tidak hanya baik untuk mencegah timbulnya jerawat, juga baik untuk kesehatan. Tempe memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari pada daging sapi.

    Oleh karena itu, tempe kerap kali dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Banyak sekali vegetarian atau vegan yang lebih memilih tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.


    Olahan Susu

    Makanan Penyebab Jerawat

    (Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel. Foto : Dok. Bekir/ Pexels)


    Makanan olahan susu seperti es krim dan keju, meski kaya akan kandungan kalsium, siapa sangka ternyata dapat menjadi faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Kandungan asam amino dalam susu dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan mendorong produksi jerawat pada kulit wajahmu.

    Konsumsi susu sesuai takaran dan kebutuhanmu, jangan terlalu berlebihan. Hindari susu cair siap saji karena memiliki kandungan gula buatan yang jauh lebih banyak daripada susu bubuk. Cobalah untuk mengganti susu sapi dengan susu kedelai, susu kacang almond, susu kacang mete, dan susu skim.

    Susu skim merupakan susu yang terbuat dari susu sapi dengan kandungan lemak yang sangat rendah. Selain mengurangi jerawat, susu skim cocok dinikmati oleh kamu yang sedang menjalankan program diet.


    (Baca Juga : Rekomendasi Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


    Kafein

    Makanan Penyebab Jerawat

    (Hati-Hati! Ini Makanan Penyebab Jerawat Membandel. Foto : Dok. Pavel/ Pexels)

    Kemunculan kopi memang menjadi tren yang tidak lekang oleh waktu. Banyaknya kedai kopi menjadi penanda minuman tinggi kafein ini memiliki banyak penggemar. Sayangnya, beragam jenis kopi yang makin populer di pasaran merupakan kopi yang diolah dengan susu sapi atau beragam pemanis lainnya, seperti gula aren atau boba.

    Tanpa kamu sadari, kopi tersebut memiliki kandungan gula, susu, dan kafein yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat membandel.

    Minuman kopi yang berbahaya bagi tubuh adalah frappuccino, kopi jenis ini dapat menyebabkan kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon stres yang dilepaskan ketika tubuh mengalami tekanan. Hormon ini menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih sampai menyebabkan jerawat.


    Asupan makan memang berperan penting dalam pembentukan antibodi atau sistem metabolisme tubuh, terlebih perawatan kulitmu. Jadi, perhatikan lagi asupan makanan penyebab jerawat membandel.


    (Penulis : Fathya Jeehan)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below